REDESAIN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH NEGERI
DOI:
https://doi.org/10.23917/profetika.v22i1.14771Keywords:
bahan ajar, maharah kalam, tadribatAbstract
Sumber belajar adalah satu di antara beberapa aspek terpenting dalam pembelajaran, ketercapaian tujuan pembelajaran juga tidak dapat dipisahkan dengan sumber belajar yang digunakan. Sejalan dengan itu, beberapa penelitian membuktikan bahwa sumber belajar bahasa Arab yang digunakan di Indonesia belum terukur secara jelas orientasi kemampuan berbahasa yang ditargetkan, oleh karenanya penelitian ini dirancang untuk menemukan bentuk desain yang tepat untuk bahan ajar bahasa Arab dalam upaya peningkatan kemampuan berbicara peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif, teknik pengumpulan data digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan pendekatan yang digunakan Haberman. Hasil penelitian membuktikan bahwa desain bahan ajar bahasa Arab untuk tujuan keterampilan berbicara ialah mesti didominasi oleh latihan-latihan percakapan, tadribat dengan berbagai modelnya, memaksimalkan contoh-contoh gramatika yang bersifat aplikatif.











