PENGARUH PENDIDIKAN AIKA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH SEWON BANTUL YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.23917/profetika.v22i1.14765Keywords:
Pendidikan agama Islam, Pendidikan Kemuhammadiyahan dan Perilaku keagamaanAbstract
Manusia adalah ciptaan Allah yang memiliki keistimewaan bila dibandingkan dengan makhluk-makhluk lainnya. Keistimewaan itu ditentukan oleh akal pikirannya dan hati nuraninya dan senantiasa tumbuh dan berkembang. Perkembangan anak selalu diikuti oleh pertumbuhan baik fisik maupun psikis. Pertumbuhan sendiri artinya perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada diri anak yang ditunjang oleh faktor lingkungan dan proses belajar. Pendidikan agama merupakan salah satu dari tiga subyek pelajaran yang harus dimasukkan dalam kurikulum setiap lembaga pendidikan formal di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa kelas V dan VI di SD Muhammadiyah, mengetahui pengaruh pendidikan kemuhammadiyahan terhadap perilaku keagamaan siswa kelas V dan VI di SD Muhammadiyah, mengetahui perilaku keagamaan siswa kelas V dan VI di SD Muhammadiyah serta mengetahui pengaruh pendidikan agama Islam dan pendidikan kemuhammadiyahan secara simultan terhadap perilaku keagamaan siswa kelas V dan VI di SD Muhammadiyah. Jenis penelitian ini adalahkorelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 73 orang siswa di SD Muhammadiyah se-Kecamatan Sewon, Kab. Bantul Yogyakarta dengan pengambilan sampling proportionate stratified random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pendidikan agama Islam dan pendidikan kemuhammadiyahan mempunyai pengaruh positif terhadap perilaku keagamaan siswa. Sedangkan pada uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa sebesar 16,5%, pengaruh pendidikan kemuhammadiyahan terhadap perilaku keagamaan siswa sebesar 15,2%, pengaruh pendidikan agama Islam dan pendidikan kemuhammadiyahan terhadap perilaku keagamaan siswa sebesar 31,7% dan sisanya 68,3% dipengaruhi oleh varibaelvariabel lain di luar model yang dimasukkan dalam penelitian ini.











