Penguatan Nilai dan Karakter Nasionalisme melalui Lagu Wajib Nasional di MI Muhammadiyah Tanjungsari, Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i2.11465Keywords:
kkndik, lagu wajib nasional, nasionalismeAbstract
Lagu wajib nasional sering jugadisebutlagu perjuangankarenasetiaplirik lagunyaterdapat makna yang mengandung berbagaiperistiwa sejarahpenting bagikemerdekaan bangsaIndonesia. Lagu wajib nasional dapat dimanfaatkan dalam penanaman nilai dan karakter nasionalismekarena kandungan sejarahnya dan juga berbentuk lagu sehingga mudah untuk dihafalkan.Namun, kenyataan di lapangan banyak pendidikterutama gurukurang maksimaldalam memanfaatkan lagu wajib nasional untuk menanamkannilai dan karakter nasionalismepadasiswa. Tim KKNDik FKIP UMS ingin memanfaatkan lagu wajibnasional dengan cara yang efektif dan kreatif guna meningkatkan Nilai dan Karakter Nasionalisme. Jenis pengabdian ini menggunakan pendekatan partisipatori. Tim melakukan analisis situasi di lapangan yang dilanjutkan dengan penerapan tindakan. Hasil pengabdianinimenunjukkan bahwa dengan meman-faatkan lagu nasional dengan cara yang efektif dan kreatif akan meningkatkan nilai dan karakter nasionalisme Siswa MIM Tanjungsari Boyolali
Downloads
References
Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan karakter berbasis nilai dan etika di sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hartini, H., & Yunianto, T. H. E. (2017). Peran Lagu Wajib Nasional “Bagimu Negeri” dalam Implementasi Pembelajaran Karakter Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).
Muliati, B. & Sari, R. (2018). Menanamkan Karakter Bangsa melalui Lagu-lagu Patriotik bagi Peserta Didik Tingkat Pendidikan Dasar. http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/AlHikmah/article/viewFile/61/58
Printina, B. I. (2017). Strategi Pembelajaran Sejarah Berbasis Lagu-lagu Perjuangan dalam Konteks Kesadaran Nasionalisme. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 7(01).
Setyawati, Rukni. (2013). Bahasa Indonesia sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3483/15_Bahasa%20Indonesia%20Sebagai%20%20Jati%20Diri%20Bangsa%20Indonesia.pdf;sequence=1
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.






