Pendampingan Organisasi Pemuda Muhammadiyah dalam Penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga Tradisional untuk Meningkatkan Warisan Budaya dan Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v6i1.11747Keywords:
olahraga tradisional, pemuda muhammadiyah, pengembangan karaker siswa, warisan budayaAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada Organisasi Pemuda Muhammadiyah Kowangan dalam penyelenggaraan kejuaraan olahraga tradisional tingkat SMP se-Kabupaten Temanggung. Olahraga tradisional tidak hanya menjadi bagian penting dalam warisan budaya, tetapi juga merupakan sarana efektif untuk mengembangkan karakter dan keterampilan siswa SMP. Kegiatan ini mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kejuaraan olahraga tradisional. Tim pengabdian memfasilitasi Organisasi Pemuda Muhammadiyah Kowangan dalam menyusun rencana kegiatan, memilih tempat, dan menyusun aturan main yang adil. Selain itu, pendampingan dilakukan melalui workshop untuk meningkatkan keterampilan teknis dan manajerial panitia kejuaraan. Kegiatan ini menghasilkan respon yang positif dari peserta dan jajaran Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Temanggung. Secara internal, ketua PCPM menyatakan bahwa banyak manfaat yang diperoleh sepanjang kegiatan pendampingan ini. Selanjutnya, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh PCPM dalam kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan agenda-agenda kerja yang akan datang. Pendampingan yang dilakukan selama 3 bulan memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan kapasitas organisasi PCPM Kowangan. Kegiatan ini dikatakan baru yang pertama kali diikuti oleh PCPM Kowangan. Ke depan diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan agenda kerja yang belum terlaksana agar dapat dilaksanakan dengan baik melalui perencanaan yang matang dan kolaborasi dengan pihak eksternal dengan skim kerja sama sponsorship seperti yang telah dilaksanakan pada kegiatan ini.
Downloads
References
Alcaraz-Muñoz, V., Cifo Izquierdo, M. I., Gea García, G. M., Alonso Roque, J. I., & Yuste Lucas, J. L. (2020). Joy in Movement: Traditional Sporting Games and Emotional Experience in Elementary Physical Education. Frontiers in Psychology, 11, 588640. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.588640
Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59
Buletin KKN Pendidikan, Vol. 6, No. 1, Juni 2024 e-ISSN 2716-0327 doi: 10.23917/bkkndik.v6i1.23631
Pendampingan Organisasi Pemuda Muhammadiyah dalam Penyelenggaraan Kejuaraan… (76-85) 84
Farhan, B. Y. (2022). An Organization’s Success and a Three-Factor Model of Leadership: Evidence from Harvard University. Interchange, 53(2), 167–191. https://doi.org/10.1007/s10780-021-09446-0
Fatmawati, A. (2010). Pelatihan Pemanfaatan Web Bagi Pemuda Muhammadiyah Cabang Kartasura.
Gusmarani, K., & Rajiyem, R. (2022). Strategi komunikasi internal dalam perubahan organisasi di masa transisi tahun 2019-2020. Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(2), 137. https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.35518
Gustian, U., Supriatna, E., & Purnomo, E. (2019). Efektifitas modifikasi permainan tradisional dalam pengembangan physical literacy anak taman kanak-kanak. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jk.v7i1.22166
Hakim, L. (2011a). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PDAM Kota Surakarta).
Hakim, L. (2011b). Membangun Budaya organisasi unggul sebagai upaya meningkatkan kinerja karyawan di era kompetitif.
Hassan, A., Gallear, D., & Sivarajah, U. (2018). Critical factors affecting leadership: A higher education context. Transforming Government: People, Process and Policy, 12(1), 110–130. https://doi.org/10.1108/TG-12-2017-0075
Ishartono, N., Ulya, N. H. A., Sidiq, Y., Kholid, M. N., Ningtyas, Y. D. W. K., Kartini, N. H., & Oktiatama, F. B. (2023). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Mengajarkan Matematika Berbasis Model Project-Based Learning Terintegrasi Pendekatan HOTS di Sanggar Belajar Sungai Buloh Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 107–116.
Prasetio, P. A., & Praramdana, G. K. (2020). Gobak Sodor dan Bentengan Sebagai Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Penjasorkes Berbasis Karakter pada Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2858
Prastikawati, E. F., Adeoye, M. A., & Ryan, J. C. (n.d.). Fostering Effective Teaching Practices: Integrating Formative Assessment and Mentorship in Indonesian Preservice Teacher Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 6(2), 23–253.
Prayitno, H. J., Wulandari, M. D., Utami, R. D., Siswanto, H., Syaadah, H., Purnomo, E., Muhajir, M., Vitayala, N., Saputri, P. Y., & Ulayya, P. I. (2023). Penguatan Karakter Keindonesiaan Berpendekatan Pembelajaran Holistik Bagi Guru & Fasilitor Sanggar Belajar SIKL Ikaba Imaba 1 Malaysia pada Era Komunikasi Global. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 198–210.
PWM Jateng. (2024, October 1). Pemuda Muhammadiyah [Blog]. Pemuda Muhammadiyah. https://pwmjateng.com/pemudamuhammadiyah/
Soliha, E., & Maharani, R. K. (2011). Organisasi dan Lingkungannya.
Suhra, S., Djubaedi, D., & Haji Mail, A. A. B. (2020). The Contribution of Bugis’ Traditional Games in Strengthening Students’ Character Education at Madrasa. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 233–244. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i2.9753
Sulistyanto, H., Djumadi, D., Sumardjoko, B., Haq, M., Zakaria, G., Narimo, S., Astuti, D., Adhantoro, M., Setyabudi, D., Sidiq, Y., & Ishartono, N. (2023). Impact of Adaptive Educational Game Applications on Improving Student Learning: Efforts to Introduce Nusantara Culture in Indonesia. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(3), 249-261. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v5i3.23004 e-ISSN 2716-0327 Buletin KKN Pendidikan, Vol. 6, No. 1, Juni 2024 doi: 10.23917/bkkndik.v6i1.23631 85 Pendampingan Organisasi Pemuda Muhammadiyah dalam Penyelenggaraan Kejuaraan… (76-85)
Wahib, A. (2023). The Influence of Workplace Spirituality, Commitment and Organizational Culture on Teacher Productivity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 07(01).
Wardhani, P. I., Sarjono, A. A., Prahesti, F. S., Hajandi, F. A. W., Ariesta, W., Ardiansyah, J., Noviyanti, H., Nurdeni, R. A., & Listiawati, Y. (2020). Peningkatan Sistem Motorik Anak Usia Prasekolah melalui kegiatan Outbound di KB Aisyiyah Jonggrangan, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 63–69.






