Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Aljabar Kelas VIII di MTs Negeri 1 Surakarta

Authors

  • Diva Mutiara Nurfitri Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Kharisa Rinandyta Sheilawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Adi Nurcahyo Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/blbs.v5i2.3799

Keywords:

kurikulum merdeka, pembelajaran matematika, aljabar

Abstract

Program Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) telah terlaksana di MTs Negeri Surakarta 1 selama 4 minggu. Berdasarkan profil siswa Pancasila, kurikulum merdeka mengutamakan hasil belajar siswa. Penelitian ini mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran matematika dalam kurikulum otonom, meliputi (1) perencanaan pembelajaran matematika, (2) pelaksanaan perencanaan tersebut, (3) memantau dan menilai hasil belajar matematika siswa. Informasi penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis kepustakaan. Hasil yang dicapai dari program mengajar ini adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif dan menarik, serta melatih keterampiran proses siswa dalam belajar matematika.

Downloads

Submitted

2023-12-29

Accepted

2024-01-02

Published

2023-12-29

How to Cite

Nurfitri, D. M., Sheilawati, K. R., & Nurcahyo, A. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Aljabar Kelas VIII di MTs Negeri 1 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 5(2). https://doi.org/10.23917/blbs.v5i2.3799

Issue

Section

Articles