Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pendidikan Lingkungan Hidup bagi Siswa Sekolah Dasar di Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.9995Keywords:
kepedulian lingkungan, pelestarian lingkungan, pembangunan berkelanjutan, pendidikan karakterAbstract
Kebersihan lingkungan sekolah dan sekitarnya merupakan faktor penting dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa SD Muhammadiyah IV Pekanbaru dalam menjaga kebersihan lingkungan melalui edukasi dan aksi nyata membersihkan sekolah serta area pemukiman warga sekitar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik edukatif dan partisipatif, di mana mahasiswa memberikan pemahaman tentang pengelolaan sampah yang benar, kemudian melibatkan siswa dalam aksi bersih-bersih bersama. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kesadaran siswa dalam membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah sesuai kategori, serta aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, keterlibatan warga sekitar juga memberikan dampak positif dalam membangun kepedulian bersama terhadap kebersihan lingkungan. Untuk menjaga keberlanjutan hasil yang telah dicapai, diperlukan upaya lanjutan seperti pembentukan Tim Kebersihan Sekolah, kompetisi kelas terbersih, serta kerja sama berkelanjutan dengan masyarakat sekitar. Dengan adanya program ini, diharapkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dapat menjadi budaya yang terus diterapkan oleh siswa dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Adhantoro, M. S., Gunawan, D., Prayitno, H. J., Riyanti, R. F., Purnomo, E., & Jufriansah, A. (2025). Strategic technological innovation through ChatMu: transforming information accessibility in Muhammadiyah. Frontiers in Artificial Intelligence, 8, 1446590.
Adhantoro, M. S., Ula, R., Harefa, M., Assifa, N., Riyanti, R. F., Purnomo, E., ... & Wahyuni, C. S. (2024). Implementasi Program Literasi Teknologi untuk Meningkatkan Kesadaran Digital Siswa di ICC Al Anshar Bahau, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 289-204.
Agsari, K. S., Rahady, M. K., & Wahyudi, W. (2019). Development of Eco-Culture To Improve Enviromental Literacy in Elementary School. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(2), 217. https://doi.org/10.20961/shes.v1i2.26858
Alfiyani, L., Setiyadi, N. A., Yakob, A., Mulyono, D., Rohmat, R., Rizqi, M. F., ... & Sumaji, M. A. (2024). CFA dan Gap Analisis: Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 29-44.
Arifin, A. N., Rosidah, N. A., Fauzan, R. T., Pinasti, R., Barokah, R. A., Rahmah, S. I., Suciati, A., Lailatussaidah, L., & Rufaidah, R. (2022). Pelestarian Lingkungan Sekolah SDN Margahayu XIX Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).
Astikasari, M., Fajrina, M. D., Fani, R. A., Utami, R. D., & Fitria, M. (2022). Penguatan Sikap Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Prefentif bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKNPendidikan, 4(2), 175–183. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.20449
Fauzi, I. M., Negara, S. P. P. S., Iswari, D. A., Putri, S. O., Aji, K. M. B., Susila, I., ... & Febrianti, N. (2023). Pengaruh Faktor-Faktor Psikologi terhadap Perilaku Konsumen Ikan Segar di Universitas Muhammadiyah Madiun. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 225-236.
Hanifah, D., Prayitno, H. J., Adhantoro, M. S., Purnomo, E., Pradana, F. G., & Kurniaji, G. T. (2024, July). Utilization of" Wordwall" Media in Increasing Digital Literacy in Third-grade Students at Pajang III State Elementary School. In International Conference on Education for All (Vol. 2, No. 1, pp. 165-179).
Lestari, A., Budiaman, B., & Sujarwo, S. (2022). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program PHBS di SMPN 242 Jakarta. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 133–142. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19528
Maulana, R. M., & Hidayah, K. (2020). Program Adiwiyata Membentuk Perilaku Cinta Lingkungan Warga SMPN 2 Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i1.11609
Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Silviana, Y., Udin, R., Atitah, S., Astuti, W., Indriyani, N., Safitri, I., Ayu, F. D., Aji, S., Nirmala, E., & Arfiah, S. (2020). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Cinta Lingkungan di MIM Kranggan, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 95–99. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11846
Nugroho, A., Fatonah, A., Wijaya, D. P. E., Putri, R. P., Fikri, M. N., Setiawan, O., Kurniawan, L. Y., Astuti, J. S., Primandika, F. T., & Budiarti, S. A. C. (2020). Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 69–74. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11196
Pramesiana, Y. E., Fitriani, A., & Nugroho, A. (2020). Pentingnya Menumbuhkan Kedisiplinan dalam Mencintai Lingkungan bagi Peserta Didik di SMP Negeri 2 Gatak Menuju Sekolah Adiwiyata. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(1), 74–79. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i1.11615
Pratiwi, D. T., Sapitri, I. N., Wibowo, S., & Prastiwi, Y. (2020). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMP N 2 Gatak Menuju Sekolah Adiwiyata. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(2), 40–46. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i2.10876
Rahma, A. A., Saullila, A., Fadhilah, N., Prasanti, A., Azizah, M., Syahidah, H., Emorad, A. I., Lestari, C. A., & Qonita, D. N. (2022). Pelestarian Lingkungan Sekolah SDN Margahayu VI Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 129–137. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., Aprilianti, D. R., Rianti, A. W., Santiana, D., Rahmawati, H., Adlina, L. M., Rosyidi, B., & Hidayat, M. T. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10770
Ratri, D. P., Prayitno, H. J., Adhantoro, M. S., & Putra, C. A. (2024). TikTok Dance Challenge: Content Creativity and Character Value for Elementary School Students. Buletin KKN Pendidikan, 20-32.
Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., Setiyowati, D., Cahyani, D. H. T., Handayani, R., & Suistri, S. (2020). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 35–41. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10763
Sari, A. M., Hernanjaya, A. N., Adhantoro, M. S., & Kurniaji, G. T. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital melalui Program Ekstrakulikuler Drama berbasis Video di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 14-23.
Sitorus, L., & Lasso, A. H. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Pembiasaan dan Pembudayaan di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2206–2216.
Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., Tyas, R. A., Fauziah, I. K., Muhammad, F., & Khusain, R. (2020). Pembiasaan Pengelolaan Sampah sebagai Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa MI Muhammadiyah Cekel, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10768






