Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan Melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Boyolali

Authors

  • Abdillah Nugroho Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ayu Fatonah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dwi Putra Enggar Wijaya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rinanda Prakarsa Putri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhammad Nurul Fikri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Oki Setiawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Lastika Yuly Kurniawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Juwari Septi Astuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Febi Tria Primandika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sischa Aprilya Chyntia Budiarti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i2.11460

Keywords:

kepedulian, lingkungan, penghijauan

Abstract

Kondisi lingkungan yang setiap tahunnya semakin memprihatinkan. Manusia semakin tidak peduli dengan lingkungan, sehingga kerusakan lingkungan terjadi dimana-mana. Banyaknya kerusakan lingkungan akibat dari ulah manusia diantaranya pembalakan hutan secara liar dan pembuangan sampah. Kepedulian terhadap lingkungan harus ditanamkan sejak dini agar kesadaran akan menjaga lingkungan sekitar tertanam sehingga kerusakan lingkungan dapat terkurangi. Tujuan dalam melaksanakan pengabdian ini yaitu menumbuhkan kepedulian siswa terhadap lingkungan melalui kegiatan penghijauan di MIM Pakang, Andong. Metode pelaksanaan pengabdian ini yaitu dengan pendidikan masyarakat melalui kegiatan penyuluhan warga sekolah terutama kepada siswa. Upaya dalam menumbuhkan kepedulian siswa terhadap lingkungan di MIM Pakang, Andong yaitu melalui kegiatan penghijauan. Kegiatan penghijauan yang dilakukan yaitu berupa menanam pohon cemara dan pembuatan taman dengan menggunakan barang bekas sebagai pot. Kepedulian siswa terhadap lingkungan baik ditunjukkan dengan siswa mengikuti semua kegiatan yang diarahkan oleh mahasiswa KKN-DIK dengan antusias yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisona, R. D. (2018). Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Al Ulya, 3(I), 39–51.

Asy-Syaamil. (2019). Membangun Sekolah Hijau (Green School). Indonesia. (http://asy-syaamil.com/membangun-sekolah-hijau-green-school/)

Harahap, R. D. (2016). Pengaruh Sampah Rumah Tangga Terhadap Pelestarian LINGKUNGAN Ditinjau Dari Aspek Biologi Di Komplek Perumahan Graha Pertiwi Kel. Urung Kompas Kec. Rantau Selatan Effect Of Household Waste Viewed From The Aspect Environmental Conservation Biology In Housing Complex Graha Pertiwi Kel. Undo Kompas Kec. South Rantau. Cahaya Pendidikan, 2(1).

Idrus, A., & Novia, Y. (2018). Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 203–219.

Junaidi, Luni M. (2018). Menumbuhkan Semangat Belajar Melalui Penghijauan Lingkungan Sekolah. Indonesia. (http://www.tzuchi.or.id/read-misi/menumbuhkan-semangat-belajar-melalui-penghijauanlingkungan-sekolah/7322).

Kurniati, E., Mirawati, M., Rudiyanto, R., Fitriani, A. D., Rengganis, I., & Justicia, R. (2019). Implementasi Program Anak Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Memilah Sampah. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–6.

Kusmaeni, Eni. (2015). Penghijauan Sekolah dan Lingkungan Sekitar Kita. Indonesia: Kompasiana. (https://www.kompasiana.com/enikusmaenibagaskoro/54f9279da3331150278b45bc/penghijauan-sekolah-dan-lingkungan-sekitar-kita)

Mardiani, W. (2017). Pelaksanaan Kegiatan Penghijauan untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Di Sdn 112 Pekanbaru. Suara Guru, 3(2), 289–298.

Mertha, I. G., Al Idrus, A., Ilhamdi, M. L., & Zulkifli, L. (2018). Pelatihan Teknik Pembuatan Herbarium Kering dan Identifikasi Tumbuhan Berbasis Lingkungan Sekolah di Sman 4 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266.

Paisa, Neng Wili. (2015). Penghijauan Sekolah dan Lingkungan. Indonesia: Kompasiana. (https://www.kompasiana.com/nengwili/5555aec56523bd292ba4a68e/penting-nya-penghijauan-di-lingkungan-sekolah)

Purwiastuti. (2019). Adiwiyata dan Program Penghijauan Sekolah. Indonesia. (https://www.indonesiana.id/read/38341/adiwiyata-dan-programpenghijauan-sekolah)

Setiawan, Parta. (2019). Reboisasi: Pengertian, Fungsi, 20 Manfaat Reboisasi dan Penghijauan. (https://www.gurupendidikan.co.id/reboisasi/)

Downloads

Submitted

2025-06-30

Published

2020-12-01

Issue

Section

Articles