PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP BERBASIS TEKNOLOGI KOMPUTER

Authors

  • Azizah Fatmawati Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v1i1.36

Keywords:

Komputer, Peta konsep, Strategi pembelajaran

Abstract

Pendidikan adalah salah satu bidang amal usaha Muhammadiyah. Pimpinan Cabang Muhammadiyah lewat majelis Dikdasmen mengelola sekolah-sekolah Muhammadiyah mulai tingkat dasar sampai tingkat menengah atas. Belum semua guru di sekolah Muhammadiyah menguasi perkembangan metode pembelajaran. Oleh karena itu profesionalisme pendidik dalam proses belajar mengajar perlu dimaksimalkan. Bagi sekolah-sekolah, diperlukan penguatan kemampuan dalam menyiapkan media pembelajaran yang menarik agar suasana belajar di sekolah menjadi menyenangkan dan efektif. Pelaksanaan kegiatan pengabdian yang berjudul Penerapan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbasis Teknologi Komputer ini menggunakan metode praktek di laboratorium. Dimulai  dengan pretest dan diakhiri post test. Pengabdian ini diikuti oleh perwakilan guru dari seluruh sekolah Muhammadiyah se-kecamatan Kartasura sebanyak 22 peserta. Berdasarkan pengolahan hasil kuisioner pre test dan post test, bisa disimpulkan bahwa pelatihan ini meningkatkan pengetahuan peserta. Hal ini bisa dilihat pada rata-rata hasil pre test sebesar 53,78 %, sedangkan hasil post test sebesar 82,49%.

Downloads

Submitted

2020-06-12

Accepted

2020-06-22

Published

2020-07-27

How to Cite

Fatmawati, A. (2020). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP BERBASIS TEKNOLOGI KOMPUTER. Abdi Teknoyasa, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v1i1.36

Issue

Section

Articles