Penguatan Nilai dan Karakter Nasionalisme melalui Lagu Wajib Nasional di MI Muhammadiyah Tanjungsari, Boyolali

Authors

  • Koesoemo Ratih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Djoko Srijono Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Gilang Yudha Laksono Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Friska Fitriyani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Alfi Uswatun Hasanah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Kun Farida Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Meylani Eko Pramesti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nina Putri Styaningsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Siti Mubarokatut Darojati Isp Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Winda Mirwanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ayuana Kartika Dewi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Bacharuddin Jusup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i2.11465

Keywords:

kkndik, lagu wajib nasional, nasionalisme

Abstract

Lagu wajib nasional sering jugadisebutlagu perjuangankarenasetiaplirik lagunyaterdapat makna yang mengandung berbagaiperistiwa sejarahpenting bagikemerdekaan bangsaIndonesia. Lagu wajib nasional dapat dimanfaatkan dalam penanaman nilai dan karakter nasionalismekarena kandungan sejarahnya dan juga berbentuk lagu sehingga mudah untuk dihafalkan.Namun, kenyataan di lapangan banyak pendidikterutama gurukurang maksimaldalam memanfaatkan lagu wajib nasional untuk menanamkannilai dan karakter nasionalismepadasiswa. Tim KKNDik FKIP UMS ingin memanfaatkan lagu wajibnasional dengan cara yang efektif dan kreatif guna meningkatkan Nilai dan Karakter Nasionalisme. Jenis pengabdian ini menggunakan pendekatan partisipatori. Tim melakukan analisis situasi di lapangan yang dilanjutkan dengan penerapan tindakan. Hasil pengabdianinimenunjukkan bahwa dengan meman-faatkan lagu nasional dengan cara yang efektif dan kreatif akan meningkatkan nilai dan karakter nasionalisme Siswa MIM Tanjungsari Boyolali

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan karakter berbasis nilai dan etika di sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartini, H., & Yunianto, T. H. E. (2017). Peran Lagu Wajib Nasional “Bagimu Negeri” dalam Implementasi Pembelajaran Karakter Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).

Muliati, B. & Sari, R. (2018). Menanamkan Karakter Bangsa melalui Lagu-lagu Patriotik bagi Peserta Didik Tingkat Pendidikan Dasar. http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/AlHikmah/article/viewFile/61/58

Printina, B. I. (2017). Strategi Pembelajaran Sejarah Berbasis Lagu-lagu Perjuangan dalam Konteks Kesadaran Nasionalisme. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 7(01).

Setyawati, Rukni. (2013). Bahasa Indonesia sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3483/15_Bahasa%20Indonesia%20Sebagai%20%20Jati%20Diri%20Bangsa%20Indonesia.pdf;sequence=1

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Submitted

2025-06-30

Published

2020-12-01

Issue

Section

Articles