Penguatan Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pancasila dan Metode Repetisi bagi Siswa di Sanggar Bimbingan Rawang Selangor, Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v5i1.11868Keywords:
metode repetisi, nasionalisme, pancasila, sanggar bimbinganAbstract
Sanggar Bimbingan (SB) adalah sekolah alternatif utama bagi anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia. Bukan hanya lemah dalam hal statusnya sebagai lembaga pendidikan non-formal, dalam hal fasilitas dan sumber daya tenaga pendidik masih banyak SB masih tergolong sangat rendah. Salah satu SB yang kondisinya cukup memprihatinkan adalah SB Rawang. Kondisi yang serba kekurangan di SB Rawang ini menyebabkan suntikan motivasi menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Motivasi ini bukan saja hanya untuk para siswanya, melainkan juga penting untuk guru atau pembimbingnya. Selain masalah motivasi, tingkat pengajaran dan penanaman nasionalisme juga menjadi hal yang sangat urgen untuk menjadi perhatian. Maka dari itu Pengabdian di SB Rawang melalui PkM-KI Angkatan ke-6 ini difokuskan pada program motivasi bagi siswa dan guru pembimbingnya serta penguatan nasionalisme khususnya pengenalan Pancasila sebagai Dasar Negara. Metode yang digunakan adalah Metode Repetisi. Sedangkan untuk penguatan motivasi bagi siswa dan guru pembimbing dengan cara memanfaatkan fasilitas multimedia yang tersedia. Hasil dari program ini memberikan dampak yang sangat signifikan. Dalam 3 hari pelaksanaan program, suasana pembelajaran di SB Rawang menjadi sangat ceria dan penuh semangat. Para siswa juga telah dapat menghafal dengan lancar serta memberikan contoh sederhana mengenai nilai-nilai Pancasila.
Downloads
References
Ahmad Tafsir. 2017. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ariesto Hadi Sutopo. 2014. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Aswandi. 2013. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Karakter, dalam Jurnal Pendidikan Karakter, Publikasi Ilmiah Pendidikan Umum dan Nilai, Vol. 2 No. 2 Juli 2013.
Fauziyah, A. F., Amalia, N., Kartikasari, E. D., Hastuti, W., & Pradana, Y. A. (2022). Pengenalan Kebudayaan Indonesia melalui Boanding Literasi SB Hulu Kelang Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 161–166. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.20449
Justika, J., & Sidik, Z. (2017). Pengaruh Metode Repetisi Dalam Latihan Plyometrics Single-Leg Speed Hop Terhadap Peningkatan Power Endurance Tungkai Pada Cabang Olahraga Futsal. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 10(2), 1–11.
Kardes, Frank R. (2014). Consumer Behnviour. New York: Mac Millan Publishing Company.
Sadirman, A. M. (2015). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Surakarta, U. M. (2022). Panduan Pengabdian kepada Masyarakat Kemitraan Internasional (PkM-KI).






