Pengaruh Kualitas Pembelajaran terhadap Capaian Akademik Mahasiswa Perguruan Tinggi Kedinasan

Authors

  • Pipa Biringkanae Politeknik Penerbangan Jayapura
    Indonesia
  • Rifqi Raza Bunahri Politeknik Penerbangan Jayapura
    Indonesia
  • Musri Kona Politeknik Penerbangan Jayapura
    Indonesia
  • Dhian Supardam Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
    Indonesia
  • Hadi Prayitno Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/bppp.v5i2.3216

Keywords:

capaian akademik, perguruan tinggi kedinasan, kualitas pembelajaran, perguruan tinggi, regresi dummy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenjang pendidikan dosen, keterampilan dosen, kualitas materi, kualitas media, dan metode pembelajaran terhadap capaian akademik mahasiswa perguruan tinggi kedinasan dengan studi kasus di Politeknik Penerbangan Jayapura agar dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam hal ini, capaian akademik dapat dinilai melalui Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Keseluruhan data yang diperlukan tersebut merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner dengan responden yaitu mahasiswa Politeknik Penerbangan Jayapura. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan analisis Regresi Dummy. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan kesimpulan bahwa secara simultan, jenjang pendidikan dosen, keterampilan dosen, kualitas materi, kualitas media, dan metode pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap capaian akademik atau IPK sebesar 80,5%, sedangkan 19,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Sementara itu, hasil uji individua tau parsial menyatakan bahwa jenjang pendidikan dosen, kualitas materi, kualitas media berpengaruh negatif dan signifikan terhadap capaian akademik. Variabel keterampilan dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap capaian akademik. Sementara itu, metode pembelajaran tidak berpengaruh signifikan terhadap capaian akademik mahasiswa Politeknik Penerbangan Jayapura.

Downloads

Submitted

2023-11-18

Accepted

2024-01-04

Published

2024-01-04