Pengenalan Etnobotani melalui Pembuatan Herbarium Kering di Lingkungan Sekolah MI Muhammadiyah Plumbon, Wonogiri

Authors

  • Siti Hadiyati Nur Hafida Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Arga Prasetya Ariandi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Laela Ismiyatin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Diyah Ayu Wulandari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Novita Reygina Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Tri Setyaningsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Lia Setyawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Salma Lutfiani Sochiba Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Mohammad Afif Khoirul Amin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i2.11508

Keywords:

etnobotani, herbarium, lingkungan, penghijauan

Abstract

Herbarium merupakan suatu eksperimen dari bahan tumbuhan yang telah dimatikan dan diawetkan melalui metode tertentu yang dilengkapi dengandata-data dan manfaat dari tumbuhan tersebut. Ada beberapa tahapan dari pembuatan herbarium, dimulai dari pengumpulan tanaman, pengeringan, pengawetan, dan pembuatan herbarium. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Lokasi yang digunakan di MIM Plumbon,Kecamatan Eromoko. Sasaran penelitian adalah siswa MIM Plumbon. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) herbarium ini termasuk herbarium kering, (2) Tumbuhan yang digunakan dalam herbarium ini antara lain, daun pepaya, daun singkong, daunjambu biji, dandaun seledri, (3) Penyampaian manfaat tanaman obat yang telah dikeringkan unutk di sosialisasikan kepada seluruh warga MIM Plumbon. (4) Tingkat pengetahuan dan perilaku sikapilmiah tergolong rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N., Sudarmin, & Widianti, T. (2014). Efektivitas Penggunaan Herbarium dan Insektarium pada Tema Klasifikasi Makhluk Hidup sebagai Suplemen Media Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTs. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2), 494–501. https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3346

Bibi, T., Ahmad, M., Tareen, R. B., Tareen, N. M., Jabeen, R., Rehman, S.-U., … Yaseen, G. (2014). Ethnobotany of medicinal plants in district Mastung of Balochistan province-Pakistan. Journal of Ethnopharmacology, 157, 79–89.

Darma, I. D. P., Priyadi, A., & Iryadi, R. (2019). Studi Etnobotani Masyarakat di Sekitar Kawasan Hutan Bedugul Bali. BIOTROPIC The Journal of Tropical Biology, 3(2). https://doi.org/10.29080/biotropic.2019.3.2.96-104

Dikrullah, Rapi, M., & Jamilah. (2018). Pengembangan Herbarium Book sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Mata Kuliah Struktur Tumbuhan Tinggi. Jurnal Biotek, 6(1), 15–25. https://doi.org/10.24252/jb.v6i1.4426

Greve, M., Lykke, A. M., Fagg, C. W., Gereau, R. E., Lewis, G. P., Marchant, R., … Svenning, J.-C. (2016). Realising the potential of herbarium records for conservation biology. South African Journal of Botany, 105, 317–323.

Hakim., L. (2014). Etnobotani dan Manajemen KebunPekarangan Rumah: Ketahanan Pangan, Kesehatan dan Agrowisata. Retrieved from https://biologi.ub.ac.id/wp-content/uploads/2015/11/ETNOBOTANI-dan-MANAJEMENKEBUN-PEKARANGAN-RUMAH.pdf

Husain, F., Wicaksono, H., Luthfi, A., Wijaya, A., Prasetyo, K. B., & Wahidah, B. F. (2019). Berbagi Pengetahuan tentang Herbarium: Kolaborasi Dosen, Guru dan Siswa di MA Al-Asror Patemon Gunungpati. Puruhita, 1(1), 76–84. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/puruhita/article/view/28652/12533

Kusharsono, S., Pandjaitan, P. B., & Hatta, M. (2013). Etnobotani dan Tumbuhan Berguna di Cagar Alam Dungus Iwul Bogor. Nusa Sylva, 13(2), 56–65. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/236008-etnobotani-dan-tumbuhan-bergunadi-cagar-f28ef000.pdf

Mertha, I. G., Idrus, A. Al, Ilhamdi, M. L., & Zulkifli, L. (2018). Pelatihan Teknik Pembuatan Herbarium Kering dan Identifikasi Tumbuhan Berbasis Lingkungan Sekolah di SMAN 4 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 82–87.

Nisyaputri, F. F., Iskandar, J., & Partasasmita, R. (2018). Studi Etnobotani Tumbuhan Obat di Desa Wonoharjo , Kabupaten. Prosiding Masy Biodiv Indo, 4, 122–132. https://doi.org/10.13057/psnmbi/m040205

Nurfadila, Iqbal, M., & Pitopang, R. (2019). Kajian Etnobotani Pandanaceae Pada Suku Moma Di Ngata Toro, Kulawi, Sulawesi Tengah. Natural Science: Journal of Science and Technology, 8(1), 36–43. https://doi.org/10.22487/25411969.2019.v8.i1.12634

Suminar, A. R., Herlambang, Y., & Syarif, E. B. (2018). Perancangan Produk Herbarium sebagai Fitur Saung di Taman Wisata Alam Situ Patenggang. E-Proceeding of Art & Design, 5(3), 3944–3951. Retrieved from https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/146737/jurnal_eproc/perancangan-produk-herbarium-sebagai-fitur-saung-di-taman-wisata-alam-situ-patenggang.pdf

Tamin, R. P., Anggraini, R., & Ulfa, M. (2017). Penyuluhan dan Pelatihan Eksplorasi Botani Hutan dalam Upaya Konservasi Hutan. Karya Abdi Masyarakat, 1(2), 119–128. https://doi.org/10.22437/jkam.v1i2.4290

Buletin KKN Pendidikan, Vol. 2, No. 2, Desember 2020 e-ISSN 2716-0327 doi: 10.23917/bkkndik.v2i2.10776 Pengenalan Etnobotani melalui Pembuatan Herbarium Kering di Lingkungan Sekolah MI…(79-83) 83

Downloads

Submitted

2025-07-01

Published

2020-12-01

Issue

Section

Articles