ISLAMIC CURRICULUM MANAGEMENT AT PONDOK PESANTREN SALAFIAH BAITUL RAFKI AS-SA’DIYAH TALU TALAMAU DISTRICT PASAMAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.23917/profetika.v22i1.14762Keywords:
kurikulum keislaman, managemen, pondok pesantrenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pengelolaan kurikulum keislaman di pondok pesantren Salafiah, tujuan ini didasarkan pada realita bahwa kurikulum keislaman pada masing-masing lembaga pendidikan swasta memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya, hal ini dikarenakan setiap pengelola lembaga pendidikan khususnya pondok pesantren memiliki wewenang untuk mengelola kurikulumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif, sumber data penelitian pimpinan pondok pesantren, wakil bidang kurikulum, guru yang ada di pondok pesantren dipilih secara purposive, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan studi dokumentasi, data dianalisis dengan pendekatan interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengelolaan kurikulum di pondok pesantren Salafiah Baitul Rafki As-Sa’diyah Talu ialah: 1) perencanaan kurikulum keislaman didominasi oleh hasil pemikiran dan keinginan pimpinan pondok pesantren, 2) pelaksanaan kurikulum keislaman di pondok pesantren ini dilaksanakan semua SDM sesuai dengan arahan wakil kurikulum, 3) Evaluasi kurikulum pada pondok pesantren ini tidak dilakukan sesuai dengan tuntutan perubahan zaman.











