Penguatan Pemahaman Budaya Indonesia pada SB Hulu Langat Melalui Metode Discovery Learning Cerita Rakyat “I La Galigo”

Authors

  • Andi Tenri Sua Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
    Indonesia
  • Andi Muhammad Irfan Taufan Asfar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
    Indonesia
  • Romi Adiansyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v5i1.11839

Keywords:

budaya Indonesia, cerita rakyat I La Galigo, discovery learning

Abstract

Prosa rakyat atau lebih dikenal dengan cerita rakyat adalah cerita yang berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat. Tersebarnya cerita rakyat di seluruh nusantara mengakibatkan penggalian kearifan lokal menjadi sangat penting sebagai upaya untuk melestarikan budaya bangsa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kemitraan Internasional ini bertujuan untuk memberikan penguatan pemahaman kepada mitra akan pentingnya budaya Indonesia khususnya cerita rakyat Sulawesi Selatan yaitu I La Galigo. Mitra dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah siswa dan guru SB Hulu Langat. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Penyuluhan meliputi tahap sosialisasi atau penyampaian terkait dengan program pengabdian yang dilaksanakan. Pada tahap pelatihan diterapkan metode discovery learning, yaitu penyampaian cerita rakyat secara lisan dan tertulis, kegiatan menyimak dan membaca dengan seksama, serta sharing session mengeluarkan pendapat secara mandiri. Tahap pendampingan dilakukan untuk mengetahui kendala mitra selama pelaksanaan program agar dapat memberikan solusi alternatif. Adapun hasil yang diperoleh yaitu adanya respon, tanggapan atau pendapat positif dari siswa maupun guru SB Hulu Langat terkait metode discovery learning yang diterapkan dalam menguatkan pemahaman serta memotivasi mitra dalam berliterasi akan pentingnya budaya Indonesia khususnya cerita rakyat Sulawesi Selatan I La Galigo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar, A. A. A., Fakhruddin, M. F. M., Ayesma, P. A. P., & Kartikowati, T. K. T. (2022). Penguatan Karakter melalui Literasi Sejarah untuk Generasi Muda. PERDULI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(02), 39-54.

Alhidayatullah, A., Sudarma, A., & Amal, M. K. (2023). Efektivitas Pelatihan Kerja Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Karyawan. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 119-130.

Apriyani, R., Gloriani, Y., & Khaerudin, I. R. (2022). Model Kontekstual Berorientasi Kearifan Lokal pada Materi Cerita Rakyat. Jurnal Tuturan, 11(1), 36-45.

Arbiyah, N., Nurwianti, F., & Oriza, D. (2008). Hubungan bersyukur dengan subjective well being pada penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial, 14(1), 11-24.

Bunga, R. D., Rini, M. M., & Serlin, M. F. (2020). Peran Cerita Rakyat sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indoneisa di Kabupaten Ende. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 65-77.

Christy, N. A. (2020). Revitalisasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia selama Masa Pandemi Covid-19. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 1-15.

Dai, F., & Manahung, R. (2020). Kearifan Lokal Masyarakat Suku Bajo Studi Etnografi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Praktek Ritual Keagamaan di Desa Bajo Kecamatan Tilamuta. Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti, 2(1), 41-57.

Darmawan, I. (2020). Eksistensi Kitab Hukum Kuno Nusantara (Suatu Refleksi dan Proyeksi terhadap Hukum Nasional). PALAR (Pakuan Law review), 6(1), 53-67.

Dewi, N. K. H. L., & Suardana, I. P. O. (2022). Pendataan Cerita "Ngusaba Tegen/Tatag" sebagai Basis Literasi dengan Kearifan Lokal di Desa Kedisan. Jurnal Pendidikan Deiksis, 4(1), 1-8.

Dharma, B. S., & Amerta, T. I. (2020). Pendalungan sebagai Bentuk Keharmonisan Budaya di Kabupaten Jember. Optimalisasi Peran Komunikasi Menghadapi Era, 4, 76-90.

Dwinuryati, Y., & Andayani, A. (2017). Kajian Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Cerita Rakyat “Nyi Andan Sari dan Ki Guru Soka”. Jurnal Artefak, 4(1), 15-22.

Edi, B. S. (2022). Nilai Budaya dalam Sastra Lisan Pisaan Masyarakat Komering Kabupaten Oku Timur. Mlangun: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 19(2), 139-147.

Effendy, M. H. (2022). Teori dan Metode Kajian Budaya Etnik Madura. Jakad Media Publishing: Surabaya.

Evelyn, M., Ardana, I. G. N., Erg, M., & Handoko, C. T. (2013). Perancangan Visual Novel Epos La Galigo dari Kebudayaan Suku Bugis. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 11.

Firdaus, F., Nurdin, M. N. H., Zainuddin, K., Piara, M. R., & Yusnaeni, Y. (2022). Focus Group Discussion (FGD) kepada Anak Berhadapan Dengan Hukum (ABH) yang memiliki kasus kekerasan di Balai Rehabilitasi Sosial Anak Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Toddopuli Makassar. Ruang Cendekia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 196-198.

Gasanti, R., & Nugraha, C. R. (2022). Analisis Struktur dan Nilai Kearifan Lokal Cerita Rakyat Balong Keramat Tuk di Kabupaten Cirebon serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Pengayaan. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 152-160.

Gunawan, Y., Herdiani, E., & Subiantoro, I. H. (2022). Nilai Pendidikan Karakter Dramatari “Angkling Ardhanareswari” sebagai Kreativitas Media Pengenalan Folklore Tasikmalaya. Buana Ilmu, 6(2), 145-163.

Gustiana, R., Hidayat, T., & Fauzi, A. (2022). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 657-666.

Hamsiati, H., & Hamid, W. (2021). Manuskrip La Galigo dalam Tradisi Massure’di Wajo-Sulawesi Selatan. Jurnal Lektur Keagamaan, 19(1), 207-238.

Kurniawan, K. R. A., Latif, N., Suparno, R. R., Oktaviani, A., Zharifa, A. F., & Aryanti, S. Z. (2019). Revitalisasi Rumah Pintar Laskar Pelangi di Gantung melalui Budaya Literasi Humanitas. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 10-17.

Latupeirissa, E., & Monaten, Y. G. (2021). Penguatan Literasi melalui Program Revitalisasi Sastra Daerah di Negeri Waraka Kecamatan Teluk Elpaputh Kabupaten Maluku Tengah. Gaba-Gaba: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Bidang Pendidikan Bahasa dan Seni, 1(1), 10-15.

Light, M. A., & Light, I. H. (2008). The geographic expansion of Mexican immigration in the United States and its implications untuk local law enforcement. Law Enforcement Executive Forum Journal, 8(1), 73-82.

Mahardhani, A. J., Sutrisno, S., Rusdiani, N. I., Cahyono, H., Asmaroini, A. P., Kristiana, D., & Ayuningtyas, E. D. P. (2023). Pembelajaran Lintas Budaya Melalui Aktivitas Mengajar pada Sanggar Bimbingan Non Formal di Malaysia. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 58-67.

Majid, M. I. A., Syakir, S., & Mujiyono, M. (2020). Perancangan Ilustrasi Buku Cerita Rakyat Asal Mula Terbentuknya Daerah Gunungpati Kota Semarang sebagai Media Penyampai Pesan Moral Bagi Generasi Muda. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 9(3), 31-39.

Martiara, R., & Jamilah, M. (2022). Pajoge: Perempuan Penari dalam Masyarakat Bugis. Ciptamedia Penerbit: Yogyakarta.

Muhsyanur, M. (2020). Types And Trust Systems Based on the Ideology of Bugis Community Culture on Local Interest Values in Cenning Rara Spells. International Journal of Humanity Studies (IJHS), 4(1), 58-68.

Mukhtar, J., Yunus, Y., & Nugroho, I. (2021). Integrasi Kegiatan Masyarakat Budaya Lokal dan Lembaga dalam Pendidikan Toleransi. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 43-57.

Muliawati, H., Rosmaya, E., & Wahyuningsih, N. (2020). Pengenalan Cerita Rakyat Cirebon pada Siswa SD melalui Mendongeng sebagai Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Cirebon. Jurnal Tuturan, 9(2), 53-58.

Nardi, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru SD Negeri 02 Nanga Taman dalam Menyusun Instrumen Penilaian Melalui Focus Group Discussion. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 8(4), 356-365.

Nurhasanah, L., Siburian, B. P., & Fitriana, J. A. (2021). Pengaruh Globalisasi terhadap Minat Generasi Muda dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Indonesia. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31-39.

Perdana, A. (2019). Naskah La Galigo: Identitas Budaya Sulawesi Selatan di Museum La Galigo. Pangadereng, 5(1), 116-132.

Perdana, A. (2020). Nilai Budaya Naskah La Galigo dan Perahu Pinisi di Museum untuk Generasi Milenial. Walasuji, 11(1), 153-169.

Putra, A. W., Syihabudin, S., & Sumiya, S. (2022). Representation of the Puragabaya Legend Through Videography of Poetry Musicalization. In International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 6(1), 146-166.

Rahayu, N. W. S. (2020). Bhatara Guru dalam Tradisi Bugis Kuno (Perspektif Lontara I La Galigo). Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 11(2), 71-82.

Rahman, F., & Akhmar, A. M. (2021). Penerapan Metode Tadashi Suzuki pada Proses Latihan Teater: Kajian Ketubuhan Aktor, Lakon I La Galigo. ISoLEC Proceedings, 5(1), 167-177.

Sakriani, S., & Ammade, S. (2022). Pemberdayaan Digital Comic dan Strategi PQRST dalam Pengembangan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 47-57.

Savitri, T., & Devi, W. S. (2021). Penerapan Media Gambar dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kelas XI. Prosiding Samasta, 874-878.

Sinaga, F. S. H. S. (2020). Musik Trunthung sebagai Wujud Kearifan Lokal dalam Konteks Pendidikan Seni. Tonika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni, 3(1), 27-38.

Suryanto, H. (2021). Film Menggunakan Kearifan Lokal Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan (Satu Cara Menuju Film Beridentitas Indonesia). IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, & Media Baru, 12(3), 112-123.

Tol, R. (2020). Pengembaraan La Galigo ke Washington DC: Memperkenalkan Husin Bin Ismail. Journal of the Malaysian Branch of the Royal Asiatic Society, 93(2), 65-72.

Downloads

Submitted

2025-07-12

Published

2023-06-01

Issue

Section

Articles