Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Proyek Tema Aku Sayang Bumi

Authors

  • Handayani Inaya Putri Universitas Terbuka
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/ecrj.v7i2.10529

Abstract

Penelitian ini penting untuk memahami implementasi kurikulum merdeka khususnya dalam praktik pembelajaran berbasis proyek dengan fokus pada tema “Aku Sayang Bumi”, penelitian ini akan mengevaluasi apakah pendekatan ini efektif dalam membangun kesadaran lingkungan dan keterampilan abad ke-21 pada anak usia dini, seperti berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Kurikulum merdeka belajar mendorong pembelajaran berbasis proyek yang relevan dengan kehidupan nyata. Tema “Aku Sayang Bumi” mengintegrasikan isu lingkungan yang sangat penting di era sekarang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan keberhasilan dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan metode yang lebih inovatif dan kontekstual bagi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran proyek dengan tema “Aku Sayang Bumi” di BA Aisyiyah Krajan, Kecamatan Gatak, masih menghadapi sejumlah tantangan, namun juga memberikan potensi positif terhadap pengembangan karakter dan kesadaran lingkungan pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-05-20

Published

2025-05-20

Issue

Section

Articles