PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN DIPENGARUHI BUDAYA BELAJAR

Authors

  • Imam Basuki Politeknik Negeri Madiun, Jawa Timur, Indonesia
    Indonesia
  • Dahris Sahab Politeknik Negeri Madiun, Jawa Timur, Indonesia
    Indonesia
  • Bias NE Politeknik Negeri Madiun, Jawa Timur, Indonesia
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/profetika.v23i1.16795

Keywords:

pembelajaran online, budaya belajar, capaian pembelajaran

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang memfokuskan pada pengujian hipotesis untuk menemukan kebenaran dari hipotesis yang selanjutnya dilakukan uji statistik untuk memberikan informasi dan penjelasan berupa data-data yang akurat agar dapat dianalisis lebih lanjut. Penelitian yang bertujuan menyelidiki perubahan perilaku yang terjadi pada mahasiswa dipengaruhi oleh interaksi dosen dengan mahasiswa dan interaksi mahasiswa dengan mahasiswa secara maya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep metode pembelajaran yang tepat dalam menumbuhkan motivasi berprestasi serta membangun budaya belajar mahasiswa di lingkungan pendidikan politeknik khususnya pada kelompok matakuliah teoritik. Sampel penelitian ini adalah 135 orang yang terpilih dengan pemilihan sampel menggunakan metode proporsional sampling dan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil pengujian hipotesis ketiga (H3) dengan Path Analysis yang menunjukkan bahwa variabel pembelajaran online melalui variabel Budaya Belajar sebagai variabel mediasi berpengaruh sebesar 0,617 terhadap Capaian Pembelajaran dan diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan dari Sobel test diperoleh thitung = 3,702 lebih besar dari t tabel dengan tingkat signifikansi 0.05 yaitu sebesar 2,301 maka dapat disimpulkan bahwa koefisien mediasi 0,617 adalah signifikan, sehingga hipotesis (H3) dinyatakan diterima yaitu Budaya Belajar berpengaruh pada hubungan antara Pembelajaran Online dengan Capaian Pembelajaran.

Downloads

Submitted

2025-03-21

Published

2022-06-01

Issue

Section

Articles