Pelatihan Pembuatan Produk Abon Ikan Lele Berbasis Teknologi Untuk Peningkatan Pendapatan Di Kelompok Tani Balepa Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap

Authors

  • Aji Kusumastuti Hendrawan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
    Indonesia
  • Christian Soolany Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
    Indonesia
  • Dhimas Oki Permata Aji
  • Fawaz Khunaefi Al Ahmad Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
    Indonesia
  • Syarief Hidaayatur Rohman Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v3i2.1224

Keywords:

Abon ikan lele, Metode TOT, Kelompok tani BALEPA

Abstract

Kelompok Tani BALEPA berada di Desa Bulupayung yang beranggotakan sekitar 30 orang. Inisiasi dari terbentuknya Kelompok Tani BALEPA yaitu berbagi ilmu terkait bidang budidya Ikan Lele dan permasalahan yang dialami selama proses pembudidayaan ikan lele sampai dengan proses pemanenan. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi adalah ikan lele yang tidak terjual karena ukuran ikan yang tidak sesuai dan cacatnya ikan lele. Ikan lele yang tidak terjual untuk 1 kali periode pemanenan bisa mencapai 100 – 200 kg untuk setiap anggota kelompok. Minimnya informasi mengenai produk olahan ikan lele, menjadi kendala bagi Kelompok Tani BALEPA. Hal ini dikarenakan, mereka harus tetap memberi pakan terhadap ikan lele yang tentu sangat memberatkan bagi kelompok tani tenak.   Pada pengabdian masyarakat kali ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Kelompok Tani BALEPA melalui pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan abon ikan lele dan menciptakan peluang usaha yang dapat meningkatkan pendapatan ekonomi. Metode yang digunakan adalah training of trainer (TOT) yaitu pemberian materi melalui ceramah, praktek langsung dan pendampingan. Pemberian materi melalui ceramah yaitu melakukan transfer ilmu pengetahuan bagaimana proses produksi abon ikan lele menggunakan mesin spinner untuk proses penirisan minyak dan standarisasi dari mutu abon ikan. Tahap praktek yaitu melakukan proses pembuatan abon ikan lele yang juga diikuti oleh para anggota Kelompok Tani BALEPA sampai dengan proses pengemasan produk. Untuk tahap pendampingan yaitu melakukan evaluasi dari produk abon ikan yang sudah dihasilkan dari Kelompok Tani BALEPA. Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan dilakukan dari 20 Agustus 2022 – 20 Oktober 2022.

References

Marnani. S, Petrus H.T.S, Arif. M, Taufik.B.P. Peningkatan Kualitas Abon Ikan Lele Dengan Perbaikan Proses Produksi dan Kemasan di UKM ABON JAGO Purwokerto dan PRIMA MELATI Purbalingga.2019.

Budiyanto. B. Peta Sentra Produksi Perikanan Budidaya. Jakarta (ID) : Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2016.

[BPS Jateng] Badan Pusat Statistik Jawa Tengah. Data Sensus Pertanian 2015 [Internet]. www.bps.go.id.

[BPS Cilacap] Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap. 2022 [Internet]. www. cilacapkab.go.id.

Sundari, R.S, Kusmayadi, A. Umbara. D. Komparasi nilai tambah agroindustri abon ikan lele dan ikan patin di Tasikmalaya. Jurnal Pertanian Agros. 2017.

M. E. Apriyanti, “Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan,” Sosio e-kons, vol. 10, no. 1, p. 20, 2018.

R. Nugrahani, “Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm,” J. Imajin., vol. IX, no. 2, pp. 127–136, 2015.

Downloads

Submitted

2022-10-27

Accepted

2022-12-17

Published

2022-12-30

How to Cite

Hendrawan, A. K., Soolany, C. ., Aji, D. O. P. ., Ahmad, F. K. A. ., & Rohman, S. H. (2022). Pelatihan Pembuatan Produk Abon Ikan Lele Berbasis Teknologi Untuk Peningkatan Pendapatan Di Kelompok Tani Balepa Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Abdi Teknoyasa, 3(2). https://doi.org/10.23917/abditeknoyasa.v3i2.1224

Issue

Section

Articles