PELATIHAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) GURU SEKOLAH AMAL USAHA MUHAMMADIYAH

Authors

  • Devi Usdiana Rosyidah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
    Indonesia
  • Nur Mahmudah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
    Indonesia
  • Sulistyani Sulistyani Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
    Indonesia
  • Tri Agustina Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
    Indonesia
  • Nining Lestari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
    Indonesia
  • Setyo Nurwaini Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jpmmedika.v5i2.12204

Keywords:

Pelatihan, UKS, Guru, P3K, Training, School Health Services, Teacher, First Aid

Abstract

ABSTRAK

Kemandirian siswa-siswi Taman Kanak-kanak (TK) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) masih rendah. Guru menjadi pembimbing dan pengganti orang tua saat kegiatan sekolah. Guru dituntut untuk memiliki kemampuan bidang akademik, dan non akademik berkaitan dengan kesehatan anak didik saat kegiatan di dalam dan diluar sekolah. Lingkungan sekolah sehat, ketersediaan perlengkapan kesehatan, personil guru yang kompeten dibidang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) menjadi salah satu modal menciptakan lingkungan kondusif bagi anak didik. Guru penanggung jawab UKS sekolah Muhammadiyah tingkat TK dan MI di Kecamatan Gondangrejo belum pernah mendapatkan pelatihan khusus mengenai UKS dan P3K. Berdasarkan hal tersebut kami mengadakan pengabdian masyarakat melalui pelatihan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) untuk Guru Sekolah Taman Kanak-Kanak dan Madrasah Ibtidaiyah Amal Usaha Muhammadiyah. Metode kegiatan berupa seminar, workshop, pembuatan buku panduan UKS, poster kesehatan, serta pembagian perlengkapan UKS dan P3K. Peserta pelatihan adalah perwakilan guru dari TK dan MI Muhammadiyah se-kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Peningkatan kompetensi dapat diberikan dengan pemberian pengetahuan dan pelatihan. Nilai postes lebih tinggi dibanding nilai pretes. Menciptakan sekolah sehat merupakan tanggung jawab seluruh civitas sekolah, baik guru, siswa, karyawan sekolah, maupun orang tua siswa.

 

ABSTRACT

The independence of kindergarten (TK) and Madrasah Ibtidaiyah (MI) students is still low. Teachers act as mentors and substitutes for parents are required to have academic and non-academic skills related to the health of students during activities. A healthy school environment, the availability of health equipment, and teaching staff who are competent in School Health Services (UKS) and First Aid (P3K) are some of the factors that contribute to creating a conducive environment for students. Teachers in charge of UKS at Muhammadiyah kindergarten and MI levels in Gondangrejo Subdistrict have never received special training on UKS and P3K. Based on this, we held a community service program through training on School Health Efforts and First Aid for Accidents for teachers. The methods used were seminars, workshops, the creation of UKS guidebooks and posters, and the distribution of UKS and P3K equipment. The training participants were teacher representatives from Muhammadiyah kindergartens and elementary schools in the Gondangrejo sub-district of Karanganyar Regency. Competency improvement can be achieved through the provision of knowledge and training. The post-test scores were higher than the pre-test scores. Creating a healthy school is the responsibility of the entire school community, including teachers, students, school employees, and parents.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Binuko, R. S. D. ., Mahmuda, I. N. N., Bestari, R. S., Agustina, T., Dewi, L. M., Fauziah, N. F., Naruma, A. (2022). Skrining Dan Tatalaksana Kecacingan Dan Gizi Kurang Pada Siswa-Siswi Sd Muhammadiyah Program Unggulan Karanganyar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Medika, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.23917/jpmmedika.v2i2.629

Ditpsd.kemdikbud RI, 2021. Gizi Seimbang Dan Kantin/Jajanan Sehat Di Sekolah Dasar. Jakarta: Diterbitkan oleh:Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/usaha-kesehatan-sekolah

Ernawati, R., dan Wahyuni, M. 2021. Penyuluhan Kesehatan tentang UKS kepada Guru dan Siswa di SD Muhammadiyah 4 Samarinda. Jurnal Abdi Mas Mahakam, 5(2):229-235

Hidayat, K. 2020. Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sebagai Proses Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Peserta Didik. Skripsi

Kemendikbud RI, 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2010 Tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota. https://peraturan.bpk.go.id/Details/141546/permendikbud-no-23-tahun-2013

Kemendikbud RI, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. https://www.paud.id/download-permendikbud-137-tahun-2014-standar-paud/

Kemendikbudristek RI, 2021. Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Pada Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Jakarta: Diterbitkan oleh:Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/usaha-kesehatan-sekolah

Kemenkes RI, 2019. Buku Saku Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di Jalan. Jadilah penolong kecelakaan dijalan. Semua orang bisa jadi penolong. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. https://indonesiarsp.id/wp-content/uploads/2020/10/buku-saku-rev-11-februari-2020-jam-8.25.pdf

Mahardhani, R. 2016. Keterlaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Di Smp Muhammadiyah 8 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi

Nurochim & Nurochim, S.N. 2020. Program Usaha Kesehatan Sekolah: Upaya Bersama Untuk Kesehatan Anak. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 12 (2): 475-486

Rosyidah, D. U., Futana, N. P., Alghozi, M. H., Fadhila, Z. H., & Susanto, S. A. P. (2024). Edukasi Pemberian Makanan Pendamping Pada Bayi Dan Anak Di Posyandu Balita Kelurahan Kadipiro, Banjarsari, Surakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Medika, 4(2), 80–87. https://journals2.ums.ac.id/index.php/jpmmedika/article/view/5255

Tim Penyusun Direktorat Sekolah Dasar, 2021. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah untuk Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Diterbitkan oleh: Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/

Downloads

Submitted

2025-07-29

Accepted

2025-09-23

Published

2025-10-12

How to Cite

Rosyidah, D. U., Mahmudah, N., Sulistyani, S., Agustina, T., Lestari, N., & Nurwaini, S. (2025). PELATIHAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN (P3K) GURU SEKOLAH AMAL USAHA MUHAMMADIYAH. Jurnal Pengabdian Masyarakat Medika, 5(2), 105–113. https://doi.org/10.23917/jpmmedika.v5i2.12204

Issue

Section

Articles