Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Toleransi bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v6i1.11718Keywords:
pendidikan karakter, sekolah inklusi, siswa berkebutuhan khususAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru di sekolah dalam menanamkan karakter toleransi dalam pembelajaran kepada peserta didik di sekolah inklusi dengan adanya ABK di kelas serta untuk menguraikan dampak dari penguatan karakter toleransi setelah pengimplementasian pendidikan karakter toleransi bagi anak normal. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif induktif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru, guru pendamping kelas serta siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara kepala sekolah dan guru, observasi siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengimplementasian penanaman karakter toleransi merujuk pada kurikulum Dinas Pendidikan, Ismuba Sekolah Alam. Penerapan ini diintegrasikan baik di dalam maupun di luar pembelajaran dalam bentuk kebiasaan sehari-hari. (2) Siswa menunjukkan sikap menyayangi, menghargai, serta menghormati terhadap perbedaan yang artinya telah terjadi keberhasilan dalam implementasi penanaman pendidikan karakter toleransi yang dilakukan guru.
Downloads
References
Adiarti, W. (2014). Implementasi Pendidikan Inklusi Melalui Strategi Pengelolaan Kelas Yang Inklusi Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Ngalian, Semarang. Rekayasa, 12(1), 70–78. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v12i1.5589
Anggita Sakti, S. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia. e-ISSN 2716-0327 Buletin KKN Pendidikan, Vol. 6, No. 1, Juni 2024. doi: 10.23917/bkkndik.v6i1.23653
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Alirmansyah, A., Sholeh, M., Zulkhi, M. D. (2022). The Influence of Application of Local-wisdom-based Modules toward Peace-loving Characters of Elementary School Students. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 157–170. https://doi.org/10.23917/ijolae.v4i2.17068
Atiratul Jannah. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. PENDAS Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 88–100. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10090
Azis, F., Mukramin, S., & Risfaisal, R. (2021). Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi (Studi Sosiologi Pada Sekolah Inklusi di Kota Makassar). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 77–85. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4365
Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2018). Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Epistemologi Islam. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 57—71. https://doi.org/jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/209
Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754
Bidaya, Z., & Dari, S. M. (2020). Revolusi Mental Melalui Penguatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di Kota Mataram. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 51. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2861
BUKOTING, S. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(2), 70–82. https://doi.org/10.51878/educator.v3i2.2389
Darmin, S., Sanjaya, D. B., & Landrawan, W. (2022). Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Religus Dan Toleransi Pada Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 2 Cibal (Studi Kasus Di Sma Negeri 2 Cibal Kec. Cibal Barat Kab. Manggarai). Ganesha Civic Education Journal, 4(1), 44–54.
Dewi Purnama Sari. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Repositori IAIN Curup, 1(1), 1–24.
Fiolanisa, S., Lestari, D., Prasasti, D. A., & Santoso, G. (2023). Hubungan Pendidikan Karakter dengan Pola Perilaku Siswa di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 380–390.
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/etheses.uinsgd.ac.id/69084/1/Pendidikan_KarakterHeri%20Gunawan.pdf.pdf
HW, S., & Santoso, J. (2012). Revitalisasi Sekolah Luar Biasa (SLB) Pasca Implementasi Program Pendidikan Inklusi. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(1), 74–85.
Ikhlas, A., Asyhar, R., Karakater, P., & Learning, P. B. (2023). MODEL PROJECT BASED. 6, 3228–3237. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22554
Irawan, M. N. (2020). Strategi Teknik “Bite & Step” untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 22(1), 73. https://doi.org/10.26623/jdsb.v22i1.2342
Irawati, I., & Winario, M. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural, Pendidikan Segregasi dan Pendidikan Inklusi di Indonesia. Instructional Development Journal, 3(3), 177. https://doi.org/10.24014/idj.v3i3.11776
Juliani, A., Mustadi, A., & Lisnawati, I. (2021). “Make A Match Model” for Improving the Understanding of Concepts and Student Learning Results. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 48–56. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V3I1.10269
Khoiri robihatul musayadah, & Evi Muafiah. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Alam Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Mi Pelangi Alam Ponorogo). Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(01), 85–95. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i01.115
Lestari, A., Setiawan, F., Agustin, E., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. ARZUSIN: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Dasar, 2(6), 602–610. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i6.703
Mursyidah, A., Azzahro, A. N., Rahmah, D. A., Maziyah, E. N., Fadliyah, L. S., Sabrina, N. P., & Meitasari, R. T. (2022). Strategi Guru Dalam Menanamkan Toleransi Pada Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Unipa Surabaya, April, 1112–1118.
Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018. CV. Jakad Publishing Surabaya 2.
Nadlifah, N. (2017). Optimlisasi Kemampuan Interaksi Sosial Anak di PAUD Inklusi Ahsanu Amala Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-02
Nasution, A. S. (2022). Strategi Membangun Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama Di Indonesia. JPDSH: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i1.5370
Ni’mah, N. U., Istirohmah, A. N., Hamidaturrohmah, & Widiyono, A. (2022). Problematika Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jote, 3(3), 345–353. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4823
Nurlaila, S. B. W. dan S. (2017). Self Esteem Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(1), 30–34. https://doi.org/10.15294/intuisi.v8i1.8556
Nurvitasari, S., Azizah, L. Z., & Sunarno, S. (2018). Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi di Sekolah Alam Ramadhani Kediri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.5743
Nuswantari. (2019). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP Melalui Pembelajaran Nilai-Nilai Toleransi. Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 54–64. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n1.2019.pp54-64
Perwitasari, I., Irianto, A., & Rosidah Tur, C. (2020). Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Sosial dan Toleransi Peserta Didik di Sekolah Inklusi. Journal of Edukasi Borneo, 1(1), 1–9. https://doi.org/journalofedukasiborneo.or.id/index.php/jeb/article/view/3
Peterson, A. (2020). Character education, the individual and the political. Journal of Moral Education, 49(2), 143–157. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270
Prayitno, H., Rahmawati, F., & Pradana, F. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, http://ykgm.org/index.php/jpm/article/view/261
Rahayu, E., Iswinarti, I., Fasikhah, S. S. (2021). Increasing socio-emotional competence of children through boy-boyan traditional games with the experiential learning method. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi. https://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/12409
Rajiani, I., Prayitno, H. J., Kot, S., Ismail, N., & Iswarani, W. P. (2023). Developing Local Education Content Supplementary Textbook Innovation by Referencing to Women in Floating Market. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 136–150. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V5I2.22005
Ridwan Effendi, M., Dwi Alfauzan, Y., & Hafizh Nurinda, M. (2021). Menjaga Toleransi Melalui Pendidikan Multikulturalisme. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 43–51. https://doi.org/10.46781/almutharahah.v18i1.175
Rusmono, D. O. (2020). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Sekolah: Literature Review. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 209–217.
Senjayani, T. (2019). Penanaman sikap kerjasama dan toleransi pada siswa inklusi di kelas IV SD negeri 5 Arcawinangun Purwokerto. Skripsi IAIN Purwokerto.
Sholihul Huda. (2015). Model Toleransi Antar Agama di Balun Lamongan. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama, Vol. 1 No. https://doi.org/10.30651/ah.v1i1.959
Wahyudin. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. PrePrint Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Wardhani, P. I., Nisa, S. K., Ratnakannyaka, I. W., Damayanti, L., & Sari, D. E. (2020). Penggunaan Gawai Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SMK Negeri 8 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 156–163. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12844
Windarsih, C. A., Jumiatin, D., Efrizal, N., Sumini, N., & Utami, L. O. (2017). P2M STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 4(2), 7–11. https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2p7-11.636
Wiraagni, I. A., Gizela, B. A., Auvaq, A. B., Noormaningrum, B. R., Wiradinata, W., & Majid, N. Forensica Application as Learning Media on Forensic Medicine-Time of Death Estimation. International Journal of Medical Toxicology and Forensic Medicine, 13(2).
Yani, F., & Darmayanti, E. (2020). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membangun Sikap Toleransi pada Mahasiswa di Universitas Potensi Utama. Jurnal Lex Justitia, 2(1), 48–58.






