Penguatan Generasi Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter bagi Siswa, Guru, dan Tendik MIM Janti Klaten

Authors

  • Ahmad Muhibbin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Wibowo Heru Parsetiyo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ridwan Cahya Saputra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Wiwin Novita Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yuliana Indah Fatmawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Risang Galih Pramudika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Annisa Laylatun Nashiroh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Hariyanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nonik Wulan Sawitri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Aulia Indah Saputri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Farizki Yunarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Husna Imro’atush Sholihah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Blora
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v2i2.11439

Keywords:

berkarakter, cerdas, kreatif

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas sangat dibutuhkan dalam mempersiapkan Generasi Emas 2045. Di mana Generasi Emas 2045 merupakan generasi yang ditunggu bangsa Indonesia. SDM berkualitas dapat diwujudkan melalui dunia pendidikan untuk berupaya mewujudkan generasi cerdas, kreatif, dan berkarakter. Cerdas dan kreati saja tidaklah cukup untuk mewujudkan generasi emas yang berkualitas, diperlukan jugaadanya pendidikan karakter. Oleh karena itu, dalam kegiatan KKN-Dik mengacu pada pengupayaan generasi cerdas, kreatif, dan berkarakter melalui program kerja kami. Diharapkan dengan adanya program kerja KKN-Dik dapat membantu sekolah dalam inovasi pembelajaran untuk mempersiapkan Generasi Emas 2045 yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Battelle for Kids. (2019). Frameworks & Resources. http://www.battelleforkids.org/networks/p21/frameworks-resources

Budiarti, Yesi. 2015. Pengembangan Kemampuan Kreativitas dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol. 3, No. 1, hal. 61-72 (ISSN: 2242-9949)

Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Widya Aksara Press.

Effendy, Muhadjir. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. (diakses online melalui: https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional, diakses pada: 5 Maret 2020 pukul 18.25)

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional [Strengthening Character Education Becomes an Entry Point for Improving National Education]. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional

Manullang, Belferik. 2013. Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, No. 1, hal. 1-14.

Prayitno. 2010. Potensi Pembelajaran Kooperatif dalam Memberdayakan Prestasi Belajar Siswa. (diakses online melalui: http://baskoro1.blogspot.com pada 3 Maret 2020 pukul 19.30)

Rianto, Hadi. 2015. Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Membangun Generasi Cerdas Berkarakter. Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. 2, No. 1, hal. 14-21.

Rosita, Lita Rara. (2018). Perancangan Sistem Laporan Akuntansi Laporan Keuangan Standar PSAK 45-s. Accounting Information System and Information Technology Business Enterprise, Vol. 03, No. 01, hal. 262-274 (P-ISSN: 2252-9853, diakses online melalui https://search.unikom.ac.id/index.php/aisthebest/article/view/1817/1209 pada 3 Maret 2020 pukul 19.20).

Soedarsono, Soemarmo. 2009. Karakter Mengantar Bangsa dari Gelap Menuju Terang. Jakarta: Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.

Downloads

Submitted

2025-06-30

Published

2020-12-01

Issue

Section

Articles