KOLABORASI WEBINAR: KENALI RISIKO, GEJALA, DAN PENCEGAHAN HIPERTENSI

Authors

  • Iin Novita Nurhidayati Mahmuda Bagian Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Syah Fillia Nurul Maslahah Mahasiswa, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Idoviari Putriyantiwi Mahasiswa, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Niken Sari Oktafiani Mahasiswa, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rahmat Dani Yamsun Mahasiswa, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Reza Khairunnisa Mahasiswa, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Tyas Hanurita Subekti Mahasiswa, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Hafish Harfian Rajendra Mahasiswa, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/jpmmedika.v2i2.482

Keywords:

Hipertensi, Pencegahan, Webinar, Hypertension, Prevention

Abstract

ABSTRAK

Hipertensi adalah penyakit kronis yang masih menjadi faktor risiko utama stroke dan penyakit jantung koroner yang merupakan dua penyebab kematian utama di Indonesia. Strategi untuk menekan angka kesakitan dan komplikasi penyakit akibat hipertensi adalah pencegahan primer yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai hipertensi, baik dari risiko, gejala, maupun pencegahannya. Kegiatan edukasi di era pandemi dapat dilaksanakan dengan metode webinar untuk menilai pemahaman peserta secara langsung. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat pengaruh edukasi terhadap pengetahuan tentang risiko, gejala dan pencegahan hipertensi. Dalam pengimplementasiannya, Fakultas Kedokteran berkolaborasi dengan Fakultas Farmasi untuk memberikan edukasi tersebut. Pemberian edukasi dilaksanakan dengan metode webinar melalui media zoom cloud meeting serta materi presentasi. Keberhasilan pengabdian diukur dengan peningkatan nilai post-test. Analissis terhadap hasil post-test dengan uji statistik Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai p < 0,05, yang berarti terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa webinar merupakan salah satu media edukasi yang dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai hipertensi.

 

ABSTRACT

                Hypertension is a chronic disease that is still a major risk factor for stroke and coronary heart disease, which are the two main causes of death in Indonesia. The strategy to reduce the number and impact of diseases caused by hypertension is primary prevention, namely providing education to the public about hypertension, both from the risks, symptoms, and prevention. Educational activities in the pandemic era can be carried out using the webinar method to assess participants' understanding directly. This activity aims to see the effect of education on knowledge about the risks, symptoms and prevention of hypertension. In its implementation, the Faculty of Medicine collaborates with the Faculty of Pharmacy to provide this education. Education is provided using the webinar method through zoom cloud meeting media and presentation materials. The success of achievement is measured by increasing the post-test scores. Analysis of the post-test results with the Wilcoxon statistical test showed that the p value <0.05, which means that there was a significant increase in knowledge. Thus it can be said that the webinar is one of the educational media that can increase the public knowledge about hypertension.

 

References

Iswahyuni, S. (2017). Hubungan antara aktifitas fisik dan hipertensi pada lansia. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 14(2), 1-4.

Kemenkes RI. InfoDATIN Hari Diabetes Sedunia Tahun 2018. Direktorat Pencegah dan Pengendali Penyakit Tidak Menular, Badan Litbangkes [Internet]. 2019;1–8. Available from: http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/haridiabetes-sedunia-2018.pdf

Muhadi. ‘JNC-8?: Evidence-based Guideline Penanganan Pasien Hipertensi Dewasa’ .CDK.2016 :43(1):54–9.

Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.2014.Hipertensi [Internet]. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta, dilihat 3 juli 2021, http://www.depkes.go.id/folder/ view/01/structure-publikasi pusdatin-infodatin.html

Sastroasmoro S, Ismael S.2014.Dasar dasar Metodologi Penelitian Klinis. 5th ed. Jakarta: Sagung Seto.

Setiati S, Alwi I, Sudoyo AW, Stiyohadi B, Syam AF.2014.Buku ajar ilmu penyakit dalam jilid I.Edisi VI. Jakarta: Interna Publishing: 1132-53.

Sherwood L.2016.Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. 8th ed. EGC.

Turana Y, Widyantoro B.2017.Buku Ajar Hipertensi. Jakarta: Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia.

Downloads

Submitted

2022-01-19

Accepted

2022-07-12

Published

2022-09-01

How to Cite

Mahmuda, I. N. N. ., Maslahah, S. F. N. ., Putriyantiwi, I. ., Oktafiani, N. S. ., Yamsun, R. D. ., Khairunnisa, R. ., … Rajendra, H. H. . (2022). KOLABORASI WEBINAR: KENALI RISIKO, GEJALA, DAN PENCEGAHAN HIPERTENSI . Jurnal Pengabdian Masyarakat Medika, 2(2), 53–58. https://doi.org/10.23917/jpmmedika.v2i2.482

Issue

Section

Articles