Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Siswa menggunakan Metode Team Quiz pada Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.23917/sosial.v3i1.542Keywords:
team quizz, keaktifan, hasil belajarAbstract
Permasalahan pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS memiliki beberapa masalah seperti rendahnya keaktifan siswa yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode team quiz dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS pada kelas 2 G-H Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model model Kemmis dan McTaggart. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru dan siswa dan CBT soal pilhan ganda. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yang diuraikan secara deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode team quizz mampu: (1) Meningkatkan keaktifan siswa. Terlihat pada hasil siklus I kelas 2G skor keaktifan siswa 46,4 (cukup) meningkat menjadi 62,24 (baik) pada siklus II. Pada kelas 2H nilai keaktifan siswa 51,2 (cukup) meningkat menjadi 61,91 (baik) pada siklus II. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa. Terlihat pada hasil evaluasi nilai rata-rata kelas 2G pada siklus I yaitu 62,14 (sedang) dengan persentase ketuntasan 50% (rendah) meningkat pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 79,52 (tinggi) dengan persentase ketuntasan 90% (sangat tinggi). Kemudian pada kelas 2H siklus I nilai rata-rata 59,69 (sedang) dengan persentase ketuntasan 45,4% (rendah) meningkat pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 76,4 (tinggi) dengan persentase ketuntasan 80% (tinggi).
Downloads
References
Aryanto, O., Aenia, S.R. and Fatmawaty, W. (2021) ‘Implementasi Proses Pembelajaran Daring di SDN 3 Klangenan’, p. 8.
Dewi, W.A.F. (2020) ‘Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar’, 2(1), p. 7.
Dirjenpendis Kemenag. (2020). http://itjen.kemenag.go.id. [Diakses pada tanggal 18 Januari 2021].
Fajrin, N.D. et al. (2021) ‘Kendala dan Solusi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Se-Pulau Madura’, 6, p. 16.
Ginting.(2020). Perubahan Perilaku sebagai Respon terhadap Wabah COVID-19. Tulisan Edukasi HIMPSI di Masa Pandemi COVID-19. Seri 14. https://Covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/perubahan-perilaku-sebagai-respon-terhadapwabah-Covid-19 [Diakses pada tanggal 25 Juni 2020].
He, W., Xu, G. and Kruck, S.E. (2014) ‘Online IS Education for the 21st Century’, 25, p. 6.
Hermanto, B. and Winaryati, E. (2018) ‘Penerapan Model Discovery Learning Dengan Variasi Team Quiz Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Struktur Atom’, p. 13.
Jamadi, J. (2021) ‘Problematika Pembelajaran Daring Dan Solusinya Studi Kasus DI SMKN 4 YOGYAKARTA’, ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), pp. 78–88. doi:10.51878/academia.v1i1.484.
Kemendikbud, (2020). http://kemendikbud.go.id. [Diakses pada tanggal 18 Januari 2021].
Marcella, A., Wulanata, I.A. and Listiani, T. (2018) ‘Penerapan Team Quiz Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Antar Siswa Kelas Viii-B Pada Mata Pelajaran Matematika [The Implementation Of A Team Quiz To Improve Cooperation Skills Among Grade 8b Students In MathematicS]’, JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), p. 124. doi:10.19166/johme.v1i2.799.
Moore, J.L., Dickson-Deane, C. and Galyen, K. (2011) ‘e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?’, The Internet and Higher Education, 14(2), pp. 129–135. doi:10.1016/j.iheduc.2010.10.001.
Pangondian, R.A., Santosa, P.I. and Nugroho, E. (2019) ‘Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0’, p. 5.
Pemda DIY. (2020). http://corona.jogjaprov.go.id. [Diakses pada tanggal 18 Januari 2021].
Pratiwi, W. and Yamtinah, S. (2016) ‘Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Di Kelas Xi Ipa 2 Sma Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015’, 5(1), P. 9.
Prawanti, L.T. and Sumarni, W. (no date) ‘Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19’, p. 6.
Putri, D.P. (2020) ‘Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn’, Journal of Education Action Research, 4(4), p. 452. doi:10.23887/jear.v4i4.28640.
Putria, H., Maula, L.H. and Uswatun, D.A. (2020) ‘Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4(4), pp. 861–870. doi:10.31004/basicedu.v4i4.460.
Ridha, M.R. et al. (2019) Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Metode Team Quiz (Sebuah Metode Pembelajaran Sejarah Di Era Milenial). preprint. INA-Rxiv. doi:10.31227/osf.io/r3u6t.
Rodiah (2018).Peningkatan Pemahaman Siswa MenggunakanMetode Team Quiz Pada Pembelajaran Tematik Tema 2 Perkembangan Teknologi Di Kelas Iii Mi Roudlotul Ulum Mojokerto. Rogram Studi Pgmi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Sri Parnayathi, I.G.A. (2020) ‘Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA’, Journal of Education Action Research, 4(4), p. 473. doi:10.23887/jear.v4i4.28642.
Srijayanti, N.P.S., Meter, I.G. and Darsana, I.W. (2014) ‘Model Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Media Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V’, 2(1), p. 10.
Suprapmanto, J. (2021) ‘Analisis Permasalahan Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid 19 dan Solusinya’, 3(2), p. 5.
Susilo, A. et al. (2020) ‘Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini’, Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), p. 45. doi:10.7454/jpdi.v7i1.415.
Syah, R.H. (2020) ‘Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran’, SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). doi:10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Taqwim, A. (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fikih Siswa’, p. 16.
Wahyuningsih, K.S. (2021) ‘Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Dharma Praja Denpasar’, Pangkaja: Jurnal Agama Hindu, 24(1), p. 107. doi:10.25078/pkj.v24i1.2185.
Wulandari, Y. and Wahyuni, A. (2016) ‘Efektifitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana’, p. 5.
Zhang, H. and Shaw, R. (2020) ‘Identifying Research Trends and Gaps in the Context of COVID-19’, International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(10), p. 3370. doi:10.3390/ijerph17103370.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Deden Mutakin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.