Inovasi Pengembangan UMKM Sate Ikan Mentigi Berbasis Ekonomi Kreatif (KKN Mas Di Desa Malaka Lombok Utara)

Authors

  • Rahmi Fadillah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i4.410

Keywords:

Inivasi, UMKM, Sate Ikan Mentigi, Ekonomi Kreatif, KKNMAs

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan efektivitas pengelolaan dan pengembangan UMKM sate ikan Mentigi berbasis ekonomi kreatif dengan memaksimalkan pemasaran melalui digital marketing termasuk social media. (2) melahirkan Inovasi baru sate ikan mentigi (3) mempermudah produksi sate ikan Mentigi frozenfood dengan melakukan penyediaan alat produksi dan  melakukan uji lab nilai gizi terhadap produk. Penulis merupakan peserta Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAs) yang bertempat di desa Malaka Kecamatan Pemenang, Lombok Utara,  Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara  dan metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Penulis mengangkat program “Inovasi Pengembangan UMKM Sate Ikan Mentigi Berbasis Ekonomi Kreatif (KKN MAs di Desa Malaka Lombok Utara)”. program tersebut diangkat karena hasil observasi menunjukan  bahwa di desa malaka terdapat ekowisata pantai, sehingga sebagian besar masyarakat Malaka berprofesi sebagai nelayan, pengelola wisata dan pedagang, namun pada tahun 2018 terjadi gempa Lombok yang mengakibatkan penurunan skala mikro di bidang ekonomi kemudian di tahun berikutnya terjadi pandemi covid-19 yang turut menggoyangkan perekonomian masyarakat, maka  perlu adanya inovasi pengembangan UMKM guna memperkuat pondasi ekonomi masyarakat.

Downloads

Submitted

2021-11-20

Accepted

2022-03-01

Published

2021-12-31

How to Cite

Fadillah, R. (2021). Inovasi Pengembangan UMKM Sate Ikan Mentigi Berbasis Ekonomi Kreatif (KKN Mas Di Desa Malaka Lombok Utara). Abdi Psikonomi, 2(4), 124–130. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i4.410

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.