Penguatan Literasi Membaca bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah melalui Program GEMA MI
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.9907Keywords:
GEMA MI, literasi membaca, minat baca, teknologi dalam literasiAbstract
Literasi membaca merupakan salah satu keterampilan mendasar yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Rendahnya minat baca di kalangan peserta didik, terutama di sekolah dasar, dapat berdampak pada kemampuan kognitif dan intelektual mereka. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan Program GEMA MI (Gerakan Membaca Madrasah Ibtidaiyah) di MI Muhammadiyah Pilang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan keterampilan literasi peserta didik melalui berbagai metode, seperti membaca e-book bersama, menonton video animasi edukasi, serta berdiskusi dan refleksi setelah membaca. Dengan pendekatan yang lebih interaktif dan berbasis teknologi, program ini berhasil meningkatkan antusiasme serta kemampuan memahami dan menganalisis bacaan. Hasil pelaksanaan program menunjukkan adanya peningkatan minat baca dan kemampuan literasi siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam membaca. Meskipun menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan fasilitas, program ini tetap memberikan dampak positif dalam membangun budaya literasi sejak dini. Keberhasilan Program GEMA MI menunjukkan bahwa inovasi dalam metode pembelajaran dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan literasi peserta didik.
Downloads
References
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama
Adhantoro, M. S., Anif, S., Sutopo, A., Umardhani, N. S. Z., Ulya, W., & Sopianti, H. (2025). Pelatihan Desain Digital Berbasis Canva bagi Anak Migran Indonesia di SB Kulim, Penang: Upaya Peningkatan Literasi Teknologi dan Rasa Percaya Diri. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 95-110.
Adhantoro, M. S., Gunawan, D., Prayitno, H. J., Riyanti, R. F., Purnomo, E., & Jufriansah, A. (2025). Strategic technological innovation through ChatMu: transforming information accessibility in Muhammadiyah. Frontiers in Artificial Intelligence, 8, 1446590.
Andreani, A. (2019). Pengaruh Koleksi Buku Perpustakaan dan Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Se-Dabin III Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420
Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(1).
Budiman, H., & Suryani, N. (2023). Implementasi Aplikasi E-Book Interaktif dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 7-12 tahun. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(2), 112-127.
Dafit, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60–69. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp /article/view/9280
Hartatik, SF, & Anwar, K. (2024). Efektivitas Penggunaan Platform Digital dalam Menumbuhkan Budaya Literasi pada Anak di Era Digital. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 10(1), 76-89.
Hayati, R. S., Jariah, A., Imam, Y. K., Yoluut, M. A., & Kusmawan, I. (2023). Pendidikan Lingkungan bagi Siswa Sanggar Belajar Sungai Penchala Malaysia melalui Virtual Marine Edutourism. Buletin KKN Pendidikan, 5(1).
Ifrida, F., Huda, M., Prayitno, H. J., Purnomo, E., & Sujalwo, S. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94
Irianto, P. O & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).
Kurniawan, A., & Setiawan, B. (2024). Transformasi Media Digital dalam Mendukung Program Gerakan Literasi Sekolah di Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 41(1), 23-38.
Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664
Mas, S. R., Daud, N. K. P., & Djafri, N. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 45-51.
Nasrullah, R, dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., Sufanti, M., & Rohmadi, R. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis di SMK Sukawati Gemolong Kala Pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168.
Pamungkas, A. F., Prayitno, H. J., Purnomo, E., Rahmah, M. A., & Hastuti, W. (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi pada Kurikulum Merdeka melalui Program Kampus Mengajar bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(2), 199–208. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i2.143
Pratiwi, E., & Fathoni, M. (2024). Strategi Pengembangan Konten Edukatif Digital untuk Meningkatkan Literasi Membaca pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 14(1), 56-71.
Putri, B. L., Safitri, W. D., Augtiah, I., & Putra, R. I. (2022). Peningkatan Literasi Menulis Siswa SMA Prawira Marta melalui Pendampingan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2(2), 80–92. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.44
Rahmawati, L. E., Prayitno, H. J., Wahyudi, A. B., Pratiwi, D. R., Nugraha, D., Beauty, M., Purnomo, E., Madani, T. S., Rahmatika, L., & Anggraini, D. (2022). Pendampingan Penguatan Literasi Digital di SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan dan SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan. Warta LPM, 487–503.
Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2017). Scientific Literacy of Students Learned Through Guided Inquiry. International Journal of Research & Review, 234(5), 23-30.
Sulistyanto, H., Djumadi, D., Sumardjoko, B., Haq, M. I., Zakaria, G. A. N., Narimo, S., ... & Ishartono, N. (2023). Impact of adaptive educational game applications on improving student learning: Efforts to introduce Nusantara culture in Indonesia. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 249-261.
Supriyono, H., Adhantoro, M. S., & Rahmadzani, R. F. (2018). Developing Mobile Interactive Learning Media with Educational Game for Supporting Javanese Letters Learning. Advanced Science Letters, 24(12), 9173-9177.
Susanti, A. A., Antika, A. A., Pratama, R., Pradana, F. G., Handayani, S., & Sutaryono, S. (2022). Implementasi dan Pengembangan Program Unggulan Kampung Iklim (Proklim) di Desa Kertonatan. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 58-68.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB III Pasal 4 Nomor 5.
Wahyudi, A. B., Sufanti, M., Prabawa, A. H., Rahmawati, L. E., Pratiwi, D. R., Purnomo, E., Noviana, S. T., & Febriyanti, R. (2023). Penguatan Literasi Digital melalui Pelatihan Microsoft PowerPoint di SMK Muhammadiyah. Warta LPM, 26(3), 363–374.
Wardhani, J. D., Hikmat, M. H., Sutama, Sidiq, Y., Nurjanah, S., Febrianti, N., Jakia, N., Masir, R. A., Harmanto, B., & Alim, C. N. (2022). Penguatan Keterampilan Menstimulasi Perkembangan Literasi, Numerasi, dan Life Skill bagi Cikgu di Sanggar Belajar Subang Mewah. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 184–193. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.21284
Wardhani, J. D., Katoningsih, S., Asmawulan, T., Nasywa, N. M., & Mahaeswari, A. C. (2023). Penguatan Keterampilan dengan Stimulasi Literasi Berbasis TIK bagi Guru Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Kartasura. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 12–20. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22722
Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134






