Peran Kegiatan Sehari-hari dalam Mendorong Aktivitas Bicara Anak

Authors

  • Shifa Jasyira Andini Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Meshcah Claula Farica Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Isnaini Budi Hastuti Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/ecrj.v8i1.8791

Keywords:

perkembangan bicara anak; stimulasi bahasa; mendukung kemampuan bahasa; anak usia dini

Abstract

Perkembangan bahasa anak usia dini sangat dipengaruhi oleh stimulasi dari lingkungan, khususnya melalui kegiatan sehari-hari yang dilakukan bersama orang tua atau pengasuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kegiatan harian seperti makan bersama, bermain, dan membaca dapat meningkatkan kemampuan bicara anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap 10 anak usia 3-5 tahun di lingkungan keluarga dan lembaga PAUD, serta melalui wawancara mendalam dengan orang tua dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi verbal yang konsisten, dukungan emosional, dan lingkungan yang kaya bahasa secara signifikan mempercepat perkembangan keterampilan berbicara anak. Temuan ini memberikan rekomendasi praktis bagi orang tua dan pendidik dalam menciptakan lingkungan stimulatif untuk perkembangan bahasa anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-02-25

Published

2025-06-24

Issue

Section

Articles