Pendampingan Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Menuju Sekolah Muhammadiyah Unggul
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.v5i3.8867Keywords:
Peningkatan Profesionalisme, Guru PAI, Sekolah MuhammadiyahAbstract
Pengabdian pada masyarakat dilatar belakangi oleh guru PAI tingkat SMP/SMA Muhammadiyah sederajat yang belum sepenuhnya memiliki kemampuan profesionalitas untuk meningkatkan pembelajaran menggunakan metode active learning pada mata pelajaran PAI dan tahfiz. Tujuan pengabdian masyarakat ini, diharapkan mampu (1) meningkatkan kompetensi guru PAI dalam hal penguasaan materi, metode pengajaran, dan strategi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa; (2) Mendorong kreativitas dan inovasi untuk menciptakan inovasi dalam proses pembelajaran, sehingga mampu mengembangkan metode yang kreatif dan efekti di sekolah Muhammadiyah. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan: (1) Ceramah; (2) Brainstorming; (3) Diskusi;(4) Tanya Jawab. Peserta pendampingan pelatihan ini adalah guru guru SMP/SMA Muhammadiyah berjumlah 40 guru. Tempat pendamingan dan pelatihan di Gedung Balai Muhammadiyah. Tindak lanjut pendampingan dan pelatihan sebagaimana guru ditugaskan untuk menyusun materi ajar kemudian disesuaikan dengan penggunaan metode active learning.
Downloads
References
Anuli, Y. (2018). Penerapan Supervisi Klinis Oleh Pengawas Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1).
Emawati, E. (2018). Penguatan kapasitas guru madrasah melalui program pelatihan pengembangan strategi active learning di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hikam NW Banyu Urip Praya Barat. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 91–100. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.579
Manah. (2024). Penggembangan Metode Pembelajaran PAI Inovatif. 2(3), 409–416.
Prayitno, B. A. … Dwiastuti, S. (2023). Transformasi metode pembelajaran melalui pendampingan Active Learning bagi guru MTsN 3 Magetan. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 206–215. https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.23911
Soe’oed, R., Hanim, Z., Sanda, Y., & Yau, L. (2022). Pendampingan Peningkatan Mutu Pengajaran Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Samarinda. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 355–367. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1998
Tahun, U.-U. R. I. N. 14, & 2005. (2005). Undang-undang Guru dan Dosen. Jakarta.
Wachidi, Muh Nur Rochim Maksum, Hafodz, Triono Ali Mustofa, Mutohharun Jinan, Alfian Achmad Choiron, Istanto, Z. A. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Muhammadiyah Surakarta Melalui Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas. Abdi Psikonomi, 5(1), 10–18.
Wildan, W. (2019). Peningkatan kompetensi profesional guru melalui metode pendampingan. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 35–43. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.1024
Sahnan, A., Siswadi, S., & Setiani, R. E. (2022). Peningkatan Capacity Building Guru Madrasah Ibtidaiyah MaArif Kabupaten Purbalingga Berbasis Active Learning. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 256-267.
Verlin, S., & Mahas, N. H. (2024). Pendampingan Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia Melalui Pelatihan Moetode Pembelajaran Aktif di MTS As’adiyah Putri Pusat Sengkang. Anregurutta: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 44-55.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Latifatul Inayati, Triono Ali Mustofa, Annas Fajar Rohmani , Fadhilla Nangroe Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






