REAKTUALISASI PENDIDIKAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN (AIK) SEBAGAI PENGUAT PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Abdul Kholid Achmad Universitas Muhammadiyah Gresik
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/profetika.v21i2.13078

Keywords:

Reaktualisasi, Al Islam dan Kemuhammdiyaahan, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan Muhammadiyah merupakan pendidikan Islam modern yang mengintegrasikan agama dengan kehidupan untuk melahirkan generasi muslim terpelajar, berkarakter, memiliki kekuatan iman dan kepribadian manusia yang dapat menjawab tantang zaman. Sejalan dengan nafas perjuangan gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan pembaharuan tulisan bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang reaktualisasi pendidikan al islam dan kemuhammadiyahan (AIK) sebagai penguat pendidikan karakter yang diterapkan di Universitas Muhammadiyah Gresik. Temuan penelitian ini adalah (1) penguatan pendidikan karakter dapat optimal dengan dukungan kebijakan yang dapat memberikan atmosfir positif terhadap civitas akademika khususnya pelaksana kebijakan, (2) kurikulum AIK membuat pemetaan profil lulusan dan learning outcomes agar dapat diketahui secara efektif keberhasilannya serta dilakukan evaluasi hasil (output) dan evaluasi luaran (outcomes), (3) dukungan program terstruktur dan hidden curriculum sebagai bagian dari strategi internalisasi dan institusionalisasi nilai karakter dan penerapannya pada seluruh civitas akademik yang pada akhirnya akan memiliki peranan dalam pembentukan karakter manusia yang siap untuk menjawab tantang zaman. Ketiganya harus dilakukan secara terus menerus (istiqomah) dan menyeluruh dan holistic (kaffah) serta di evaluasi, dikaji dan dikembangkan pada setiap institusi secara terus menerus (continuous improvement).

Downloads

Submitted

2025-03-22

Published

2020-12-01

Issue

Section

Articles