LOKUSI ILOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM WACANA PEMBELAJARAN BAHASAARAB DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) YOGYAKARTA

Authors

  • Mahandri Widya Prihantari SMA Sabahatqu, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
    Indonesia
  • Kurniawan Dwi Saputra PAI JSI FIAI,Universitas Islam Indonesia. Jln. Kaliurang Km. 14,5, Sleman, Yogyakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/profetika.v22i2.17417

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Arab, Wacana, Lokusi, Ilokusi, Perlokusi

Abstract

Berbeda dengan pesantren tradisional yang menekankan keterampilan teoritik, pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Modern menekankan keterampilan aktif seperti berbicara (maharah kalam) dan menulis (maharah kitabah). Di antara pesantren modern yang relatif berhasil dalam pembelajaran bahasa Arab adalah Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Berdasarkan latar belakang tersebut, Penulis melakukan penelitian etnografi untuk memahami pembelajaran Bahasa Arab di MBS. Konseptual framework yang digunakan penulis adalah teori wacana dan teori tindak tutur J.L. Austin. Penelitian ini menemukan bahwa desain pembelajaran bahasa Arab di MBS Yogyakarta mencerminkan konstruk wacana yang lengkap dari teori Austin. Lokusi wacana berbentuk jargon-jargon motivasi untuk mempelajari Bahasa Arab. Ilokusi adalah produksi lokusi wacana tersebut dalam system tindakan yang berbentuk perintah, himbauan, penjelasan yang mengandung tuntutan apresiasi, ancaman, dan janji. Dari proses lokusi dan ilokusi tersebut, muncul efek dalam diri mitra tutur, yaitu para santri, berupa kesadaran akan urgensi Bahasa Arab sebagai Bahasa Agama Islam.

Downloads

Submitted

2025-03-22

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles