JAHILIYYAH DALAM PENAFSIRAN IBNU KASIR

Authors

  • S Suharjianto Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rofi Atina Maghfiroh Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/qist.v1i1.522

Keywords:

jahiliyyah, Al Qur'an, Tafsir al-Quran al-'Azim, Ibnu Katsir

Abstract

Kata Jahiliyyah berasal dari kata Al Jahlu yang berarti bodoh atau kebodohan. Jaman jahiliyyah adalah jaman kebodohan. Yang dimaksud dengan jaman kebodohan di sini bukan berarti orang-orang jahiliyyah tidak memiliki kepandaian, tetapi mereka tidak dapat membedakan kebenaran dan kebatilan. Contoh yang menyolok adalah ketika salah seorang dari mereka memiliki anak perempuan, mereka akan menanamkan hidup-hidup. Kebodohan yang paling menonjol adalah karena mereka menyembah berhala yang dibuatnya sendiri. Terlepas dari arti kata di atas, paling tidak ada dua ahli yang menerangkan tentang jahiliyyah, mereka adalah Jarji Zaedan dan Munawar Cholil. Jarji Zaedan berpendapat bahwa jahiliyyah adalah jaman yang masyarakatnya telah memiliki kemajuan di berbagai bidang lapangan kehidupan, seperti: bidang sosial, budaya, ekonomi, politik, dan lain. Sedangkan Munawar Cholil pendapat yang berbeda dengan yang pertama. Menurutnya jaman jahiliyyah adalah jaman yang diatandai oleh kerusakan diberbagai bidang, seperti bidang Sosial, budaya, ekonomi, politik, dan lain-lain. Itulah dua pendapat yang berbeda ketika melihat jahiliyyah dari sisi masing-masing. Sedangkan kata jahiliyyah terdapat dalam empat ayat dalam al-Quran, yaitu pada surat Ali Imran ayat 154, surat al-Maidah ayat 50, surat al-Ahdzab ayat 33 dan surat al-Fath ayat 26. Terlepas dari dua pendapat di atas, riset ini akan mengkaji jahiliyyah dalam Tafsir al-Quran al-'Azim karya Ibnu Katsir. Pendekatan yang digunakan dalam riset ini adalah pendekatan interpretatif. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Adapun simpul dari riset ini adalah kata jahiliyyah dalam Tafsir al-Qurin al-'Azim merupakan (1) sangkaan buruk terhadap takdir Allah s.w.t, (2) berhukum dengan hukum lain atas hukum yang Allah syariatkan, (3) perilaku yang menjerumuskan pada perzinaan dan (4) sikap sombong sebagai hasil dari sikap fanatik yang menutup pintu kebenaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Anis. 2015. Syiir Ka'ab Ibn Zuhair fi al-Jahiliyyah wa al-Islam. Skripsi S1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Al-Ifriqi, Muhammad bin Mukarram Al-Anshari. 1994. Lisan al-'Arab. Beyrut: Dar sadir.

Al-Kasir, Ismail bin Umar. 1420 M. al-Msbah al-Munir fi Tahzib Tafsir Ibn Kasir. Saudi Arabia: Muassasah al-Amirah.

______________ . 1999. Tafsir Al-Qur'an Al-Azim (Jilid 2). t.t: Dar ?ayyibah li Al-Nasyri wa Al-Tauzi'.

______________ . 1999. Tafsir Al-Qur'an Al-Azim (Jilid 3). t.t: Dar ?ayyibah li Al-Nasyri wa Al-Tauzi'.

______________ . 1999. Tafsir Al-Qur'an Al-Azim (Jilid 6). t.t: Dar ?ayyibah li Al-Nasyri wa Al-Tauzi'.

______________ . 1999. Tafsir Al-Qur'an Al-Azim (Jilid 7). t.t: Dar ?ayyibah li Al-Nasyri wa Al-Tauzi'.

Al-Qaththan, Manna. 2005. Pengantar Studi Ilmu al-Quran. terj. Aunur Rafiq El-Mazni. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

Al-Razi, Ahmad bin Faris bin Zakariya al-Qazwaini. 1979. Mu'jam Maqayis al-Lughah. Kairo: Dar al-Fikr.

Ash Shiddieqy, Hasbi. 1992. Sejarah dan Pengantar Ilmu al-Quran / Tafsir. Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

Baidan, Nashruddin dan Erwati Aziz. 2019. Metodologi Khusus Penelitian Tafsir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bisri, Hasan. 2020. Model Penafsiran Hukum Ibnu Katsir. Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Djati.

Buana, Cahya. 2017. "Nilai-Nilai Moralitas dalam Syair Jahiliyyah Karya Zuhair Ibnu Abi Sulma", Buletin Al-Turas, vol. XXIII no. 1 (Januari). 87-101.

Chalil, Moenawar. 2001. Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad saw (Jilid 1). Jakarta: Gema Insani Press.

Darmawijaya. 2016. "Laa Illaha Illallah Ideologi Perubahan Holistik (Studi Kasus Perubahan Kepribadian Umar Bin Khattab dari Pribadi Jahiliyyah menjadi Pribadi Ilahiyah)", Jurnal Penelitian Humano, vol. 7, no. 1 (Juni).

Dhaif, Syauqi. 2011. al-Mu'jam al-Wasith. Mesir: Maktabah Shurouq ad-Dauliyyah.

El-Khouly, Ebrahim. 1986. Jahiliyah Modern. Bandung: Risalah.

Fahroly, Muhammad Rohmaan. 2018. "Hukum Islam dan Perubahan Sosial Kemasyarakatan Era Jahiliyah (Kajian Sejarah Hukum Islam Tentang Pola Karakter Prinsip Egaliter dalam Hukum)", Jurnal Syariah Darussalam, vol. 2, no. 2.

Fathurrohman, Nyangnyang. 2017. " Karakteristik Paham Jahiliyah Modern Sebagai Politik Pemikiran dan Pengaruhnya Terhadap Keberagaman Umat Islam", Jurnal Handayani, vol. 7,no. 2 (Juni). 61-74.

Ghofur, Saiful Amin. 2013. Mozaik Mufasir al-Quran dari Klasik hingga Kontemporer. Yogyakarta: Kaukaba.

Hambali, Muhd. 2015. Penafsiran Kata Jahiliyyah Menurut Sayyid Quthb dalam Tafsirnya Fi Zhilal al-Qur'an. Skripsi S1 Fakultas Ushuluddin UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Hamid, Abd. 1988. Studi Tentang Keabsahan Penggunaan Syair Arab Jahiliyah dalam Penafsiran Al Qur-an. Skripsi S1 Fakultas Syari`ah IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Hamim, Nur. 2012. "Syair Ratapan (Ritsa) dan Cinta (Ghazal) dalam Budaya Perang Bangsa Arab Jahiliyah (Kajian Sosiologi Sastra", Jurnal Nuansa, vol. 9, no. 2 (Juli-Desember). 335-352 2012.

Hermawan, Sulhani. 2014. "Hukum Islam dan Transformasi Sosial Masyarakat Jahiliyyah (Studi Historis Tentang Karakter Egaliter Hukum Islam)", Jurnal JIP- International Multidisciplinary Journal, vol. 2, no. 3 (September). 81-96.

Hidayat, Moh. Wakhid dkk. 2019. "Peta Kajian atas Novel Sejarah Pra Islam Karya Jurji Zaidan", Jurnal CMES, vol. XII no. 1 (Januari-Juni). 4-17.

Jauhari, Qomi Akit. 2011. "Perkembangan Sastra Arab pada Masa Jahiliyah", Jurnal Lingua Scientia, vol. 3, no. 1 (Juni). 61-68.

Kaelan. 2010. Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdispliner. Yogyakarta: Paradigma.

Kementrian Agama RI. Al-Quran Tajwid dan Terjemahnya Dilengkapi dengan Asbabun Nuzul dan Hadits Shahih. Bandung: Sygma Examedia Arkanleema.

Maliki. 2018. "Tafsir Ibnu Katsir: Metode dan Bentuk Penafsrannya", Jurnal El-Umdah, vol. 1 no. 1 (Januari-Juni). 74-86.

Marliani, Erni. 2019. Makna Kata Jahiliyyah dalam al-Quran (Semantik Toshihiko Izutsu). Skripsi S1 Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Munawir, M. Fajrul. 2011. "Relevansi Pemikiran Sayyid Qutb Tentang tafsir Jahiliyyah bagi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam kontemporer", Jurnal Dakwah, vol. XI no. 1, 2011, hlm. 69-98.

Munawwir, Ahmad Warson. 2017. Al Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Munthe, Saifuddin Herlambang. 2018. Studi Tokoh Tafsir dari Klasik hingga Kontemporer. pontianak: IAIN Pontianak Press.

Nurhaedi, Dedi dkk. 2004. Studi Kitab Tafsir. Yogyakarta: Teras.

Qol'aji, Muhammad Ruwas dan Hamid sodiq Qunaibi. 1988. Mu'jam Lughah al-Fuqah?. Dar al-Nafais li al-Thaba'ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi'.

Quthb, Muhammad. 1985. Jahiliyah Masa Kini, terj. Afif Mohammad. Bandung: Pustaka.

Ridho, Mohammad. 2010. Islam Tafsir dan Dinamika Sosial Ikhtiar Memaknai Ajaran Islam. Yogyakarta: Teras.

Romdhoini, Fahira. 2019. al-Jumlah wa al-Tahwilat wa al-Dabt al-Dzatii fi Syi'ri al-Mad li Hassan Ibn sabit. Skripsi S1 Fakultas Ushuluddin dan Adab UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Romziana, Luthviyah. 2014. "Pandangan al-Quran Tentang Makna Jahiliyyah Perspektif Semantik", Jurnal Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadis, vol. 4 no. 1(Juni). 117-138.

Rosadisastra, Andi. 2007. Metode Tafsir Ayat-Ayat Sains dan Sosial. Jakarta: Amzah.

Rusmana, Dadan dkk. 2014. Tafsir Ayat-Ayat Sosial Budaya. Bandung: Pustaka Setia.

Sarbini, Muhammad dan Rahendra Maya. 2019. "Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya", Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1 (Februari), 1-20.

Sudaisi, Achmad dkk. 2017. Mengenal Tafsir dan Mufasir Era Klasik dan Kontemporer. Pasuruan: Pustaka Sidogiri Pondok Pesantren Sidogiri.

Surakhmad, Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Umrati dan Hengki Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wijaya, Aksin. 2010. "Menggugat Otentisitas As-Syi`ir Jahiliyah (Telaah atas Kra dan Thoha Husein Terhadap Halm Tafsk Syrri)", Jurnal `Anil Islam, vol. 3, no. 01 (Juni). 23-52.

Yamani, Ahmad Zakky. 2019.Penafsiran Kata Jahiliyah dalam al-Quran Menurut Pandangan Hamka dan Sayyid Quthb dan Implementasinya dengan Konteks Saat Ini. Semarang: UIN Walisongo.

Zaidan, Jurji. 1922. al-'Arab Qabla al-islam. mesir: al-hilal. 2013. Tarikh Adabi al-Lughah al-'Arabiyyah. al-Qahirah: Hindawi.

Downloads

Submitted

2022-02-17

Published

2022-02-17

How to Cite

Suharjianto, S., & Maghfiroh, R. A. (2022). JAHILIYYAH DALAM PENAFSIRAN IBNU KASIR. QiST: Journal of Quran and Tafseer Studies, 1(1), 11–29. https://doi.org/10.23917/qist.v1i1.522

Issue

Section

Articles