PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODERAT MELALUI PELATIHAN MODERASI BERAGAMA BAGI GURU
Keywords:
pelatihan guru, strategi pendekatan, moderasi beragama, Islam moderatAbstract
Moderasi beragama merupakan cara pandang dan prilaku seseorang dalam beragama secara moderat, yaitu adil dan seimbang, sehingga dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama lebih mementingkan sikap toleran dan inklusif, dan menghindari perilaku berlebihan-lebihan dan ekstrem saat mengimplementasikannya. Dalam moderasi beragama bukanlah agama yang dimoderasikan, tetapi cara kita dalam beragama, yaitu memahami dan mengamalkan agama dalam perspektif moderat. Selanjutnya dalam penelitian ini dibahas tentang perlunya pelatihan guru tentang moderasi beragama di sekolah. Karena guru sebagai garda depan dalam proses pembelajaran moderasi beragama di sekolah. Tujuannya untuk memberikan penambahan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang moderasi beragama, serta mengitegrasikannya dalam pembelajaraan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode library research atau penelitian pustaka. Hasil dari penelitian ini bahwa, pertama: penanaman nilai-nilai moderasi beragama memiliki berbagai strategi, baik melalui kebijakan maupun pendekatan. Efektifitas strategi yang digunakan tergantung pada masing-masing unsur yang saling terkait. Banyaknya nilai-nilai moderasi Bergama tersebut memiliki pendekatan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Kebijakan melakukan pelatihan bagi guru merupakan pendekatan yang cukup strategis, karena guru sebagai garda depan dalam pendidikan sudah seharusnya memiliki wawasan dan pengetahuan mengenai moderasi Beragama. Oleh karenanya guru perlu mendapatkan pengetahuan yang lebih sebagai bekal untuk melakukan pengintegrasian nilai-nilai moderasi beragama di sekolah. Kedua: diperolehnya langkah-langkah pelaksanaan pelatihan moderasi beragama menjadi sebuah panduan yang terstruktur, sehingga harapan diperolehnya wawasan dan pengetahuan tentang moderasi beragama dapat mencakup seluruh materi yang menjadi pokok persoalan dalam internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di sekolah.
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ihda Izzatul Hikmah Ihda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.