PELAKSANAAN KELAS EDUKASI PERSIAPAN MENYUSUI PADA IBU HAMIL DAN KELUARGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MEDAN SUNGGAL

Authors

  • Farida Linda Sari Siregar Universitas Sumatera Utara, Medan
    Indonesia
  • Siti Saidah Nasution Universitas Sumatera Utara, Medan
    Indonesia
  • Nur Afi Darti Universitas Sumatera Utara, Medan
    Indonesia
  • Nurbaiti Universitas Sumatera Utara, Medan
    Indonesia
  • Atikah Marhamah Sembiring Universitas Sumatera Utara, Medan
    Indonesia
  • Yosi Alawiyah Hutasuhut Universitas Sumatera Utara, Medan
    Indonesia
  • Cut Rizqa Ramadhani Universitas Sumatera Utara, Medan
    Indonesia
  • Khafifah Ramadhani Nasution Universitas Sumatera Utara, Medan
    Indonesia
  • Desi Herlina Universitas Sumatera Utara, Medan
    Indonesia

Keywords:

Kelas Edukasi, Persiapan Menyusui, Ibu Hamil, Keluarga, Education Class, Preparation for Breastfeeding, Pregnant Women, Family

Abstract

ABSTRAK

Menyusui secara langsung terkait dengan pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Pemberian ASI meningkatkan kesejahteraan ibu, bayi, keluarga, tenaga kerja, dan sistem perawatan kesehatan. Persiapan yang baik dapat membantu ibu dan bayi dalam keberhasilan menyusui sangat dibutuhkan.  Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar ibu dan keluarga dapat mempersiapkan diri dan belajar berbagai hal seputar menyusui sebelum bayi lahir. Metode Pengabdian Masyarakat yang dilaksanaan berupa penyuluhan kesehatan, diskusi, demostrasi, menonton video, pendampingan, dan konseling. Materi yang disampaikan terdiri dari defenisi ASI eksklusif, rekomendasi WHO tentang pemberian ASI eksklusif 6 bulan, manfaat asi bagi ibu-bayi dan keluarga, pengertian kolostrum dan jumlah kolostrum, kapasitas perut bayi sejak lahir sampai usia 1 tahun, posisi menyusui bayi dan refleks menghisap, perbandingan asi dengan susu formula dan dampak susu formula, kapan mulai menyusui, posisi bayi baru lahir yang tepat, mengenal Payudara dan mekanisme Produksi ASI, memfasilitasi bayi baru lahir untuk menyusui pada payudara atau inisiasi menyusu dini (IMD). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada ibu hamil dengan usia kehamilan diatas 34 minggu. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat diperoleh sebagian besar pengetahuan ibu hamil baik tentang pemberian ASI Eksklusif dan IMD. Sikap ibu hamil juga sebagian besar baik tentang pemberian ASI eksklusif dan pelaksanaan IMD.

 

ABSTRACT

Breastfeeding is directly linked to achieving Sustainable Development (SDGs). Breastfeeding improves the well-being of mothers, babies, families, the workforce, and the health care system. Good preparation can help mothers and babies successfully breastfeed. The aim of this community service is so that mothers and families can prepare themselves and learn various things about breastfeeding before the baby is born. The methods implemented include health education, discussions, demonstrations, watching videos, mentoring and counseling. The material consists of the definition of exclusive breastfeeding, WHO recommendations regarding exclusive breastfeeding, the benefits of breast milk, the meaning of colostrum and the amount of colostrum, the capacity of a baby's stomach, the baby's breastfeeding position and sucking reflex, comparison of breast milk with formula milk, when to start breastfeeding, the right position of the newborn, knowing breasts and the mechanism of breast milk production, facilitating newborn babies to breastfeed. Community service activities are carried out for pregnant women with a gestational age of over 34 weeks. As a result, most of the pregnant women's knowledge was obtained regarding exclusive breastfeeding and early initiation of breastfeeding. The attitudes of pregnant women are also mostly good regarding exclusive breastfeeding and the implementation of early initiation of breastfeeding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abuidhail, J., Odeh, A., Ibrewish, T., Alqam, B., Alajrab, I., 2017. Evaluation of Postnatal Education on Nursing Techniques of Jordanian Mothers Br. J. Midwifery 25 (11), 715–722.

Admasu MA, Cione E. 2016. Breastfeeding Knowledge, Attitude, and Practice and Related Determinants Among Maternal in Gondar, Ethiopia: Cross-Sectional Study. International Journal of Food Science and Nutriton ; 5(1):25-30.

Al-Ateeq M.A., Al-Rusaiess AA. 2015. Health Education During Antenatal Care: The Need for More. Int J Womens Health; 7:239.

Dinas Kesehatan Kota Medan. 2019. Profil Kesehatan Kota Medan Tahun 2018.

Dinas Kesehatan Kota Medan. 2020. Profil Kesehatan Kota Medan Tahun 2019.

Dinas Kesehatan Kota Medan. 2021. Profil Kesehatan Kota Medan Tahun 2020.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. 2019. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara 2018.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. 2020. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara 2019.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. 2021. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara 2020

Entsieh, A & Hallstrom, I. 2016. First-Time Parents Prenatal Needs for Early Parenthood Preparation-A Systematic Review and Meta-Synthesis of Qualitative Literature. Midwifery. vol. 39, pp. 1–11, doi: 10.1016/j.midw.2016.04.006

Kementerian Kesehatan RI. 2019. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018.

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019.

Kementerian Kesehatan RI. 2021. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020.

Khorshidifard M et al. 2017. Assessment of Breastfeeding Education by Face to Face and Small-Group Education Methods in Mothers’ Self-Efficacy in Kazeroun Health Centers in 2015. Women Health Bull; 4(3):e41919.

Notoatmodjo, S. 2014. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Downloads

Submitted

2024-03-21

Accepted

2024-10-03

Published

2024-10-24

How to Cite

Siregar, F. L. S., Nasution, S. S., Darti, N. A., Nurbaiti, Sembiring, A. M., Hutasuhut, Y. A., … Herlina, D. (2024). PELAKSANAAN KELAS EDUKASI PERSIAPAN MENYUSUI PADA IBU HAMIL DAN KELUARGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MEDAN SUNGGAL. Jurnal Pengabdian Masyarakat Medika, 4(2), 74–79. Retrieved from https://journals2.ums.ac.id/jpmmedika/article/view/4580

Issue

Section

Articles