Media Belajar Ekonomi Berbasis Cuplikan Film sebagai Media Pembelajaran Inovatif dan Holistik

Authors

  • Rochman Hadi Mustofa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sabar Narimo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Noor Syahidah Mutiara Dzikra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ni’matul Istiqomah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang
    Indonesia
  • Ady Ferdian Noor Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
    Indonesia
  • Muhammad Niam Fakultas Ilmu Formal dan Ilmu Terapan, Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Muhammad Zulfi Ifani Fakultas Kesehatan dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Klaten
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v5i2.11777

Keywords:

media belajar, pembelajaran ekonomi, pembelajaran holistik, pembelajaran inovatif

Abstract

Pembelajaran ekonomi sering kali didominasi oleh ceramah karena materinya yang padat. Namun, penggunaan cuplikan film sebagai alat bantu dalam menjelaskan materi dapat menjadi langkah inovatif yang menarik perhatian siswa dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih holistik. Cuplikan film dapat memberikan koneksi antara materi dengan contoh-contoh kehidupan nyata yang jarang dijumpai siswa sehari-hari. Meski demikian, pendekatan ini membutuhkan kreativitas dari guru untuk memastikan koneksi tersebut berjalan sesuai harapan. Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan kepada guru-guru di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara dengan tujuan memperkenalkan potensi metode pembelajaran inovatif ini. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan respon positif dari guru, namun ada kendala yang disampaikan oleh guru, yaitu perlunya pemahaman lebih mendalam tentang film apa yang sesuai dengan konteks materi, serta keterampilan dalam mengelola kelas agar tetap kondusif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, A. K. (2020). REAKTUALISASI PENDIDIKAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN (AIK) SEBAGAI PENGUAT PENDIDIKAN KARAKTER. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(2), 167–178.

Amri, F., & Ekaningsih, N. (2018). ENHANCING STUDENTS’ COGNITIVE ABILITIES THROUGH STUDENT‑CENTERED LEARNING (SCL). Kajian Linguistik Dan Sastra, 2(2), 141–146.

Andriani, R. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Berita di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Manajemen Pendidikan, 14(2).

Astuti, T. D., & Fathoni, A. (2019). Dukungan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran, Kelengkapan Fasilitas dan Kedisiplinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mts Negeri Bekonang. Manajemen Pendidikan, 13(2), 130–138.

Bal, A. P., Yilmaz, R., & Atas, V. (2022). Development of self‑efficacy scale of differentiated instruction for teachers. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 7(2), 93–104.

Berk, R. A. (2009). Multimedia Teaching with Video Clips: TV, Movies, YouTube, and mtvU in the College Classroom. 5, 1–21.

Blasco, P. G., Moreto, G., Blasco, M. G., Levites, M. R., & Janaudis, M. A. (2015). Education through Movies: Improving teaching skills and fostering reflection among students and teachers. Journal for Learning through the Arts: A Research Journal on Arts Integration in Schools and Communities, 11(1). https://doi.org/10.21977/d911122357

Carrasco‑Gallego, J. A. (2017). Introducing economics to millennials. International Review of Economics Education, 26(July), 19–29. https://doi.org/10.1016/j.iree.2017.08.002

Dalton, J. T., & Logan, A. J. (2020). Using the movie Joy to teach innovation and entrepreneurship. The Journal of Economic Education, 51(3–4), 1–10. https://doi.org/10.1080/00220485.2020.1804507

Dede, C. (2009). Comparing Frameworks for 21st Century Skills. 1–16.

Dewi, L. P., & Rahmawati, N. D. (2022). Ethnic‑Math Hots Pada Kue Kering Homemade Iedul Fitri 1443 Hijriah. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 85–90.

Dewi, S. S., Chasanatun, F., & Pradana, L. N. (2022). Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 979–984.

Diaz Vidal, D., Mungenast, K., & Diaz Vidal, J. (2020). Economics through film: Thinking like an economist. International Review of Economics Education, 35, 100186. https://doi.org/10.1016/j.iree.2020.100186

Fatahillah, A., Puspitasari, I. D., & Hussen, S. (2020). The development of Schoology web‑based learning media with GeoGebra to improve the ICT literacy on quadratic functions. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3), 304–316.

Fauzi, I. M., Setiawan, B., & Efani, A. (2019). Value chain analysis at tuna processed agroindustry in Pacitan, East Java. Agricultural Socio‑Economics Journal, 19(1), 33–46.

Grossman, P., Hammerness, K., & McDonald, M. (2009). Redefining teaching, reimagining teacher education. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 15(2), 273–289. https://doi.org/10.1080/13540600902875340

Gumartifa, A., Syahri, I., Siroj, R. A., Nurrahmi, M., & Yusof, N. (2023). Perception of Teachers Regarding Problem‑Based Learning and Traditional Method in the Classroom Learning Innovation Process. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 151–166.

Hakim, A. R., Widayati, A., Wibawa, E. A., & Septiana, Y. (2023). THE EFFECTIVENESS OF DIGITAL LITERATURE-BASED LEARNING VIDEO ON IMPROVING STUDENT’S DIGITAL LITERATURE SKILL. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 33(1), 29–42.

Hermita, N., Putra, Z. H., Alim, J. A., Wijaya, T. T., Anggoro, S., & Diniya, D. (2021). Elementary Teachers’ Perceptions on Genially Learning Media Using Item Response Theory (IRT). Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(1), 1–20.

Hsin, W.-J., & Cigas, J. (2013). Short Videos Improve Student Learning in Online Education. J. Comput. Sci. Coll., 28(5), 253–259.

Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1).

Islam, M. T., & Habib, T. I. (2021). Barriers of adopting online learning among the university students in Bangladesh during Covid-19. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(1), 71–91.

Iswari, D. A., Arkeman, Y., & Muslich, M. (2019). Analisis Dan Desain Rantai Pasok Kakao Berbasis Blockchain. JURNAL AGRI‑TEK: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Eksakta, 20(2), 41–47.

Iswari, D. A., Sondakh, R. C., & Ghiffari, M. A. (2021). Minimasi Biaya Dan Penentuan Rute Pengangkutan Kakao Dalam Mendukung Agromaritim. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 3(1).

Mahmoudi, S., Jafari, E., Nasrabadi, H. A., & Liaghatdar, M. J. (2012). Holistic education: An Approach for 21 Century. International Education Studies, 5(3), 178–186. https://doi.org/10.5539/ies.v5n3p178

Marpanaji, E., Mahali, M. I., & Putra, R. A. S. (2018). Survey on How to Select and Develop Learning Media Conducted by Teacher Professional Education Participants. Journal of Physics: Conference Series, 1140(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1140/1/012014

Mischel, L. J. (2018). Watch and Learn? Using EDpuzzle to Enhance the Use of Online Videos. Management Teaching Review, 4(3), 283–289. https://doi.org/10.1177/2379298118773418

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x

Munir, S., Fitrianti, W., & Megasari, R. (2023). INTERACTIVE E-MODULE: THE ECONOMIC LEARNING SOLUTIONS IN HIGH SCHOOL DURING THE COVID‑19 PANDEMIC. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 32(2), 140–154.

Mustofa, R. H., Pramudita, D. A., Atmono, D., Priyankara, R., Asmawan, M. C., Rahmattullah, M., Mudrikah, S., & Pamungkas, L. N. S. (2022). Exploring educational students acceptance of using movies as economics learning media: PLS-SEM analysis. International Review of Economics Education, 39(February). https://doi.org/10.1016/j.iree.2022.100236

Nurcahyo, A., Ishartono, N., Waluyo, M., & Sari, F. I. (2021). (Ar) Dengan Software Paint 3D Bagi Guru Matematika SMP. 154–162.

Palmer, P. J. (2017). The Courage to Teach: Exploring the Inner Landscape of a Teacher’s Life, 20th Anniversary Edition. Wiley.

Perwira Yustika, G. (2018). Pembelajaran Biologi Dengan Media Video Animasi Untuk Pelajar Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 6(2), 282–290.

Podemska‑Mikluch, M., Deyo, D., & Mitchell, D. T. (2015). Public Choice Lessons from the Wizarding World of Harry Potter. The Journal of Private Enterprise, 31(1), 15–64. https://doi.org/10.2139/ssrn.2641973

Pratiwi, I. I., Suryati, I., Cahyo, A. N., & Setiaputra, F. I. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Peran Guru Sebagai Fasilitator Siswa Untuk Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 100–112. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12837

Pravitasari, S. G., & Yulianto, M. L. (2017). Penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran bahasa inggris (studi kasus di SDN 3 Tarubasan Klaten). Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 42–53.

Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Manajemen Pendidikan, 14(2).

Puspita, E. D., Lilfitri, I. N., & Widiyatmoko, W. (2021). INTEGRASI SUMBER BELAJAR YOUTUBE DAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 7 SURAKARTA. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(2).

Rustaman, A. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Daring, Video Conference Dan Sosial Media Pada Mata Kuliah Komputer Grafis 1 Di Masa Pandemi Covid‑19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 557–562. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1274

Santosa, P. B. (2008). Relevansi dan Aplikasi Aliran Ekonomi Kelembagaan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 9(1).

Sari, R. C., Warsono, S., Ratmono, D., Zuhrohtun, Z., & Hermawan, H. D. (2023). The effectiveness of teaching virtual reality-based business ethics: is it really suitable for all learning styles? Interactive Technology and Smart Education, 20(1), 19–35. https://doi.org/10.1108/ITSE-05-2021-0084

Schmaltz, R. M., & Enström, R. (2014). Death to weak PowerPoint: Strategies to create effective visual presentations. Frontiers in Psychology, 5(OCT), 1–4. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.01138

Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16.

Slameto, S. (2019). DETERMINAN KREATIVITAS GURU SEKOLAH DASAR PASCA PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU. Jurnal Penelitian Humaniora, 20(2), 80–88.

Susilowati, R. D., Sutama, S., & Faiziyah, N. (2020). Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid‑19. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 68–78. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p68

Sutabri, A. L., Solawati, D. N., Pawestri, L. A., & Rahmawati, F. P. (2021). Partisipasi Keluarga dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1).

Thambu, N., Prayitno, H. J., & Zakaria, G. A. N. (2021). Incorporating Active Learning into Moral Education to Develop Multiple Intelligences: A Qualitative Approach. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 17–29.

Ulfa, M., & Saifuddin, S. (2018). Terampil Memilih dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30(1), 35–56.

Wulandari, S. S., Puspasari, D., Puspasari, D., Wulandari, R. N. A., & Puspitasari, R. O. (2022). DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA-BASED TEACHING MATERIALS FOR DISTANCE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 32(2), 280–295.

Zulkarnain, A. I., Surawan, S., & Wahidah, S. N. (2022). MORAL MESSAGE IN ALIF AND ALYA’S ANIMATED FILM EPISODE 1-4 AS CHILDREN’S EDUCATION (RONALD BARTHES SEMIOTICS ANALYSIS). Profetika: Jurnal Studi Islam, 23(2).

Downloads

Submitted

2025-07-09

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles