Pengolahan Air Sumur Di Desa Karangrena Cilacap Menggunakan Media Filtrasi Dari Arang Tempurung Kelapa

Authors

  • Arnesya Ramadhani Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
    Indonesia
  • Sigit Suwarto Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
    Indonesia
  • Frida Amriyati Azzizzah Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
    Indonesia
  • Virgiawan Listanto Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
    Indonesia
  • Kharismatun Nafa Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v4i1.1306

Keywords:

Pengolahan air sumur, arang tempurung kelapa, filtrasi, air bersih

Abstract

Desa Karangrena merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap. Desa ini memiliki permasalahan mengenai pasokan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, pada pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat Desa Karangrena mengenai pengolahan air sumur khususnya di RW 06 Desa Karangrena dengan menggunakan media filtrasi dari arang aktif tempurung kelapa dan memberikan suatu keterampilan teknologi proses pengolahan air bersih. Tujuan tersebut dicapai dengan kegiatan berupa pelatihan dan penerapan teknologi tepat guna untuk mengolah air bersih. Hasil yang dicapai pada pengabdian ini yaitu masyarakat Desa Karangrena dapat mengetahui cara membuat arang aktif, cara pengolahan air bersih dan memiliki keterampilan dalam pembuatan teknologi tepat guna untuk mengolah air bersih. Alat filtrasi yang dipasang dapat merubah warna air yang semula berwarna coklat keruh menjadi bening, menghilangkan bau pada air, dan merubah pH dari 6 menjadi 6,5. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada 17 Oktober 2022 dan 23 Oktober 2022.

References

H. Kristianto, K. Katherine, and J. N. M. Soetedjo, “Penyediaan Air Bersih Masyarakat Sekitar Masjid Al-Iklas Desa Cukanggenteng Ciwidey dengan Menggunakan Penyaringan Air Sederhana,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. (Indonesian J. Community Engag., vol. 3, no. 1, p. 39, 2017.

R. Quddus, “Teknik Pengolahan Air Bersih Dengan Sistem Saringan Pasir Lambat (Downflow) Yang Bersumber Dari Sungai Musi,” J. Tek. Sipil dan Lingkung., vol. 2, no. 4, pp. 669–675, 2014.

S. Munfiah, Nurjazuli, and O. Setiani, “Kualitas fisik dan kimia air sumur gali dan sumur bor di wilayah kerja puskesmas guntur II Kabupaten Demak,” J. Kesehat. Lingkung. Indones., vol. 12, no. 2, pp. 154–159, 2013.

F. A. Syuhada, A. N. Pulungan, A. Sutiani, H. I. Nasution, J. L. Sihombing, and H. Herlinawati, “Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam Pengolahan Air Bersih di Desa Sukajadi,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. TABIKPUN, vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2021.

E. S. N. S. Wijianti, “Peningkatan Kualitas Air Minum Menggunakan Penyaringan Sederhana Berbasis Limbah Cangkang Siput Gonggong Di Desa Kultur Ilir Kabupaten Bangka Tengah,” 2016.

A. Alimsyah and A. Damayanti, “Penggunaan Arang Tempurung Kelapa dan Eceng Gondok untuk Pengolahan Air Limbah Tahu dengan Variasi Konsentrasi,” J. Tek. ITS, vol. 2, no. 1, pp. D6–D9, 2013.

H. Yermadona, “Pengolahan Air Bersih di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Koto Tangah Kota Padang,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no.5, pp. 1135–1144, 2021.

F. Afriani, H. Aldila, and Y. Tiandho, “Pengolahan air sumur di desa penyak menggunakan arang aktif tempurung kelapa dan serbuk cangkang kerang,” Pros. Semin. Nas. Penelit. Pengabdi. pada Masy., vol. 2, 2018.

N. Nurfitria et al., “Pengaruh Konsentrasi Aktivator Kalium Hidroksida (KOH) pada Karbon Aktif dan Waktu Kontak Terhadap Daya Adsorpsi Logam Pb dalam Sampel Air Kawasan Mangrove Wonorejo, Surabaya,” Akta Kim. Indones., vol. 4, no. 1, p. 75, 2019.

R. Apriani et al., “Pengaruh konsentrasi aktivator kalium hidroksida (KOH) terhadap kualitas karbon aktif kulit durian sebagai adsorben logam Fe pada air gambut,” Jurnal.Untan.Ac.Id, vol. I, no. 2, pp. 82–86, 2013.

Y. Nustini and Allwar, “Pemanfaatan limbah tempurung kelapa menjadi arang tempurung kelapa dan granular karbon aktif guna

meningkatkan kesejahteraan Desa Watuduwur, Bruno, Kabupaten Purworejo,” Pros. Semin. Nas. Mewujudkan Masy. Madani dan Lestari, vol. 9, pp. 172–183, 2019.

Downloads

Submitted

2022-12-01

Accepted

2023-05-30

Published

2023-07-31

How to Cite

Ramadhani, A., Suwarto, S., Azzizzah, F. A., Listanto, V., & Nafa, K. (2023). Pengolahan Air Sumur Di Desa Karangrena Cilacap Menggunakan Media Filtrasi Dari Arang Tempurung Kelapa. Abdi Teknoyasa, 4(1), 152–156. https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v4i1.1306

Issue

Section

Articles