KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SANTRI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23917/profetika.v23i1.16796Keywords:
Kesejahteraan Psikologis, Pondok Pesantren, SantriAbstract
Pondok pesantren merupakan produk sistem Pendidikan Islam yang merupakan produk asli Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain. Sistem Pendidikan dan pengajaran di pondok pesantren menekankan bahwa seluruh aktifitas yang dilaksanakan dalam pesantren adalah ibadah. Tujuan dan karakteristik sistem Pendidikan di pondok pesantren juga diharapkan dapat mencetak santri dengan karakter yang kuat, yaitu santri yang dapat langsung berdayaguna bagi masyarakat. Untuk dapat membentuk karakter yang kuat pada santri, dibutuhkan kesejahteraan psikologis. Kondisi psikologis yang sejahtera, ternyata berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan karakter santri. Oleh karenanya bagi pengelola pondok pesantren, kesejahteraan psikologis santri merupakan hal penting yang menjadi perhatian utama. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan instrument kesejahteraan psikologis santri yang disusun berdasarkan aspek kesejahteraan psikologis. Validasi item instrument ini menggunakan validitas isi dengan rumus CVI dari Aiken setelah diberi skor oleh expert judgement. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrument kesejahteraan psikologis bagi santri yang bisa digunakan untuk pertimbangan bagi pengurus pondok dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis santri. Subjek dalam penelitian ini adalah santri dari pondok pesantren atau boarding school di Indonesia tingkat SMA atau sederajat. Manfaat dari penelitian ini dapat mengidentifikasi tingkat kesejahteraan psikologis santri guna menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan kejesahteraan psikologis santri. Hasil pengembangan instrumen Kesejahteraan Psikologis Santri Indonesia ini memiliki skor Cronbach Alpha sebesar 0,895.











