Implementasi Bimbingan Penggunaan Komputer terhadap UNBK Kelas 9 SMP Muhammadiyah 7 Eromoko, Wonogiri
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i2.11518Keywords:
berbasis komputer, implementasi, pendidikan, ujian nasionalAbstract
Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah sebuah terobosan yang dilakukan oleh Pemerinta Indonesia dalam meningkatkan mutu ujian di Indonesia. Adapun masalah yang terjadi adalah seberapa siapkah siswa dalam menghadapi ujian nasional menggunakan computer, oleh karena itu diperlukan sebuah pelatihan penyesuaian kepada siswa untuk terbiasa dengan computer sebagai persiapan UNBK. Tujuan pengabdianini adalah untuk meningkatkanpemahaman siswa dalam menggunakan komputer untuk mempersiapkan UNBK. Metode pengabdianyang digunakan adalah dengan menggunakan bimbingan secara langsung kebpada siswa. Adapaun hasil dari program pengabdian masyarakatini adalah secara tidak langsung implementasi bimbingan penggunaan komputer pada siswa kelas 9 SMP Muhammadiyah 7 Eromoko tersebut dapat membantu siswa agar lebih mahir dalam mengoperasikan komputer sebagai basis dalam UNBK. Siswa lebih mudah beradaptasi dengan alat alat komputer dan tidak merasa kebingungan dengan peralatan komputer yang disediakan.
Downloads
References
Elmasari, Y. 2017. Pengaruh Bimbingan Guru Teknik Informatika Terhadap Kesiapan Siswa Dalam Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer. JIPI. Vol. 02., No. 02., Desember 2017., Hal. 128-132.
Flick, U., Kardorff, E. V., & Steinke, I. (2004). A Companion to Qualitative Research. (SAGE Publi). London.
Negara, H. R. P., Santosa, F. H., Bahri, S. 2017. Peningkatan Kompetensi ICT Guna Simulasi UNBK Siswa MTs Nurul Ihsan Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Masyarakat Mandiri. Vol.1., No. 1., Hal 1-9.
Organization World Health. (2020). Coronavirus Disease 2019 (Covid-19): Situation Report - 21 in Indonesia. Retrieved from https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/who-situation-report2146ed3282e0f34f1d9dbda4971c5a2a9d.pdf?sfvrsn=21e7d02_2.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Santi, M., Prajana, A. 2018. Analisis Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer dengan Ujian Berbasis Kertas di SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Vol. 2., No. 2., Oktober 2018., Hal. 84-91.
Buletin KKN Pendidikan, Vol. 2, No. 2, Desember 2020 e-ISSN 2716-0327 doi: 10.23917/bkkndik.v2i2.10777 Implementasi Bimbingan Penggunaan Komputer terhadap UNBK Kelas 9 SMP…(90-94) 94
Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama. penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial, 14(1), 11-24.
Sunandar, D., Vindua, R., Nurhayati., Putri, S. R., Muiz, A. 2020. Pelatihan Sistem Komputerisasi untuk Menghadapi UNBK 2020 Pada Santri – Santri di Pondok Pesantren Al Inayah. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika. Vol. 1., No. 1., Hal. 26-32.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. “5.667 Siswa SMP/Mts Ikut Ujian Nasional di Aceh Besar.” [Online]. Available: http://humas.acehbesarkab.go.id/5-667-siswa-smpmts-ikut-ujian-nasional-diaceh-besar/. [Accessed: 04-Aug-2017].
Ula, S. M., Nawangsari, E. R. 2017. Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test, CBT) di SMP Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Dinamika Governance FISIP UPN Veteran Jatim. Vol. 7., No. 1., April 2017, Hal. 1-12.
W.O, Chendrasari., Natalia, C., Inderawati, M.M.W. 2019. Pendampingan Persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) MTsS Nurul Huda, Desa Sampora, Banten. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. Vol. 2, No. 1, Mei 2019, Hal. 155-161.






