Universal Design For Learning (UDL) Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Fakhita Indira Haris Universitas Pendidikan Indonesia
    Indonesia
  • Badru Zaman Universitas Pendidikan Indonesia
    Indonesia
  • Euis Kurniati Universitas Pendidikan Indonesia
    Indonesia
  • Nurcita Apsari Universitas Pendidikan Indonesia
    Indonesia
  • Salsabila Khoerunnisa Universitas Pendidikan Indonesia
    Indonesia
  • Tiara Lisania Sidqia Universitas Pendidikan Indonesia
    Indonesia
  • Aida Fitri Shofia Universitas Pendidikan Indonesia
    Indonesia
  • Alfianti Arini G Universitas Pendidikan Indonesia
    Indonesia
  • Ainun Ibrahim Hamid Universitas Pendidikan Indonesia
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/ecrj.v8i2.11119

Keywords:

Universal design for learning, pendidikan inklusif , anak usia dini, keberagaman PAUD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Universal Design for Learning (UDL) dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan kerangka PRISMA. UDL merupakan pendekatan inklusif yang dirancang untuk mengakomodasi keberagaman peserta didik melalui desain kurikulum yang fleksibel, adaptif, dan dapat diakses oleh semua anak. Analisis dilakukan terhadap 13 sumber literatur terakreditasi yang relevan dengan topik UDL dan keberagaman pada anak usia dini. Hasil kajian menunjukkan bahwa UDL berkembang sebagai respons terhadap kebutuhan akan pendidikan yang adil dan inklusif sejak dini. Strategi implementasi UDL di PAUD mencakup desain pembelajaran fleksibel, pengenalan gaya belajar anak, serta penguatan kapasitas guru. Penerapan UDL terbukti meningkatkan aksesibilitas, partisipasi, dan motivasi belajar anak, termasuk bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Temuan ini menegaskan bahwa UDL berkontribusi pada pembelajaran yang berpihak pada anak dan menghargai keberagaman. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis untuk mendukung perancangan lingkungan belajar yang inklusif di jenjang PAUD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-06-18

Accepted

2025-12-09

Published

2025-12-19

Issue

Section

Articles