Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten

Authors

  • Isnaeni Umi Machromah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Alif Mahendra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Fera Rian Dianingsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nita Indriani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Diah Rosa Agustina Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Siti Fatimah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nur Zahro Madya Arifah Sani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Maria Al Khusna Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dhanny Novianto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ferry Cahyo Nugroho Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Almuntaqo Zainuddin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i2.11541

Keywords:

gerakan literasi, kemampuan membaca, perpustakaan dinding

Abstract

Gerakan literasi sekolah melalui program perpustakaan dinding dan bu-daya membaca merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kemampuan dan minat baca siswa. Program pengabdian kepada masyarakatini bertujuan untuk meningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 hingga kelas 3 dari program perpustakaan dinding. Program ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Kuncen Cawas. Pelaksanaan program dilakukan dengan pengadaan perpustakaan dinding dan kegiatan budaya membaca setiap hari. Untuk melihat hasil pelaksanaan program, dilakukanwawancara dan observasi. Dari hasil yang telah diperoleh terjadi peningkatan kemampuan membaca setelah adanya program perpustakaan dinding dan program kegiatan membaca secara signifikan,yaitu terjadi dikelas 2 A, yang awalnya 31% menjadi 68%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhadza, Abdullah (2004). Masalah Menyontek/ Cheating di Dunia Pendidikan. http://www.depdiknas.go.id/jurnal

Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. LIBRIA, 9(1), 13–26.

Astuti, Yuni; Hermining, anik; dan Suprapto. 2016. ”Persepsi Mahasiswa Terhadap Perilaku Menyontek (Studi Kasus Program Studi Manajemen S1 FEBUMB Jakarta)”. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial. Vol 5, No 3, hal 354 – 362.

Bungin, Burhan (2001). Metodologi Penelitian Sosial (Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif). Surabaya: Airlangga University Press.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten the Influence and Obstacles of School Literacy Movement Program on. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280

Hesti Purnama Sari. 2012. Upaya Peningkatan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Melalui Aktivitas Outbound Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Internasional Luqman Hakim Yogyakarta [Skripsi]. Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayah, L. (2017). Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 1(2), 48–58.

Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 810–817.

Irianto, P. O. ;, & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. The 1st Education and Language International Conference Proceedings, 640–647. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282

Riyanti. 2015. Intensi Mencontek Ditinjau Dari Theory Of Planned Behavior. Psikologi Terapan. 03 (02) : 250 – 253.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–343. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480

Downloads

Submitted

2025-07-01

Published

2020-12-01

Issue

Section

Articles