Penguatan Generasi Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter bagi Siswa, Guru, dan Tendik MIM Janti Klaten
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i2.11439Keywords:
berkarakter, cerdas, kreatifAbstract
Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas sangat dibutuhkan dalam mempersiapkan Generasi Emas 2045. Di mana Generasi Emas 2045 merupakan generasi yang ditunggu bangsa Indonesia. SDM berkualitas dapat diwujudkan melalui dunia pendidikan untuk berupaya mewujudkan generasi cerdas, kreatif, dan berkarakter. Cerdas dan kreati saja tidaklah cukup untuk mewujudkan generasi emas yang berkualitas, diperlukan jugaadanya pendidikan karakter. Oleh karena itu, dalam kegiatan KKN-Dik mengacu pada pengupayaan generasi cerdas, kreatif, dan berkarakter melalui program kerja kami. Diharapkan dengan adanya program kerja KKN-Dik dapat membantu sekolah dalam inovasi pembelajaran untuk mempersiapkan Generasi Emas 2045 yang lebih baik.
Downloads
References
Battelle for Kids. (2019). Frameworks & Resources. http://www.battelleforkids.org/networks/p21/frameworks-resources
Budiarti, Yesi. 2015. Pengembangan Kemampuan Kreativitas dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol. 3, No. 1, hal. 61-72 (ISSN: 2242-9949)
Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Widya Aksara Press.
Effendy, Muhadjir. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. (diakses online melalui: https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional, diakses pada: 5 Maret 2020 pukul 18.25)
Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional [Strengthening Character Education Becomes an Entry Point for Improving National Education]. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional
Manullang, Belferik. 2013. Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, No. 1, hal. 1-14.
Prayitno. 2010. Potensi Pembelajaran Kooperatif dalam Memberdayakan Prestasi Belajar Siswa. (diakses online melalui: http://baskoro1.blogspot.com pada 3 Maret 2020 pukul 19.30)
Rianto, Hadi. 2015. Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Membangun Generasi Cerdas Berkarakter. Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. 2, No. 1, hal. 14-21.
Rosita, Lita Rara. (2018). Perancangan Sistem Laporan Akuntansi Laporan Keuangan Standar PSAK 45-s. Accounting Information System and Information Technology Business Enterprise, Vol. 03, No. 01, hal. 262-274 (P-ISSN: 2252-9853, diakses online melalui https://search.unikom.ac.id/index.php/aisthebest/article/view/1817/1209 pada 3 Maret 2020 pukul 19.20).
Soedarsono, Soemarmo. 2009. Karakter Mengantar Bangsa dari Gelap Menuju Terang. Jakarta: Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.






