Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Berkomunikasi di Sekolah Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v6i1.11753Keywords:
anak berkebutuhan khusus, sekolah inklusi, rasa percaya diriAbstract
Rasa percaya diri merupakan timbulnya keyakinan dalam diri individu terhadap kemampuan yang dimilikinya. Dengan percaya diri anak akan mudah memahami dan mengenal dirinya sendiri. Kurangnya rasa percaya diri menyebabkan terhambatnya pengembangan potensi diri pada anak. Anak dengan rasa percaya diri tinggi akan mampu berkomunikasi dengan baik di lingkunganya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya-upaya guru dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam membangun komunikasi di sekolah inklusi. Jenis kualitatif desain deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik interaktif. Hasil menunjukan: 1) Upaya guru dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada anak berkebutuhan khusus (ABK) dilakukan dengan memberikan motivasi, apresiasi, pujian, menciptakan rasa aman, nyaman, mencari potensi anak, mendorong anak mengikuti lomba, ekstrakurikuler, menerapkan skill berani dan memberi hak yang sama. 2) Dalam membangun komunikasi yang baik guru melatih emosional anak, memberikan pemahaman tentang persatuan, memberikan bimbingan membaca, menulis, menciptakan komunikasi bermakna, menggunakan media gerakan tubuh, media tulisan, menjadi juru bicara dan membebaskan anak untuk berinteraksi di lingkungan sekitar. Berbagai upaya tersebut dinilai mampu meningkatkan rasa percaya diri anak dalam berkomunikasi di lingkungan sekolah. Terutama anak-anak berkebutuhan khusus yang merasa dirinya berbeda dengan anak-anak reguler.
Downloads
References
Aini, Q., & Alifia, P. (2022). Gangguan Keterlambatan Berbicara (speech delay) pada Anak Ssia 6 tahun di RA An-Nuur Subang 8 (Vol. 1).
Aisyiyah, Heny, P., Rahmawati, K., & Kudus, I. (2018). Kegiatan Pengembangan Diri Dalam Menggali Potensi Anak … 98 Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling.
Allizaputri, A. I., Arroyantri Prananjaya, B., & Suryani, P. R. (2022). Faktor Risiko Angka Kejadian Depresi dan Kecemasan Pada Caregiver Anak Dengan Disabilitas Intelektual. In JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia (Vol. 10).
Ayudia Faizzah, N., & Desvita Putri, N. P. (2023). Pola Komunikasi Guru dan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Tunas Kasih. Prosiding Seminar Nasional, 1622–1628.
e-ISSN 2716-0327 Buletin KKN Pendidikan, Vol. 6, No. 1, Juni 2024 doi: 10.23917/bkkndik.v6i1.23644
106 Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Berkomunikasi di Sekolah Inklusi (97-109)
https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.163-172
Bahri, Dasar, P., Lestari, A., Setiawan, F., Agustin, E., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Desember, 2(6), 610.
https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/arzusin
Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 572–582.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604
Busyra, N. Z., & Pulungan, W. (2018). Penerapan Konseling Direktif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Korban Bullying di SDN Kenari Jakarta.
https://journal.paramadina.ac.id/index.php/inquiry/article/download/217/pdf_13/1126
Damayanti. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik. http://repository.radenintan.ac.id/8202/1/SKRIPSI.pdf
Ekawati, F. F., Ismaryati, I., Rahayu, T. W., & Prasetyo, H. J. (2022). Peningkatan Pemahaman Tentang Aktivitas Fisik untuk Anak Cerebral Palsy pada Guru Kelas dan Orang Tua. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 43–48.
https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3838
Eko Retnosari dan Rahayu Pujiastuti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Jalan Dukuh Menanggal
XII, I., Gayungan, K., Surabaya, K., & Timur, J. (n.d.). Maksim Kuantitas dan Maksim Kualitas Dalam Tuturan Bahasa Indonesia Pada Anak Disabilitas Intelektual Quantity Maxim and Quality Maxim in Indonesian Speech of Children with Intellectual Disabilities.
https://doi.org/10.26499/rnh/v9i2.4053
Farid Haebah, A., Sa, C., & Farid Haebah Pendidikan Dasar, A. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Celebral Palsy dalam Menyelesaikan Soal Matematika di Sekolah Inklusi. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Faridatul. (2023). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak Tunarungu Melalui Keterampilan Merias di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember.
http://digilib.uinkhas.ac.id/17531/1/SITI%20FARIDATUL%20MAGHFIROHD20183026.pdf
Fauzia. (2020). Mengenali dan Menangani Speech Delay Pada Anak.
Fithriyana, R. (n.d.). Hubungan Kejadian Acne Vulgaris Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswi Kelas XI di SMAN 2 Bangkinang Kota. http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/ners
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5.
https://doi.org/10.29210/02017182
Hanifah, S., Haer2, A. B., Widuri3, S., Santoso, B., Program, M., Sarjana, S., Sosial, K., Unpad, F., Csr, P. S., Sosial, K., & Masyarakat, P. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 3).
Ifalahma, D. (2023). Faktor Perkembangan Mororik dan Perkembangan Kognitif Anak.
https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.707-714
Istiqlal. (n.d.). Gangguan Keterlambatan Berbicara Speech Delay. 2021.
https://doi.org/10.18860/preschool.v2i2.12026
Helmahera, B., Rosemary, R., & Rahmani, S. (2023). Analisis Komunikasi Interpersonal Proses Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SLB Negeri Bambi Kabupaten Pidie. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK (Vol. 3, Issue 8). www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP
Buletin KKN Pendidikan, Vol. 6, No. 1, Juni 2024 e-ISSN 2716-0327 doi: 10.23917/bkkndik.v6i1.23644 Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Berkomunikasi di Sekolah Inklusi (97-109) 107
Hw, S., & Santosa, J. (2012). Revitalisasi Sekolah Luar Biasa (SLB) Pasca Implementasi Program Pendidikan Inklusi.
Kamil, N., & Jailani, J. (2018). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing Dengan Pendekatan Saintifik. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 155-166.
Kusuma, R. S. (2017). Komunikasi antar pribadi sebagai solusi konflik pada hubungan remaja dan orang tua di SMK Batik 2 Surakarta. Warta Lpm, 20(1), 49-54.
Liza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa. Jermal, 1(2), 89–97.
https://doi.org/10.31629/jermal.v1i2.2214
Mareza, L. (2016). Pengajaran Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2).
Masni, H. (n.d.). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa.
http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v17i1.104
Muttaqien, P. I. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus: Sdn Gunung Lipung 4 Kota Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(1), 28-38.
Muzakkir. (2020). Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Mengikuti Pendidikan Inklusi. 5(1), 24–32.
https://jurnal.usk.ac.id/suloh/article/download/20660/13727
Nilawati, E., & Suryana, D. (n.d.). Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) Dan Pengaruhnya Terhadap Social Skill Anak Usia Dini. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/download/195/177
Nofiaturrahmah, F. (2018). Problematikan Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya (Vol. 6, Issue 1). http://dx.doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Nordin, M. N., Shafiai, S., & Johari, S. (2021). Stimulating Self-Confidence of Special Education Students.
https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23156.07048
Nurfadillah, S., Riswanti, C., Mufliha, D., & Solatun, S. (n.d.). T S A Q O F A H Jurnal Penelitian Guru Indonesia Pendidikan Inklusi: Gangguan Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Siswa SDN Sukasari 5.https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah
Nurvitasari, S., Azizah, L. Z., & Susarno, S. (2018). Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi di Sekolah Alam Ramadhani Kediri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi.
Pasaribu, R., Radiana, U., Wicaksana, L., & Salarasati, C. D. P. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SMP NEGERI 4 JELAI HULU. Manajemen Pendidikan, 18(2), 165-176.
Pendidikan, J. I., Pembelajaran, D., Yuniari, N. M., Gusti, I., Indah, A., & Juliari, T. (n.d.). Strategi Terapis Wicara Yang Dapat Diterapkan Oleh Orang Tua Penderita Keterlambatan Berbicara (Speech Delay).
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29190
Ratri Desiningrum, D. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. https://core.ac.uk/download/pdf/76939829.pdf
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54.
https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Rizal, Y. K., Hidayat, S., & Suryana, Y. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Model Pengembangan Karakter Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci. In All rights reserved (Vol. 8, Issue 1).
e-ISSN 2716-0327 Buletin KKN Pendidikan, Vol. 6, No. 1, Juni 2024 doi: 10.23917/bkkndik.v6i1.23644
108 Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Berkomunikasi di Sekolah Inklusi (97-109)
http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Salah, B. M., Sakher, S., Darawsheh, S. R., Quraann, E. A., Zaghlool, Z. D. M., Alkhawaldeh, M. A., Asha, I. K. K., & Al Sabi, Y. N. (2023). Guidance for Autistic Children in Increasing Confidence in Socializing. Information Sciences Letters, 12(2), 807–812.
https://doi.org/10.18576/isl/120222
Sari, E. R., & Kurniaman, O. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 067 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 125.
https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7628
Satya. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6187/5167
Sulfemi, W. B., Yasita, O., Muhammadiyah Bogor, S., Wijaya, S., & Bogor, H. (n.d.). Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying.
https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.951.2020
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.
http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Syukri, M., & Lubis, A. (2019). Melacak Kesulitan Anak Saat Belajar Perspektif Psikologi. In Jurnal Pendidikan dan Keislaman (Vol. 14).
https://doi.org/10.30821/alfatih.v2i1.22
Tania, A. S. R., & Nurudin, N. (2021). Self Disclosure Komunikasi Antar Pribadi Pasangan Jarak Jauh dalam Mempertahankan Hubungan Saat Physical Distancing Era Pandemic COVID-19. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 13(1), 1-15.
Utami. (2015). Layanan Bimbingan Belajar Bagi Anak Autistik di SDN Inklusif Ngleri Playen Gunungkidul Yogyakarta.
https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/135
Wardhani, P. I., Nisa, S. K., Ratnakannyaka, I. W., Damayanti, L., & Sari, D. E. (2020). Penggunaan gawai dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak berkebutuhan khusus di SMK Negeri 8 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 156-163.
Yulika, R. (2019). Pengaruh Keceerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa.
https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.7838
Zaman, B. (2021). Membangun kepercayaan diri dalam pendidikan islam. SUHUF, 33(1), 77-94.
Zulkifli, M. (2019). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak (Studi pada Guru-guru di PAUD Kharisma dan PAUD Lestari).






