Peran Kegiatan Sehari-hari dalam Mendorong Aktivitas Bicara Anak
DOI:
https://doi.org/10.23917/ecrj.v8i1.8791Keywords:
perkembangan bicara anak; stimulasi bahasa; mendukung kemampuan bahasa; anak usia diniAbstract
Perkembangan bahasa anak usia dini sangat dipengaruhi oleh stimulasi dari lingkungan, khususnya melalui kegiatan sehari-hari yang dilakukan bersama orang tua atau pengasuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kegiatan harian seperti makan bersama, bermain, dan membaca dapat meningkatkan kemampuan bicara anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap 10 anak usia 3-5 tahun di lingkungan keluarga dan lembaga PAUD, serta melalui wawancara mendalam dengan orang tua dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi verbal yang konsisten, dukungan emosional, dan lingkungan yang kaya bahasa secara signifikan mempercepat perkembangan keterampilan berbicara anak. Temuan ini memberikan rekomendasi praktis bagi orang tua dan pendidik dalam menciptakan lingkungan stimulatif untuk perkembangan bahasa anak.
Downloads
Downloads
Submitted
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shifa Jasyira Andini, Meshcah Claula Farica, Isnaini Budi Hastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.









