Mengasah Kemampuan Wirausaha Pada Mahasiswa Melalui Pelatihan dan Pendampingan Di UMKM Batik Danar Hadi Solo

Authors

  • Laila A'zizah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ovi Itsnaini Ulynnuha Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rangga Dhia Majduddin Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Candra Kusuma Wardana Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nur Prasetyo Aji Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Keywords:

Wirausaha Muda, UMKM

Abstract

Pembekalan kewirausahaan bagi mahasiswa sebaiknya dimulai sejak dini untuk meningkatkan motivasi dan kesuksesan dalam berwirausaha. Tujuan dari pelatihan kewirausahaan adalah untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan esensial dalam bidang kewirausahaan. Pendidikan dan pelatihan kewirausahaan perlu disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa agar dapat memberikan bekal yang cukup untuk memulai bisnis baru. Dalam konteks pelatihan kewirausahaan, penting untuk memperhatikan aspek-aspek seperti pengetahuan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan minat berwirausaha mahasiswa. Lebih lanjut, kegiatan pengabdian ini memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai manajemen operasional dalam mengelola bisnis secara optimal. Dampak yang diharapkan dengan kegiatan ini yaitu adanya peningkatan keterampilan manajemen bagi wirausaha muda, terutama dalam manajemen keuangan, operasional, dan pemasaran. Pelatihan dilaksanakan melalui pendampingan oleh UMKM Batik Danar Hadi Solo. Pada kegiatan ini, semua wirausaha muda didampingi dalam membuat prototype produk yang nantinya dapat dipasarkan dan menjadi bekal bagi wirausaha muda dalam menjalankan aktivitas bisnis. Program pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu membentuk jaringan atau komunitas wirausaha muda di daerah Surakarta yang dapat saling mendukung dan memperkuat bisnis.

References

Agarwal, S., Ramadani, V., Gërguri-Rashiti, S., Agrawal, V., & Dixit, J. (2020). Inclusivity of entrepreneurship education on entrepreneurial attitude among young community: evidence from india. Journal of Enterprising Communities People and Places in the Global Economy, 14(2), 299-319. https://doi.org/10.1108/jec-03-2020-0024

Anam, M. S., Mochlasin, M., Yulianti, W., Afisa, I., & Safitri, N. A. (2021). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Religiusitas, Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Faktor Demografi Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1369–1382. https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1369-1382

Brown, A. and Knobloch, N. (2022). Effects of a simulation on eighth grade students’ business management knowledge and entrepreneurial intent in an exploratory agriculture course. Journal of Agricultural Education, 63(2), 88-101. https://doi.org/10.5032/jae.2022.02088

Dahn, M., Peppler, K., & Ito, M. (2023). “we hear everyday, ‘this isn’t me.’” navigating tensions and opportunities to translate interests toward entrepreneurial making. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.1033742

Jannah, M. (2024). Workshop Pelatihan Business Model Canvas Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir Dan Lulusan Baru. Abdi Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i1.524

Mahayasa, I. G. A., Sumadi, N. K., Satriya, I. W. B., Devi, I. G. A. H. P., & Yuniari, N. W. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pada Universitas Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 569. https://doi.org/10.24843/eeb.2022.v11.i05.p06

Peterman, N. and Kennedy, J. (2003). Enterprise education: influencing students’ perceptions of entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice, 28(2), 129-144. https://doi.org/10.1046/j.1540-6520.2003.00035.x

RAZI, M. F. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Implementasi Kegiatan Wirausaha Di Lingkungan Mahasiswa. https://doi.org/10.31219/osf.io/q4ean

Suharti, L., & Sirine, H. (2012). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(2). https://doi.org/10.9744/jmk.13.2.124-134

Sukirman, S., & Afifi, Z. (2021). Peningkatan Produktivitas Usaha Melalui Pemahaman Kewirausahaan, Pelatihan Kewirausahaan Dan Minat Berwirausaha. Duconomics Sci-Meet (Education & Economics Science Meet), 1, 269–280. https://doi.org/10.37010/duconomics.v1.5453

Ubaidillah, E., Syamnasti, A. U., Pusparini, C. W., Ghofur, M. A., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2021). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan, Dukungan Lingkungan Keluarga, Motivasi Berprestasi Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jamp Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 272–284. https://doi.org/10.17977/um027v4i32021p272

Downloads

Submitted

2024-06-30

Accepted

2024-07-16

Published

2024-06-30

How to Cite

A’zizah, L., Ovi Itsnaini Ulynnuha, Rangga Dhia Majduddin, Candra Kusuma Wardana, & Nur Prasetyo Aji. (2024). Mengasah Kemampuan Wirausaha Pada Mahasiswa Melalui Pelatihan dan Pendampingan Di UMKM Batik Danar Hadi Solo. Abdi Psikonomi, 5(1), 35–43. Retrieved from https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/5665

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.