PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI CINTA LINGKUNGAN KEPADA PESERTA DIDIK

Authors

  • R Ramli Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Indonesia
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/profetika.v22i1.14767

Keywords:

Lingkungan, Madrasah, Pendidikan Islam

Abstract

Lingkungan madrasah yang baik adalah lingkungan yang di dalamnya dihiasi tanaman pepohonan yang dipelihara dengan baik dan tersusun dengan rapi sebagai laboratorium alam bagi peserta didik, dan sejumlah kursi dan meja belajar yang teratur rapi. Lingkungan hidup yang sehat dan baik merupakan hak asasi setiap warga Negara Indonesia, maka penanaman nilai-nilai cinta lingkungan di madrasah menjadi kemestian. Penelitian in bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaparkan penanaman nilai-nilai cinta lingkungan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian bahwa penanaman nilai cinta lingkungan di MTsN 3 Kota Padang dilaksanakan melalui pengembangan kurikulum madrasah, meliputi program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya madrasah. Program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian fasilitas kebersihan dalam mendukung penanaman karakter cinta lingkungan.

Downloads

Submitted

2025-03-22

Published

2021-06-01

Issue

Section

Articles