Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v5i1.11867Keywords:
KKN-Dik, pengalaman belajar, pojok literasi, service learning, tangga literasi keuanganAbstract
KKN-Dik merupakan salah satu bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat. Dalam pelaksanaannya masih terdapat kekeliruan dalam hal pengadaan program kerja. Pendekatan service learning hadir untuk meluruskannya. Service learning bertitik tolak pada aplikasi ilmu. Hal ini sangat berkaitan erat dengan peran mahasiswa dalam melaksanakan KKN-Dik, yang mana mahasiswa ikut andil, berperan, dan berkontribusi langsung dalam masyarakat. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah difusi iptek, yaitu sebuah metode penyebarluasan informasi yang dapat meningkatkan wawasan seseorang di bidang pengetahuan melalui teknologi. Kegiatan ini dilaksanakan melalui dua tahapan, yaitu tahap observasi atau screening dan tahap pengembangan. Dalam pengimplementasiannya dalam pelaksanaan KKN-Dik FKIP UMS tahun 2023, penerapannya diselaraskan dengan program kerja yang dilaksanakan di lokasi KKN-Dik. Adapun program kerja sesuai dengan service learning yang terlaksana pada pelaksanaan KKN-Dik di SD Muhammadiyah PK Ampel, adalah Pojok Literasi (program kerja Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Tangga Literasi Keuangan (program kerja Prodi Pendidikan Akuntansi), dan Papan Plang Profil Pelajar Pancasila (program kerja Prodi Pendidikan PPKn). Pada dasarnya, service learning pada kegiatan KKN-Dik FKIP UMS di SD Muhammadiyah PK Ampel ini merupakan upaya untuk mengaplikasikan dan mengimplementasikan ilmu teori yang didapatkan oleh mahasiswa selama perkuliahan di kampus pada kelompok sasaran agar ilmu, pengalaman, dan teori yang mahasiswa dapatkan dapat berguna dan diimplementasikan serta diaplikasikan sesuai dengan bidang keahlian program studi masing-masing mahasiswa.
Downloads
References
Afghani, D. R., Prayitno, H. J., Jayanti, E. D., Zsa‑zsadilla, C. A., Salsabilla, T. A., Saputri, E. D., Septiyanti, N. D., & Siswanto, H. (2022). Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 143–152. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19
Agustina, L., Arffianto, A., Hasna, S., Indarwati, L., Putri, D. R., El‑majid, E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., G, W. A. S., & Sholihah, I. (2019). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2021). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2), 87–92. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420
Arifin, S., & Mufaridah, H. (2018). Pengembangan Desain Konseling Berbasis Pesantren dengan Pendekatan Service‑Learning. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(2), 110–132.
Dewi, R. P., & Arnandi, W. (2019). Peningkatan Produktivitas Peternak Itik melalui Penerapan Mesin Penetas Telur. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 193–196.
Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685
Febriyanti, Desiyanti, A., Fadhilah, R., & Susilo, A. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19389
Machromah, I. U., Mahendra, A., Dianingsih, F. R., Indriani, N., Agustina, D. R., Fatimah, S., Arifah, N. Z. M., Khusna, M. Al, Novianto, D., Nugroho, F. C., & Zainuddin, A. (2020). Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 100–104. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10
Nasucha, Y., Sutopo, A., Ahmad, Fatmawati, Astuti, T. I., & Mrihatini, A. (2021). Penguatan Generasi Cerdas dan Berkarakter bagi Masyarakat Tangen Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 63–73. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14
Nugroho, A., Fatonah, A., Wardana, A. P., Rahmawati, O. E., Astari, N., Ermayanti, G., Ristivana, M., Khuroida, A., Jati, L., Nugroho, A. S., & Fachrurozzi, M. R. (2020). Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 8–13. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10
Olim, A. (2010). Mencari Metode Pendidikan Karakter Untuk Paud: Belajar Berbasis Layanan (Service Learning). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI, November, 146–161.
Prayitno, H. J., Sutama, Hikmat, M. H., Wulandari, M. D., Djumadi, Harsono, Syah, M. F. J., & Hafida, S. H. N. (2022). Buku Panduan KKN Dik FKIP UMS 2022 Edisi VI Optimalisasi Amal Usaha Muhammadiyah Bidang Pendidikan dan Pimpinan Cabang/Ranting Muhammadiyah. Muhammadiyah University Press.
Purnomo, E., & Pratiwi, D. R. (2021). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam Dongeng Nusantara Bertutur. Seminar Nasional SAGA #3, 3(1), 119–128.
Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se‑Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561
Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri, S. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Se Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1217
Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Huda, M., Muthali’in, A., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17
Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se‑Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.
Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya, 1(2), 143. https://doi.org/10.22146/bb.41076
Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., Susilowati, E., Kusumaningrum, H., Puspitasari, N. H., & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63–68. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14






