Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Mengembangkan Efikasi Diri Asisten Mata Kuliah Praktikum
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.v5i2.6092Keywords:
efikasi diri, komunikasi efektif dan pelatihanAbstract
Aktivitas belajar mengajar dan kemampuan komunikasi mempunyai korelasi yang sangat tinggi. Komunikasi merupakan penyampaian informasi dari pengirim kepada penerima guna mengubah dan membentuk sikap komunikasi (pikiran, pola, dan perilaku). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas pelatihan komunikasi efektif terhadap peningkatan efikasi diri pada asisten mata kuliah praktikum Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain eksperimen pre test dan post test. Subjek dalam penelitian ini adalah asisten mata kuliah praktikum yang berjumlah 23 peserta di kelompok eksperimen dan 23 peserta di kelompok kontrol, pada penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling. Skala Efikasi Diri Umum (GSES) disusun oleh Schwarzer dan Jerusalem (1995) digunakan untuk mengukur efikasi diri. Pada uji statistik diketahui bahwa nilai Z = -1.673 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,94 yang kemudian dibagi 2 menajdi 0,47 > 0,05 dan syarat signifikan apabila perolehan hasil < 0,05. Karena tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan komunikasi efektif tidak berpengaruh terhadap peningkatan efikasi diri asisten MKP. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu pelatihan komunikasi efektif tidak berpengaruh terhadap peningkatan efikasi diri asisten MKP
Kata Kunci : efikasi diri, komunikasi efektif dan pelatihan
Downloads
References
Astuti, B., & Pratama, A. I. (2020). Hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 147-155.
Azhar, M. A., Suhendri, S., & Farikha, F. (2022). Hubungan efikasi diri terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas vii smp negeri 01 ketanggungan kabupaten brebes. G-
Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 276-285.
Bhatnagar, N. (Ed.). (2011). Effective communication and soft skills. Pearson Education India.
Kurniyawati, R. (2012). Hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Lar, M. A. A., Weda, S., & Maca, S. (2023). The influence of self-efficacy on students’ interpersonal communication in higher education. Bosowa Journal of Education, 3(2), 88-94.
Lystia, M. L., Valezka, C., Andini, T. H., & Kesumaningsari, N. P. A. (2023). Pelatihan Komunikasi Efektif Guna Efikasi Diri Dalam Berkomunikasi Pada
Mahasiswa. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 4(2), 372-377.
Maddux, J. E., & Meier, L. J. (1995). Self-efficacy and depression. In Self-efficacy, adaptation, and adjustment: Theory, research, and application (pp. 143-169). Boston, MA: Springer US.
Reddy, B. V., & Gupta, A. (2020). Importance of effective communication during COVID-19 infodemic. Journal of family medicine and primary care, 9(8), 3793-3796.
Simamora, R. H. (2020). Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Efikasi diri Perawat dalam Pelaksanaan Identifikasi Pasien. Jurnal Kesehatan Masyarakat
Ilmiah: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(1), 49-54.
Suprapto, H. A. (2018). Pengaruh komunikasi efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Khazanah Pendidikan, 11(1).
Wisman, Y. (2017). Komunikasi efektif dalam dunia pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2). Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi diri dalam proses pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 386-391.
Zuwirna, Z. (2018). Komunikasi yang efektif. E-Tech, 6(1), 39103
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shafrina Difah Rizqi, Dr. Lisnawati Ruhaena, S.Psi, M.Si

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






