Bintang Untuk Setiap Rupiah: Budaya Menabung Seru di TK Aisyiyah 02 Pati

Authors

  • Nahda Wahyuningrum Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nawang Oktaviani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nuqthy Faiziyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ida Betanursanti Fakultas Sains dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Gombong
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.9921

Keywords:

edukasi finansial, literasi keuangan, penguatan karakter, simulasi menabung

Abstract

Literasi keuangan merupakan keterampilan penting yang perlu diperkenalkan sejak dini guna membentuk kebiasaan pengelolaan keuangan yang baik di masa depan. Berdasarkan observasi di TK Aisyiyah 02 Pati, ditemukan bahwa anak-anak belum memiliki pemahaman serta kebiasaan menabung yang terstruktur. Oleh karena itu, Program Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-DIK) ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan menabung melalui metode edukasi yang interaktif dan menyenangkan. Mitra dalam kegiatan ini adalah TK Aisyiyah 02 Pati yang menjadi tempat pelaksanaan program. Metode yang digunakan mencakup penayangan video edukasi, pembuatan celengan kreatif, simulasi menabung, dan pemberian bintang sebagai apresiasi atas kebiasaan menabung anak-anak. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program ini efektif meningkatkan pemahaman dan antusiasme anak-anak dalam menabung, dengan partisipasi mencapai 100% dari peserta. Program ini juga mendapatkan respon positif dari pihak sekolah dan guru karena dapat membentuk kebiasaan finansial positif sejak dini. Dengan demikian, edukasi keuangan melalui pendekatan interaktif diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membangun kesadaran menabung serta mendukung literasi keuangan anak-anak secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhantoro, M. S., Ula, R., Harefa, M., Assifa, N., Riyanti, R. F., Purnomo, E., ... & Wahyuni, C. S. (2024). Implementasi Program Literasi Teknologi untuk Meningkatkan Kesadaran Digital Siswa di ICC Al Anshar Bahau, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 289-204.

Andayanie, L. M., Adhantoro, M. S., Purnomo, E., & Kurniaji, G. T. (2025). Implementation of Deep Learning in Education: Towards Mindful, Meaningful, and Joyful Learning Experiences. Journal of Deep Learning, 47-56.

Anisah. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Simulasi Sosial Terhadap Kecerdasan Sosial dan Berbicara Anak Usia Dini di RA Anisah. Jurnal Ansiru PAI, 4(1).

Andyani, R. A., Shobri, M. Q., Baihaqi, M. A., Al-Kubro, P. B., & Adhantoro, M. S. (2024). Aplikasi Metode Ward dengan Berbagai Pengukuran Jarak (Studi Kasus: Klasifikasi Tingkat Perekonomian di Indonesia). Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 177-190.

Fitri, H., Elmanizar, & Genisa, M. (2022). Membangun Pola Hidup Menabung pada Anak-Anak Usia Dini. Jurnal Info Abdi Cendekia, 5(5).

Halim, N., Dwigustini, R., & Alakhali, S. R. A. (2024). Enhancing ESP Learning: Investigating Students' Perspectives on Real-Time Written Corrective Feedback Delivery via Google Docs. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 196-213.

Hapsari, W., & Iftayani, I. (2016). Model pendidikan karakter pada anak usia dini melalui program islamic habituation. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2).

Hartati, S., & Siregar, S. A. (2024). Pemanfaatan Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia. Journal of Chemistry Education and Integration, 3(2), 111–119. https://doi.org/10.24014/jcei.v3i2.32351

Hasibuan, S. M. (2022). Strategi Pemberian Reward dan Punishment pada Pembelajaran Tematik SDII Luqman Al Hakim 01 Lingga Kelas III. Ta’diban: Journal of Islamic Education.

Himawan, R., Hermanto, H., Nurgiyantoro, B., Suyono, S., Widyartono, D., Purwanti, A., ... & Pogadaev, V. A. (2024). ITEMAN-based evaluation of end-of-semester assessment items: A case study of language test in Indonesian school context. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 387-402.

Ilmu, J., Nonformal, P., Mogelea, B., Setyaningsih, D., Sucihati, M., Radiah, P., & Budiarti, W. E. (2023). Edukasi Menabung dalam meningkatkan Literasi Finansial Anak Usia Dini di TK Tunas Muda IKKT Jati Makmur. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(2). https://doi.org/10.37905/aksara.9.2.1029-1038.2023

Kurnia, R., Nurtiara, M. S., Saputra, A. B., Amirullah, G., & Masykuroh, K. (2025). Menumbuhkan Budaya Menabung Sejak Dini: Program “Giat Menabung, Celengan Ceria” di TK Pertiwi 1 Koripan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademik, 3(1), 50–55. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/jpma.v3i1.1139

Lahallo, F. F., Rupilele, F. G. J., Muskita, S. M. W., Ferdinandus, A. Y., Pakpahan, R. R., & Madina, L. O. (2022). Pentingnya Pengenalan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Rumah Baca Kanaan Kota Sorong (Vol. 5, Issue 2).

Natalia, D. L., Kurniyawan, D., Chairani, D., Panjaitan, L. E., TW, M. W., Asteria, D., & Khodjaeva, N. (2024). Navigating educational crossroads: Unveiling the cultural journey of Indonesian graduate students in European scholarship programs. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 105-122.

Prastyadewi, M. I., Dewi, K. G. S., Wulandari, M. D., & Pramandari, P. Y. (2022). Edukasi Menabung Sejak Dini dan Pelatihan Kreativitas Membuat Celengan di TK Kumara Jaya Desa Belumbung. Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasarawati Denpasar, 1(2), 9–15.

Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi Covid 19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. Warta Lpm, 24(2), 309-318.

Slamet, S. (2020). Stimulasi perkembangan anak usia dini melalui kegiatan mewarnai dan hafalan Al Quran. Warta Lpm, 24(1), 59-68.

Wahyuti, S., Nasrun, A., Lulu Zannati, S., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2023). Edukasi Pentingnya Budaya Menabung Sejak Dini Untuk Bekal Masa Depan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Dan Bisnis Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, 1(1), 16–19. https://jurnal.fekon-uwgm.ac.id/index.php/dharmagama

Wardhani, J. D., Hikmat, M. H., Sutama, S., Sidiq, Y., Nurjanah, S., Febrianti, N., ... & Alim, C. N. (2022). Penguatan Keterampilan Menstimulasi Perkembangan Literasi, Numerasi, dan Life Skill bagi Cikgu di Sanggar Belajar Subang Mewah Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 184-193.

Wea, K., Barbarigo, S., Am’una, N., Mema, R. B., Tokan, M., Wada Betu, K., & Baso, S. P. (2024). Sosialisasi Pentingnya Menabung Pada Anak Usia Dini Di Sekolah Dasar Negeri Takolah Indah Desa Tanah Merah. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1863–1867. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8798

Widodo, M. M., & Rahaena, L. (2018). Literasi di Lingkungan Rumah pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Indigenous, 3(1), 1.

Yuliana, Mawardi, Usman, B., Ananda, D., & Astini, D. (2022). Sosialisasi Pentingnya Menabung Pada Anak-Anak Usia Dini Pada TK Sabilil Jannah Di Kota Banda Aceh. BAKTIMAS Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4).

Zakaria, G. A. N., Yusmaliana, D., Abdullah, Z. H., Abubakari, M. S., Narongrakshakhet, I., & Amonov, B. (2025). Gender-Neutral Pathways to Positive Behavior: Investigating the Role of Self-Actualisation and Academic Achievement in Secondary Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1-17.

Downloads

Submitted

2025-04-12

Accepted

2025-06-24

Published

2025-06-29

Issue

Section

Articles