Universal Design For Learning (UDL) Dalam Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23917/ecrj.v8i2.11119Keywords:
Universal design for learning, pendidikan inklusif , anak usia dini, keberagaman PAUDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Universal Design for Learning (UDL) dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan kerangka PRISMA. UDL merupakan pendekatan inklusif yang dirancang untuk mengakomodasi keberagaman peserta didik melalui desain kurikulum yang fleksibel, adaptif, dan dapat diakses oleh semua anak. Analisis dilakukan terhadap 13 sumber literatur terakreditasi yang relevan dengan topik UDL dan keberagaman pada anak usia dini. Hasil kajian menunjukkan bahwa UDL berkembang sebagai respons terhadap kebutuhan akan pendidikan yang adil dan inklusif sejak dini. Strategi implementasi UDL di PAUD mencakup desain pembelajaran fleksibel, pengenalan gaya belajar anak, serta penguatan kapasitas guru. Penerapan UDL terbukti meningkatkan aksesibilitas, partisipasi, dan motivasi belajar anak, termasuk bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Temuan ini menegaskan bahwa UDL berkontribusi pada pembelajaran yang berpihak pada anak dan menghargai keberagaman. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis untuk mendukung perancangan lingkungan belajar yang inklusif di jenjang PAUD.
Downloads
Downloads
Submitted
Accepted
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fakhita Indira Haris, Badru Zaman, Euis Kurniati, Nurcita Apsari, Salsabila Khoerunnisa, Tiara Lisania Sidqia, Aida Fitri Shofia, Alfianti Arini G, Ainun Ibrahim Hamid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.









