Pemasaran Sale Pisang secara Online sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Gempa 2018 di Desa Dangiang, Kabupaten Lombok Utara

Authors

  • Sinta Nur Azizah Sinta Dr. Ambarwati, M.Si
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v3i1.418

Keywords:

pemulihan ekonomi pasca gempa, sale pisang, Desa Dangiang, strategi pemasaran online

Abstract

Peristiwa bencana alam gempa bumi di Lombok pada tahun 2018 masih menyisakan duka dan mengakibatkan masyarakat kehilangan pekerjaan. Gempa bumi yang terjadi menyebabkan kerugian, baik secara materil maupun non-materil. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya pemulihan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memulihkan aktivitas ekonomi dengan cara mengembangkan inovasi dari potensi lokal masyarakat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Dangiang melalui pemasaran berbasis online. Hal tersebut berkaca pada kondisi saat ini yaitu pada masa pandemi covid-19. Maka dari itu, peneliti bermaksud untuk membantu memperbaiki metode pemasarannya agar bisa ditularkan ke anggota kelompoknya. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan melakukan observasi, ceramah, dan pendampingan pemasaran produk sale pisang secara online kepada kelompok wanita tani yang ada di Desa Dangiang. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa dari 9 orang pedagang di KWT dusun tersebut, ada 11% telah berhasil memasarkan produk salenya lewat media online. Media tersebut meliputi : instagram, facebook, dan whattsapp. Selain itu masyarakat Desa Dangiang memperoleh keterampilan lain yaitu memotret sale pisang yang menarik dan mampu menjadi alternatif upaya peningkatan ekonomi di masa pandemi. Selain itu, dalam kegiatan ini masyarakat juga diajari melakukan strategi pemasaran secara online yang bertujuan untuk memasarkan produk sale pisang agar dikenali masyarakat luas serta menjadi alternatif dimasa pandemi covid-19. Teknologi yang digunakan yaitu google location, serta media sosial yaitu instagram yang mana bisa terhubung dengan whatsapp.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2021-11-29

Published

2022-06-30

How to Cite

Sinta, S. N. A. (2022). Pemasaran Sale Pisang secara Online sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Gempa 2018 di Desa Dangiang, Kabupaten Lombok Utara. Abdi Psikonomi, 3(1), 45–51. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v3i1.418

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.