Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i2.11448Keywords:
minat baca, perpustakaan, revitalisasiAbstract
Era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, anak-anak cenderung lebih suka bermain-main dengan telepon pintar ketimbang membaca buku, padahal buku merupakan jendela dunia. Dimana melalui buku, kita dapat mengetahui banyak informasi di dunia luar. Memang tak dapat dipungkiri sekolah pun saat ini menggunakan telepon pintar dalam pembelajaran, namun peranan buku tentu tak dapat dilupakan begitu saja. Anak-anak saat ini menjadi asing dengan buku karena adanya hal tersebut. Penulis ingin menghidupkan kembali budaya literasi melalui revitalisasi perpustakaan. Revitalisasi perpustakaan dilakukan di MI Muhammadiyah Jambangan.Revitalisasi ini menggunakan metode difusi ipteks. Difusi ipteks yang dimaksud ialah membangun kembali perpustakaan MI Muhammadiyah Jambangan yang telah lama tidak aktif agar dapat memberikan manfaat bagi peserta didik khususnya dan warga sekolah pada umumnya.Perpustakaan MI Muhammadiyah Jambangan didukung dengan buku penunjang seperti buku pelajaran, cerita atau buku lainnya yang berhubungan dengan pendidikan. Dengan adanya sarana dan prasarana tersebut, kegiatan membaca di perpustakaan menjadi lebih menyenangkan. Peserta didik sangat antusias dengan adanya perpustakaan ini. Setiap hari selalu ada peserta didik yang berkunjung ke perpustakaan untuk sekedar membaca buku. Hal ini tentu dapat mempengaruhi peningkatan minat baca peserta didik di MI Muhammadiyah Jambangan. Peningkatan minat baca diperlukan agar peserta didik mampu menyerap pengetahuan sebanyak-banyaknya sehingga mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional
Downloads
References
Anawati, S. (2016). Peran Perpustakaan dalam Membangun Citra Perpustakaan di Era Teknologi Informasi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 2(1), 154–162.
Aulawi, M. B. (2012). Optimalisasi Layanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Pustakaloka, 4(1), 117–127.
Imron, M. A., & Kuntarto, E. (2019). Revitalisasi Perpustakaan Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Repository UNJA, 1–9.
Irianto, Putri Oviolanda dan Lifia Yola Febrianti. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula.
Istiana, P. (2016). Gaya belajar dan perilaku digital native terhadap teknologi digital dan perpustakaan. In Prosiding Seminar Nasional: SLiMS Commeet West Java 2016 “Senayan Library Management System Community Meet Up West Java (pp. 343–350). Bandung: Unpad Press. Retrieved from https://repository.ugm.ac.id/139214/1/Proceeding Seminar SLiMS Commeet West Java 2016 1.pdf
Kasiyun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa. JURNAL PENA INDONESIA (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 79–95.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi pendukung literasi budaya dan kewargaan: Gerakan literasi nasional. Retrieved November 10, 2018, from http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wpcontent/uploads/2017/10/literasiBUDAYA-DANKEWARGAAN.pdf
Kirsch, Irwin S. & Ann Jungeblut dalam buku Literacy: Profile of America’s Young Adult (TT). This report. No. 16-PL-02. can be ordered from the National Assessment of Educational Progress at Educational Testing Scrvicc. Rosedale Road. Princeton, New Jersey 08541.
Muliyadi, I. (2013). Revitalisasi Peran Stake Holders Perpustakaan sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Bangsa dalam Rangka Membangun Kerjasama Perpustakaan di Kawasan Asia Tenggara. Khizanah Al-Hikmah, 1(1), 71–76.
Pratiwi, Anggi dan Eflinnida Nurul Komaril Asyarotin. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Vol. 7, No. 1, Juni 2019: 65-80.
Prayitno, Harun Joko, dkk. (2018). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik) Edisi IV Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Ramadhan, I. A., Kurnianingsih, I., & Purnamawati, F. (2018). Upaya Revitalisasi Layanan Perpustakaan Sekolah melalui Evaluasi Layanan Perpustakaan Sekolah / Madrasah dan Koleksi Kitab Islam di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah dengan Metode Libqual+TM. Bibliotech: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 37–56.
Republika.co.id. Senin, 11 Nopember 2019.
Rohmadi, Muhammad, dan Yakub Nasucha. (2017). Dasar-dasar Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Surakarta: Yuma Pressindo.
Zainuddin, A. (2018). Revitalisasi Perpustakaan; (Upaya Menjadikan Perpustakaan sebagai Sumber Pembelajaran di IAIN Sultan Amai Gorontalo). Madani, 1(1), 68–82.






