Penguatan Literasi Keuangan Siswa Melalui Edukasi Gemar Menabung bagi Siswa Sekolah Menengah di Randublatung
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v7i1.9836Keywords:
literasi keuangan, menabung sejak dini, pengelolaan keuangan, perencanaan keuanganAbstract
Program peningkatan kesadaran menabung pada peserta didik adalah upaya penting untuk membekali generasi muda dengan pemahaman dan keterampilan pengelolaan keuangan sejak dini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran menabung pada peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Randublatung melalui sosialisasi gemar menabung. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan dan diskusi interaktif. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi peserta didik dalam menabung Peserta didik juga menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep literasi keuangan, Seperti perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, serta pentingnya merencanakan keuangan dengan bijak. Selain itu, peserta didik menjadi lebih sadar akan resiko jika tidak menabung dan termotivasi untuk menyisihkan uang saku mereka secara rutin. Program ini juga memberikan pemahaman tentang pentingnya menabung sebagai bagian dari kemandirian finansial. Dengan demikian, sosialisasi gemar menabung memberikan kontribusi positif dalam mengubah perilaku keuangan peserta didik, menumbuhkan kebiasaan menabung sejak usia dini, serta meningkatkan kesadaran akan manfaat financial dimasa depan.
Downloads
References
Adawiyah, R., Mustika, A., Utama, A. M., & Pradesyah, R. (2024). Edukasi Pentingnya Budaya Menabung Sejak Dini Untuk Bekal Masa Depan yang Islami. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 251-257.
Adhantoro, M. S., Sudarmillah, E., Gunawan, D., Nurgiyatna, Riyanti, R. F., Purnomo, E., & Asmaroini, A. P. (2025, March). Preparing students and teachers for a digital future: A review of the integration of computational thinking in STEM education. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3142, No. 1, p. 020113). AIP Publishing LLC.
Adhantoro, M. S., Ula, R., Harefa, M., Assifa, N., Riyanti, R. F., Purnomo, E., ... & Wahyuni, C. S. (2024). Implementasi Program Literasi Teknologi untuk Meningkatkan Kesadaran Digital Siswa di ICC Al Anshar Bahau, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 289-204.
Dumilah, R., Lestiyadi, A. P., & Nurcahayati, S. (2023). Sosialisasi Pentingnya Menabung bagi Anak dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 3(2), 148–149.
Fatihatussa’adah, I., Yamtinah, S., Ariani, S. R. D., Wiyarsi, A., Widarti, H. R., Shidiq, A. S., & Abrori, F. M. (2024). Fostering collaboration and enhancing student learning achievement through the integration of ethnoscience in the Common Knowledge Construction Model with podcast media. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 295-314.
Fatikasari, N. (2022). Sosialisasi Menabung Sejak Dini dalam Upaya Meningkatkan Minat Menabung Siswa Kelas 6 SD Negeri Senden 2. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 3883-3890.
Fitranita, V., Wijayanti, I. O., & A’yun, Q. (2024). Sosialisasi Menabung Sejak Dini Pada AnakAnak Desa Tebing Penyamun Kepahiang. Kreativasi: Journal of Community Empowerment, 2(4), 470–478.
Gani, A. R. A., Soviah, O. F., & Rahmawati, R. (2019, December). Penyuluhan Membangun Kesadaran Menabung Sejak Dini pada Siswa SDN 2 Lengkong Wetan Kelurahan Lengkong Wetan Tangerang Selatan Banten. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Hidayat, F., Amalia Vol, L., Hidayat, F., Amalia Program Studi Akuntansi, L., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2023). Penyuluhan Kebiasaan Menabung Sejak Usia Dini di SDN 1 Jatimulya. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 7024–7029.
Hukubun, R. D., Rante, G. A., Titirloloby, J., Sitaniapessy, G., Huwae, L. M. C., Ruban, A., & Manuputty, G. D. (2023). Sosialisasi Gemar Menabung Sejak Dini pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Ambon. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(3), 103-111.
Krisdayanthi, A. 2019. Penerapan Financial Parenting (Gemar Menabung) pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-7.
Lubis, H. Z., Syahputri, D., Adelia, N. D., & Maherza, W. (2019, October). Tingkatkan Kesadaran Siswa melalui Budaya Menabung Sejak Dini di Desa Sidourip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194-199).
M. Nuh, R. Sangaji, M. Muzzaki, E. Agustin, and A. N. Larasati, (2021). Sosialisasi Pentingnya Manfaat Menabung Sejak Dini. Dedikasi, 1(1), 119-125.1.
Margaretha, E., & Nisa, K. (2021). Motivasi Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini di Desa Sei Kepayang Tengah. Comunitaria: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26–32.
Novianto, A., & Arifiyanto, A. (2021). Pengaruh Sosialisasi Menabung Sejak Dini terhadap Sikap dan Perilaku Menabung Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 47-57.
Nugroho, F. A., Iqbal, M., Ramadhan, F., Swastika, A., & Hidayat, O. T. (2023). Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 65–73.
Pangestu, R. A. (2021). Peningkatan Kesadaran Menabung Sejak Dini Melalui Sosialisasi Pentingnya Menabung Di SDN Cibingbin 01: Foster an Awareness of Saving Early on Through The Socialization of The Importance of Saving at SDN Cibingbin 01. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 116-124.
Prayitno, H. J., Fitriany, D. N., Purnomo, E., Andyani, R. A., Adhantoro, M. S., Kurniaji, G. T., & Jufriansah, A. (2024, July). The Use of Audiovisual Learning Media to Enhance Digital Literacy Competence in Indonesian Language Learning Among Fifth-Grade Students at SDN 02 Baleharjo. In International Conference on Education for All (Vol. 2, No. 1, pp. 71-87).
Ratih, K., Prayitno, H. J., Sutopo, A., Tamatea, L., & Syahriandi, M. (2019, August). Preparing for quality EFL teachers: the Disjuncture between policies and practice in the internet communication technology (ICT) use in classroom context. In PROFUNEDU 2019: Proceedings of the 4th Progressive and Fun Education International Conference, Profunedu 2019, 6-8 August 2019, Makassar, Indonesia (p. 93). European Alliance for Innovation.
Salim, A., Andiyana, A., Himmawan, D., & Rusydi, I. (2022). Sosialisasi Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini Bagi Anak-Anak di Desa Kedokangabus Indramayu. Community: Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 24-31.
Samin, M., Nst, N. H., Mulyana, F., Siregar, A. W., Parinduri, I. R., & Rambe, J. H. (2023). Meningkatkan Kesadaran Siswa Dalam Menabung Sejak Dini di SD Negeri 0206 Desa Binanga Melalui Program KKN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Indonesian Journal of Economy and Education Economy, 1(2), 143-148.
Setiawati, N. W. A. (2025). Edukasi Menabung Sejak Dini Bagi Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Wani Dua Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala. Sambulu Gana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 13-19.
Sunarto, A., Krisyanto, E., & Ellesia, N. (2023). Penyuluhan Budaya Menabung untuk Anak Serta Mengelola Keuangan Sendiri Secara Mandiri Dengan Hemat, Cermat dan Tepat pada Peserta Didik Yayasan Lembaga Amil Zakat Nasional Mizan Amanah. Indonesian Collaboration Journal of Community Services (ICJCS), 3(1), 29-41.
Syarifah, N., & Hidayati, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Menabung terhadap Kemandirian Finansial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 50–57.
Winarti, A., Iriani, R., Butakor, P. K., Meiliawati, R., & Syarpin, S. (2024). Transcript-Based Lesson Analysis: The Analysis of Classroom Communication in Chemistry Implementing Case-Based and Project-Based Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1-13.
Yuliana, Y., Irama, O. N., & Hutasuhut, J. (2020, October). Edukasi Peningkatan Kesadaran Berperilaku Hidup Hemat Bagi Siswa-Siswi Kelas 7 Smp N 1 Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 3(1), 427-431).
Zakaria, G. A. N., Mahalle, S., Abdullah, N. Z. M., Ghozali, M. A., & Nuramalia, M. (2022). Burnout and Job Satisfaction Among Islamic Religious Knowledge Teachers in Brunei Darussalam. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 92-106.






