Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Permainan Lego Pada Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Nurul Atikah Universitas Negeri Makassar
    Indonesia
  • Herlina Universitas Negeri Makassar
    Indonesia
  • Angri Lismayani Universitas Negeri Makassar
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/ecrj.v8i1.10803

Keywords:

Strategi guru, Kreativitas Anak, Permainan Lego, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan kemampuan produktivitas anak dengan permainan lego pada anak usia 5–6 tahun di PAUD Ceria Adhyaksa Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif melalui teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas B2 di PAUD Ceria Adhyaksa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan kreativitas anak meliputi: mendorong anak untuk mencoba hal-hal baru, menghargai ide-ide anak, memberikan pertanyaan pemantik untuk merangsang pemikiran kreatif, mengajak anak untuk bekerja sama dalam kegiatan, serta memberikan kebebasan kepada anak untuk berkreasi. Strategi-strategi ini efektif dalam menumbuhkan keberanian, imajinasi, dan kemampuan berpikir kreatif pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-06-04

Published

2025-06-24

Issue

Section

Articles