Identifikasi Potensi Bahaya dan Masalah pada Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono MSc

Authors

  • Rizal Aprianto Program Studi Rekayasa Sistem Transportasi Jalan, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
    Indonesia
  • Eren Oktaviandini Program Studi Rekayasa Sistem Transportasi Jalan, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
    Indonesia
  • Shaveila Putri Anindira Program Studi Rekayasa Sistem Transportasi Jalan, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
    Indonesia
  • Yudha Pratama Program Studi Rekayasa Sistem Transportasi Jalan, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
    Indonesia
  • Alfino Pramuji Akbar Program Studi Rekayasa Sistem Transportasi Jalan, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/dts.v17i2.5142

Keywords:

potensi bahaya, jalan tol, Ir. Wiyoto Wiyono M.Sc

Abstract

Tingkat keselamatan di jalan tol khususnya dalam kota perlu diperhatikan digunakan masyarakat untuk kegiatan sehari-hari. Potensi bahaya dan permasalahan di Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono MSc perlu diidentifkasi untuk menemukan penanganan yang efektif. Fokus terhadap keselamatan di jalan tol menjadi penting mengingat jalan tol memungkinkan kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, kemudian kendaraan berat dan kendaraan pribadi yang menjadi satu pada ruas jalan. Alasan-alasan tersebut sudah dapan menjadi penyebab kecelakaan terjadi di jalan tol. Oleh karena itu keselamaran di jalan tol perlu memperoleh perhatian khusus oleh pengelola Jalan Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menginterpretasikan temuan yang ada secara mendalam. Observasi langsung dilakukan secara aktif dalam studi kasus yang diamati. Hal ini dilakukan untuk mempermudah mengetahui kondisi eksisting secara akurat. Penelitian ini mengidentifikasi 5 potensi bahaya dan permasalahan yang mungkin terjadi di lokasi studi di masa mendatang. Hasil yang diperoleh adalah railling terputus hampir merata di setiap tiang APJ (Alat Penerangan Jalan) jalur NSL (North South Link), bahu jalan  sempit, kerusakan jalan akibat kendaraan ODOL (Over Dimension Over Loading), kemacetan di hampir seluruh ruas pada jam puncak dan adanya kolong tol. Rekomendasi penanganan yang ditawarkan berupa penggantian median railling menjadi barrier, patroli dan derek yang cepat tanggap, operasi ODOL rutin, serta sidak rutin penertiban kolong tol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfatih, A. 2017. Buku Pedoman Mudah Melaksanakan Penelitian Deskriptif Kualitatif. Palembang.

Azizah, A.N. and Supriyatno, D. 2023. Penentuan Tingkat Keselamatan Lalu Lintas di Jalan Tol Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005, Jurnal Media Publikasi Terapan Transportasi, 1(3), pp. 316–325.

CMNP. 2015. Http://Id.Citramarga.Com/Tentang-Kami/Profil-Perusahaan/, Citra Marga Nusaphala Persada, p. 5.

Delmas, M., Camps, V. and Lemercier, C. 2022. Effects of Environmental, Vehicle and Human Factors on Comfort In Partially Automated Driving: A Scenario-Based Study, Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 86, pp. 392–401. Available at: https://doi.org/10.1016/j.trf.2022.03.012.

Gazzea, M., Miraki, A., dkk. 2023. Traffic Monitoring System Design Considering Multi‑Hazard Disaster Risks. Scientific Reports. www.nature.com/scientificreports . https://doi.org/10.1038/s41598-023-32086-6

Hidayati, N. dkk. 2021. Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Bersinyal (Studi Kasus Simpang Universitas Muhammadiyah Surakarta)’, Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil, 14(2), pp. 47–51. Available at: https://doi.org/10.23917/dts.v14i2.16970.

Karsaman, R. H. 2007. Audit Keselamatan Jalan Tol di Indonesia (Studi Kasus Jalan Tol Cikampek - Padalarang/Cipularang), Jurnal Teknik Sipil, 14(3), pp. 135–142. doi: 10.5614/jts.2007.14.3.2.

Lalenoh, R. H., et. al. 2015. Analisa Kapasitas Ruas Jalan Sam Ratulangi Dengan Metode MKJI 1997 dan PKJI 2014, Jurnal Sipil Statik Vol. 3 No 11.

Magfirona, A., Hidayati, N. and Sunarjono, S. 2020. Evaluasi Kinerja Jaringan Jalan Menggunakan Metode Comparative Route Factor, Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil, 13(1), pp. 19–25. Available at: https://doi.org/10.23917/dts.v13i1.11591.

Nawir, D., Bakri, M.D., & Syarif, I.A. 2023. Central Government Role in Road Infrastructure Development and Economic Growth in the Form of Future Study: The Case of Indonesia. City, Territory and Architecture. https://doi.org/10.1186/s40410-022-00188-9.

Neumann, T. 2024. Analysis of Advanced Driver-Assistance Systems for Safe and Comfortable Driving of Motor Vehicles’, Sensors. Available at: https://doi.org/10.3390/s24196223.

Oktopianto, Y., Rizky, M. and Tiffany, A. 2020. Analisis Stabilitas dan Tingkat Kelelehan Hotmix Recycled Asphalt, Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 7(2), pp. 46–54. Available at: https://doi.org/10.46447/ktj.v7i2.288.

Pemerintah Indonesia. 2024. PP Nomor 23 Tahun 2024. Indonesia.

Peraturan Pemerintah RI. 1992. UU No. 14 Tahun 1992, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Indonesia.

Purba, J.M. 2020. Implementasi Metode Frame By Frame Untuk Perancangan Animasi 2D Aturan Berkendara Mobil Di Jalan Tol, KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi …, 4, pp. 290–295. Available at: https://doi.org/10.30865/komik.v4i1.2708.

Subarto, Istianto, B. and Anwar, A. 2019. Manajemen Angkutan Umum Transportasi Jalan Di Indonesia. Edited by M.W. Media. Pusat Penelitian dan Pengembanagn Transportasi Jalan dan Perkeretaapian.

Yang, L. dkk. 2022. A hybrid Motion Planning Framework for Autonomous Driving in Mixed Traffic Flow, Green Energy and Intelligent Transportation, 1(3), p. 100022. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.geits.2022.100022.

Downloads

Submitted

2024-07-15

Accepted

2024-12-29

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles