Peningkatan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode ‘Iqro’ untuk TPQ Al-Husna Pilang

Authors

  • Nurul Alifya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dian Wahyu Pratama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yunus Sulistyono Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhammad Amir Anshori Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.9903

Keywords:

baca tulis Al-Qur’an, inovasi pembelajaran Al-Qur’an, literasi keagamaan, metode iqro’

Abstract

Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an merupakan aspek fundamental dalam endidikan Islam yang bertujuan membentuk generasi Muslim yang memiliki pemahaman dan keterampilan keagamaan yang baik. Namun, berbagai endid seperti latar belakang endidikan, lingkungan, serta metode pembelajaran yang digunakan memengaruhi kemampuan individu dalam menguasai baca tulis Al-Qur’an. Metode Iqro’ telah banyak diterapkan sebagai pendekatan sistematis dan efektif dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an, terutama bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode Iqro’ dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al-Qur’an di TPQ Al-Husna Pilang. Selain itu, penelitian ini mengeksplorasi tantangan dalam penerapannya serta solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil kajian diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai optimalisasi metode Iqro’ dalam endidikan Al-Qur’an serta relevansinya dalam menghadapi tantangan zaman modern, termasuk pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, I. (2022a). Metode Pembelajaran Al-Qur’an (Kumpulan Metode-Metode Belajar Huruf Al-Qur’an). https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57385/1/Buku Metode al-Qur%27an - ISBN.pdf

Abror, I. (2022b). Metode Pembelajaran Al-Qur’an (Kumpulan Metode-Metode Belajar Huruf Al-Qur’an).

Amin, Nuha Betin. (2022). Pembelajaran Asmaul Husna Melalui Metode Hanifida Gerak Tangan Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Di Ra An Najah Gandrungmangu.

Kartika, D. (2020). Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPA Baitul Musyahadah Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Fatmawati, R., Slamet, S., Hastuti, I. B., Suherman, S., Rahmaniati, R., & Khusnani, A. (2023). Pengenalan Hafalan Al-Qur’an dengan Metode Zahrawain untuk Meningkatkan Ketangguhan Literasi Anak. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 137–146. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i2.23167

Fransiska, M. (2019). Program Dan Pelaksanaan Pendidikan Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpq) Saung Tahfidz Asy-Syafi’i Kota Bengkulu. (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Hasibuan, Safitri Nur. (2023). Proses Pembelajaran Baca Tulis Alquran Bagi Mahasantriyah Di Ma’had Al-Jami’ah Uin Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).

Husna, R., Zalnur, M., & Tarbiyah, F. (2022). Pendidikan Diniyah: Dinamika TPQ-TQA dan MDT (Awu) dan Sejenisnya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Kawakib, 3(1), 23-31. https://doi.org/10.24036/kwkib.vxix

Jayanti, I. T., Cahyo, A. N., Setyaningsih, E., Purnomo, E., Winarti, A., & Mawardi, M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Religius di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Nurul Yaqin Desa Jagoan. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 69–79. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19184

Khoiriyah Shaqdiatul. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Dengan Penerapan Metode Albarqy Mahasantriah Ma’had Al-Jamiah Iain Padangsidimpuan. (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Muchammad, Tachrir Syauqi AG, M. M. M. P. (2024). Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Santri Kelas Jilid 1 di Tarbiyatul Qur’an Darul Hijroh Surabaya. Tarunaedu: Journal of Education and Learning, 2(1), 42-63.

Octasari Nadia. (2023). Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Tpa Al-Azhari di Notoharjo Lampung Tengah. (Doctoral Dissertation, IAIN Metro).

Pakpahan Umron. (2021). Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Quran Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas Sugijulu Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan. (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Purba, P. (2021). Institut Agama Islam Negeri. Excutive Summary, 23, 57168.

Rosnandi, A., Rahmani, M. F., Atika, N., & Sadat, A. (2024). Integrasi Ayat Kauniyah dan Kauliyah dalam Keilmuan Islam: Pendekatan Holistik dan Komprehensif. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 357–364. https://doi.org/10.23917/jkk.v3i4.350

Sania, Nurazisah. (2022). Upaya Peningkatan Kualitas Santri dalam Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mutathohhirin Kecamatan Bara Kota Palopo. (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Wawan, Setiawan. (2023). Upaya Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qurananak Usia Dini Di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Huda Kelurahan Beji Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. (Doctoral dissertation, UNDARIS).

Sunanto, B. (2023). Implementasi Kolaborasi Metode Iqro’ Dan Al-Qosimi Dalam Belajar Al-Qur’an Di Tpa Hamas Dukuh Drajad, Krakitan, Bayat, Klaten 2023. (Doctoral dissertation, UIN Surakarta) 1–23.

Downloads

Submitted

2025-04-11

Accepted

2025-06-24

Published

2025-06-29

Issue

Section

Articles