Penguatan Keterampilan dengan Stimulasi Literasi Berbasis TIK bagi Guru Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Kartasura

Authors

  • Junita Dwi Wardhani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sri Katoningsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Tri Asmawulan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nabila Mar’atus Nasywa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Arreta Chori Mahaeswari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v5i1.11829

Keywords:

IGABA, pembelajaran abad 21, penguatan keterampilan guru, stimulasi literasi berbasis TIK

Abstract

Salah satu indikator kompetensi profesional guru adalah mampu memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran untuk menjawab tantangan zaman. Hal ini sangat sesuai dengan kompetensi guru abad 21 yaitu memiliki keterampilan dan literasi digital yang baik. Stimulasi literasi harus disesuaikan karakteristik dan kebutuhan anak. Metode yang dilakukan harus fun tidak membuat anak merasa terbebani serta memaksimalkan semua indera anak. Literasi merupakan jalan utama guna mencerdaskan dan menyejahterakan anak bangsa, mewujudkan sumber daya manusia unggul, mandiri, kreatif, kritis dan berdaya saing di era global. Salah satu karakter siswa generasi alpha yang menonjol adalah tech savvy. Anak sangat antusias dengan hal-hal berbau digital dan teknologi. Berdasarkan kenyataan yang ditemui banyak guru yang belum mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Khalayak sasaran yang terlibat dalam pengabdian ini adalah guru-guru Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Keraton Kartasura. Metode yang dilakukan yaitu dengan ceramah, diskusi dan pelatihan. Artikel kegiatan pengabdian masyarakat yang dimuat dalam jurnal nasional bereputasi. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pelatihan kepada para guru dalam melakukan stimulasi literasi berbasis TIK, dan cara pandang baru yang lebih luas dan modern sebagai bekal dalam menghadapi tantangan global dalam dunia pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dastpak, M., Behjat, F., & Taghinezhad, A. (2017). A Comparative study of Vygotsky’s perspectives on child language development with nativism and behaviorism. International Journal of Languages Education and Teaching, 5 (2), 230-238.

Dickinson, D. K., & Caswell, L. (2007). Building support for language and early literacy in preschool classrooms through inservice professional development: Effects of the Literacy Environment Enrichment Program (LEEP). Early Childhood Research Quarterly, 22, 243–260

Hidayatullah, M.F. (2019). 11 Kebijakan UNS unggul 2019-2023. Dipresentasikan pada seminar pemilihan Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hohmann, C. (1998) Evaluating and selecting software for children. Child Care Information Exchange, 9 (98), 60–62.

e-ISSN 2716-0327 Buletin KKN Pendidikan, Vol. 5, No. 1, Juni 2023 doi: 10.23917/bkkndik.v5i1.22722 19 Penguatan Keterampilan Guru dengan Stimulasi Literasi Berbasis TIK di Ikatan Guru…(12-20)

Healey, J. (1998) Failure to connect: How computers affect our children’s minds–for better or worse. New York: Simon and Schuster.

Hutinger, P., & Johanson, J. (2000). Implementing and maintaining an effective early childhood comprehensive technology system. Topics in Early Childhood Special Education, 20 (3), 159–173.

Kerckaert, S., Vanderlinde, R., & Van Braak, J. (2015). The role of ICT in early childhood education: Scale development and research on ICT use and influencing factors. European Early Childhood Education Research Journal, 23 (2), 183-199.

Konca, A.S., & Koksalan, B. (2017). Preschool children‘s interaction with ICT at home. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 3 (2), 571-581.

Magnuson, K. A., Ruhm, C., & Waldfogel, J. (2007). The persistence of preschool effects: Do subsequent classroom experiences matter? Early Childhood Research Quarterly, 22, 18– 38.

Marsh, J. (2010). Young children’s play in online virtual worlds. Journal of Early Childhood Research, 8 (1), 23–29.

Merga, M.K., & Roni, S.M. (2018) Empowering parents to encourage children to read beyond the early years. Reading Teacher. 72 (2), 213-221.

Merchant, G. (2007). ‘Digital writing in the early years’, in J. Coiro, M. Knobel, C. Lankshear & D. Leu (Eds.). New Literacies Research Handbook. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum, 755–778.

Prioletta, J., & Pyle, A. (2017). Play and gender in Ontario kindergarten classrooms: implications for literacy learning. International Journal of Early Years Education, 25(4), 393–408.

Prayogi., D.W, & Estetika., R. (2019) Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan - Vol. 14, No. 2: 144-151.

Qonitah Faizatul Fitriyah, Sutama, Anindya Desy Pinastika Putri, Nur Rakhma Ardhiani. Pengembangan Media Critical Smart Bounding pada Perilaku Online Anak di TK Aisyiyah Kartasura, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 2023 | 4 DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.2514.

Prihastuti, L. ., Fitriyani, S. ., Romadhon, F. H. ., Pratiwi, D. R. ., & Prayitno, H. J. . (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.56972/jikm.v1i1.3

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1.

Ruhaena, L. (2013). Proses pencapaian kemampuan literasi dasar anak prasekolah dan dukungan faktor-faktor dalam keluarga. Laporan Akhir Penelitian Disertasi Doktor

Sari, N. A. Md. Y., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2018). Hubungan antara kemampuan literasi dengan kompetensi inti pengetahuan bahasa Indonesia siswa kelas V SD gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara tahun pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 1 (2), 94-103.

Susilo, A & Sarkowi. 2018. Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, Vol. II, No. 1

Schluter, P. J., Audas, R., Kokaua, J., McNeill, B., Taylor, B., Milne, B. et al. (2020). The efficacy of preschool developmental indicators as a screen for early primary school-based literacy interventions. Child Development, 91 (1), 59-76.

Buletin KKN Pendidikan, Vol. 5, No. 1, Juni 2023 e-ISSN 2716-0327 doi: 10.23917/bkkndik.v5i1.22722 Penguatan Keterampilan dengan Stimulasi Literasi Berbasis TIK bagi Guru Ikatan Guru…(12-20) 20

Wardhani, J.D., Hidayatullah, M.F., Asrowi, Wiranto, Nizam, M., & Rahmawati, E. (2020b). Exploration of early childhood literacy ability based on analytical hierarchy process (AHP). Universal Journal of Educational Research, 8 (12A): 7843-7852.

Wardhani, J. D., Hikmat, M. H., Sutama, S., Sidiq, Y., Nurjanah, S., Febrianti, N., ... & Alim, C. N. (2022). Penguatan Keterampilan Menstimulasi Perkembangan Literasi, Numerasi, Dan Life Skill Bagi Cikgu Di Sanggar Belajar Subang Mewah Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 184-193.

Watts, D.M, & Lioyd, C. (2004). The use of innovative ICT in the active pursuit of literacy. Journal of Computer Assisted Learning. 20, 50-58.

Wahab, Abdul Aziz. (2007). Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.

Weigel, D.J., Martin S.S., & Bennett, K.K. (2010). Pathway to literacy: connections between family assets and preschool children’s emergent literacy skills. Journal of Early Childhood Research, 8 (1), 5-22.

Wohlwend, K. (2009). Early adopters: Playing new literacies and pretending new technologies in print-centric classrooms. Journal of Early Childhood Literacy, 9 (2), 117–140.

Yaman, F., Donmez, O., Avci, E., & Yurdakul, I.K. (2016). Integrating mobile applications into hearing impaired children's literacy instruction. Education and Science, 41, 153-174.

Downloads

Submitted

2025-07-12

Published

2023-06-01

Issue

Section

Articles