Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Berkomunikasi di Sekolah Inklusi

Authors

  • Salsabila Khoirunisa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhroji Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Riyani Wulandari Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Surakarta
    Indonesia
  • Anggia Suci Pratiwi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v6i1.11753

Keywords:

anak berkebutuhan khusus, sekolah inklusi, rasa percaya diri

Abstract

Rasa percaya diri merupakan timbulnya keyakinan dalam diri individu terhadap kemampuan yang dimilikinya. Dengan percaya diri anak akan mudah memahami dan mengenal dirinya sendiri. Kurangnya rasa percaya diri menyebabkan terhambatnya pengembangan potensi diri pada anak. Anak dengan rasa percaya diri tinggi akan mampu berkomunikasi dengan baik di lingkunganya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya-upaya guru dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam membangun komunikasi di sekolah inklusi. Jenis kualitatif desain deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik interaktif. Hasil menunjukan: 1) Upaya guru dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada anak berkebutuhan khusus (ABK) dilakukan dengan memberikan motivasi, apresiasi, pujian, menciptakan rasa aman, nyaman, mencari potensi anak, mendorong anak mengikuti lomba, ekstrakurikuler, menerapkan skill berani dan memberi hak yang sama. 2) Dalam membangun komunikasi yang baik guru melatih emosional anak, memberikan pemahaman tentang persatuan, memberikan bimbingan membaca, menulis, menciptakan komunikasi bermakna, menggunakan media gerakan tubuh, media tulisan, menjadi juru bicara dan membebaskan anak untuk berinteraksi di lingkungan sekitar. Berbagai upaya tersebut dinilai mampu meningkatkan rasa percaya diri anak dalam berkomunikasi di lingkungan sekolah. Terutama anak-anak berkebutuhan khusus yang merasa dirinya berbeda dengan anak-anak reguler.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Q., & Alifia, P. (2022). Gangguan Keterlambatan Berbicara (speech delay) pada Anak Ssia 6 tahun di RA An-Nuur Subang 8 (Vol. 1).

Aisyiyah, Heny, P., Rahmawati, K., & Kudus, I. (2018). Kegiatan Pengembangan Diri Dalam Menggali Potensi Anak … 98 Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling.

Allizaputri, A. I., Arroyantri Prananjaya, B., & Suryani, P. R. (2022). Faktor Risiko Angka Kejadian Depresi dan Kecemasan Pada Caregiver Anak Dengan Disabilitas Intelektual. In JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia (Vol. 10).

Ayudia Faizzah, N., & Desvita Putri, N. P. (2023). Pola Komunikasi Guru dan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Tunas Kasih. Prosiding Seminar Nasional, 1622–1628.

e-ISSN 2716-0327 Buletin KKN Pendidikan, Vol. 6, No. 1, Juni 2024 doi: 10.23917/bkkndik.v6i1.23644

106 Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Berkomunikasi di Sekolah Inklusi (97-109)

https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.163-172

Bahri, Dasar, P., Lestari, A., Setiawan, F., Agustin, E., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Desember, 2(6), 610.

https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/arzusin

Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 572–582.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604

Busyra, N. Z., & Pulungan, W. (2018). Penerapan Konseling Direktif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Korban Bullying di SDN Kenari Jakarta.

https://journal.paramadina.ac.id/index.php/inquiry/article/download/217/pdf_13/1126

Damayanti. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik. http://repository.radenintan.ac.id/8202/1/SKRIPSI.pdf

Ekawati, F. F., Ismaryati, I., Rahayu, T. W., & Prasetyo, H. J. (2022). Peningkatan Pemahaman Tentang Aktivitas Fisik untuk Anak Cerebral Palsy pada Guru Kelas dan Orang Tua. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 43–48.

https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3838

Eko Retnosari dan Rahayu Pujiastuti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Jalan Dukuh Menanggal

XII, I., Gayungan, K., Surabaya, K., & Timur, J. (n.d.). Maksim Kuantitas dan Maksim Kualitas Dalam Tuturan Bahasa Indonesia Pada Anak Disabilitas Intelektual Quantity Maxim and Quality Maxim in Indonesian Speech of Children with Intellectual Disabilities.

https://doi.org/10.26499/rnh/v9i2.4053

Farid Haebah, A., Sa, C., & Farid Haebah Pendidikan Dasar, A. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Celebral Palsy dalam Menyelesaikan Soal Matematika di Sekolah Inklusi. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Faridatul. (2023). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak Tunarungu Melalui Keterampilan Merias di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember.

http://digilib.uinkhas.ac.id/17531/1/SITI%20FARIDATUL%20MAGHFIROHD20183026.pdf

Fauzia. (2020). Mengenali dan Menangani Speech Delay Pada Anak.

Fithriyana, R. (n.d.). Hubungan Kejadian Acne Vulgaris Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswi Kelas XI di SMAN 2 Bangkinang Kota. http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/ners

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5.

https://doi.org/10.29210/02017182

Hanifah, S., Haer2, A. B., Widuri3, S., Santoso, B., Program, M., Sarjana, S., Sosial, K., Unpad, F., Csr, P. S., Sosial, K., & Masyarakat, P. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 3).

Ifalahma, D. (2023). Faktor Perkembangan Mororik dan Perkembangan Kognitif Anak.

https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.707-714

Istiqlal. (n.d.). Gangguan Keterlambatan Berbicara Speech Delay. 2021.

https://doi.org/10.18860/preschool.v2i2.12026

Helmahera, B., Rosemary, R., & Rahmani, S. (2023). Analisis Komunikasi Interpersonal Proses Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SLB Negeri Bambi Kabupaten Pidie. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK (Vol. 3, Issue 8). www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Buletin KKN Pendidikan, Vol. 6, No. 1, Juni 2024 e-ISSN 2716-0327 doi: 10.23917/bkkndik.v6i1.23644 Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Berkomunikasi di Sekolah Inklusi (97-109) 107

Hw, S., & Santosa, J. (2012). Revitalisasi Sekolah Luar Biasa (SLB) Pasca Implementasi Program Pendidikan Inklusi.

Kamil, N., & Jailani, J. (2018). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing Dengan Pendekatan Saintifik. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 155-166.

Kusuma, R. S. (2017). Komunikasi antar pribadi sebagai solusi konflik pada hubungan remaja dan orang tua di SMK Batik 2 Surakarta. Warta Lpm, 20(1), 49-54.

Liza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa. Jermal, 1(2), 89–97.

https://doi.org/10.31629/jermal.v1i2.2214

Mareza, L. (2016). Pengajaran Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2).

Masni, H. (n.d.). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa.

http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v17i1.104

Muttaqien, P. I. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus: Sdn Gunung Lipung 4 Kota Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(1), 28-38.

Muzakkir. (2020). Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Mengikuti Pendidikan Inklusi. 5(1), 24–32.

https://jurnal.usk.ac.id/suloh/article/download/20660/13727

Nilawati, E., & Suryana, D. (n.d.). Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) Dan Pengaruhnya Terhadap Social Skill Anak Usia Dini. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/download/195/177

Nofiaturrahmah, F. (2018). Problematikan Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya (Vol. 6, Issue 1). http://dx.doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744

Nordin, M. N., Shafiai, S., & Johari, S. (2021). Stimulating Self-Confidence of Special Education Students.

https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23156.07048

Nurfadillah, S., Riswanti, C., Mufliha, D., & Solatun, S. (n.d.). T S A Q O F A H Jurnal Penelitian Guru Indonesia Pendidikan Inklusi: Gangguan Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Siswa SDN Sukasari 5.https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah

Nurvitasari, S., Azizah, L. Z., & Susarno, S. (2018). Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi di Sekolah Alam Ramadhani Kediri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi.

Pasaribu, R., Radiana, U., Wicaksana, L., & Salarasati, C. D. P. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SMP NEGERI 4 JELAI HULU. Manajemen Pendidikan, 18(2), 165-176.

Pendidikan, J. I., Pembelajaran, D., Yuniari, N. M., Gusti, I., Indah, A., & Juliari, T. (n.d.). Strategi Terapis Wicara Yang Dapat Diterapkan Oleh Orang Tua Penderita Keterlambatan Berbicara (Speech Delay).

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29190

Ratri Desiningrum, D. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. https://core.ac.uk/download/pdf/76939829.pdf

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54.

https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Rizal, Y. K., Hidayat, S., & Suryana, Y. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Model Pengembangan Karakter Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci. In All rights reserved (Vol. 8, Issue 1).

e-ISSN 2716-0327 Buletin KKN Pendidikan, Vol. 6, No. 1, Juni 2024 doi: 10.23917/bkkndik.v6i1.23644

108 Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Berkomunikasi di Sekolah Inklusi (97-109)

http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Salah, B. M., Sakher, S., Darawsheh, S. R., Quraann, E. A., Zaghlool, Z. D. M., Alkhawaldeh, M. A., Asha, I. K. K., & Al Sabi, Y. N. (2023). Guidance for Autistic Children in Increasing Confidence in Socializing. Information Sciences Letters, 12(2), 807–812.

https://doi.org/10.18576/isl/120222

Sari, E. R., & Kurniaman, O. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 067 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 125.

https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7628

Satya. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).

https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6187/5167

Sulfemi, W. B., Yasita, O., Muhammadiyah Bogor, S., Wijaya, S., & Bogor, H. (n.d.). Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying.

https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.951.2020

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.

http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Syukri, M., & Lubis, A. (2019). Melacak Kesulitan Anak Saat Belajar Perspektif Psikologi. In Jurnal Pendidikan dan Keislaman (Vol. 14).

https://doi.org/10.30821/alfatih.v2i1.22

Tania, A. S. R., & Nurudin, N. (2021). Self Disclosure Komunikasi Antar Pribadi Pasangan Jarak Jauh dalam Mempertahankan Hubungan Saat Physical Distancing Era Pandemic COVID-19. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 13(1), 1-15.

Utami. (2015). Layanan Bimbingan Belajar Bagi Anak Autistik di SDN Inklusif Ngleri Playen Gunungkidul Yogyakarta.

https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/135

Wardhani, P. I., Nisa, S. K., Ratnakannyaka, I. W., Damayanti, L., & Sari, D. E. (2020). Penggunaan gawai dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak berkebutuhan khusus di SMK Negeri 8 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 156-163.

Yulika, R. (2019). Pengaruh Keceerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa.

https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.7838

Zaman, B. (2021). Membangun kepercayaan diri dalam pendidikan islam. SUHUF, 33(1), 77-94.

Zulkifli, M. (2019). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak (Studi pada Guru-guru di PAUD Kharisma dan PAUD Lestari).

http://journal.trunojoyo.ac.id/pamator

Downloads

Submitted

2025-07-08

Published

2024-06-01

Issue

Section

Articles