POLA PEMBELAJARAN GURU PADA MASA PANDEMI CORONA (COVID-19) SD NEGERI KRAMAT 3 KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.23917/profetika.v22i1.14769Keywords:
Pola Pembelajaran Guru, Kondisi Pandemi Corona (Covid 19)Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola pembelajaran guru pada masa pendemi Corona (Covid 19) dan faktor pendukung serta penghambatnya di SD Negeri Kramat 3 Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam menyusun penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pola pembelajaran guru pada masa pandemi corona (COVID-19) pada SD Negeri Kramat 3 Kecamatan Dempet Kabupaten Demak diantaranya adalah a) Perencanaan pembelajaran (Silabus dan RPP), b) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan WhatsApp, Zoom, dan Email, c) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memberikan soal tes. Soal tes dikirim pada group WhatsApp dan diselesaikan oleh siswa pada waktu yang telah ditentukan. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran guru pada masa pandemi corona (COVID-19) pada SD Negeri Kramat 3, Kecamatan Dempet Kabupaten Demak adalah a) Dukungan kepala sekolah, orang tua siswa, dan komite sekolah, b) Kesadaran semua pihak, C) Perangkat pembelajaran yang memadai baik itu jaringan internet, perangkat komputer. 3) Faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran guru pada masa pandemi corona (COVID-19) pada SD Negeri Kramat 3, Kecamatan Dempet Kabupaten Demak a) ketidaksiapan guru dalam pembelajaran daring, b) ketidaksiapan siswa dalam pembelajaran daring, c) perangkat pembelajaran daring yang tidak maksimal, d) keterbatasan waktu dan kontrol belajar.











